Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Taqqiya Bohong Islami

Taqqiya Bohong Islami

Ratings: (0)|Views: 854 |Likes:
Published by swaranonmuslim

More info:

Categories:Types, Research, History
Published by: swaranonmuslim on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2013

pdf

text

original

 
Taqqiya,BerbohongAla Islam
Oleh:
Zakaria Boutros
Q & A - Episode 74
Antoine
: Selamat datang, para pemirsa terhormat, ke episode baruprogram
‘Pertanyaan Mengenai Iman’ 
. Selamat datang juga kepadatamu terhormat kita, Bapak Pendeta Zakaria Boutros.
Pdt. Zakaria
: Terima kasih
Antoine
: Saya ingin memberitahu Anda sesuatu. Baru-baru ini,sebuah surat kabar Mesir menuduh Anda telah muncul di saluranIsrael, AMOS. Apa pendapat Anda mengenai hal ini?
Pdt. Zakaria
: Sebuah saluran bernama AMOS? Baik. Mereka benar-benar melihat saya di situ?
Antoine
: Itu yang mereka katakan.
Pdt. Zakaria
: Biarkan mereka mendapatkan gambar saya ada disaluran tersebut dan beritahu saya kapan siarannya terjadi. Apa yangsaya katakan? Harus ada bukti nyata untuk membuktikannya.Tuduhan tanpa bukti hanyalah pencemaran; tidak lebih dan tidakkurang. Semoga Allah memberkati mereka, menolong mereka, danmenguatkan mereka.
Antoine
: Mungkin mereka keliru dengan Saluran Hayat.
 
Pdt. Zakaria
: Saluran Hayat adalah satu-satunya saluran yangmenyiarkan program kita.
Antoine
: Terima kasih. Terakhir kali, Anda membicarakan isu seksualyang disebutkan di Hadis. Apakah Anda dapat membuka sebuah arsipbaru hari ini?
Pdt. Zakaria
: Tentu saja. Tradisi Rasul penuh dengan arsip-arsip.Sebenarnya, kita terbiasa menghakimi bentuk dosa daripandangan manusia. Kita mengelompokan dosa: dosa kotor,seperti dosa seksual; dosa karakter, seperti kesombongan;dosa pintar, seperti berbohong dan menipu. Akan tetapi, kitaperlu melihat dosa dari pandangan Allah. Dosa adalah dosa!
Antoine
: “Bayaran dosa adalah…
Pdt. Zakaria
: …adalah kematian (Maut).” Siapapun yang terjatuh di salah satu area, bersalah atas semuanya.Kita harus terbiasa melihat dosa dari pandangan Allah. Di Hadis Rasulada pengelompokan dosa diantara dosa pintar. Disebut taqiyya, ataukepura-puraan. Ada banyak Hadis Rasul mengenai kepura-puraan(berbohong).
Antoine
: Apa arti kata
‘taqiyya’ 
?
Pdt. Zakaria
: Taqiyya awalnya disebutkan di Al Qur’an di Surat ke 3(Ali ‘Imran), ayat 28, yang mengatakan: “Janganlah orang-orangmukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali denganmeninggalkan orang-orang mukmin. Barangsiapa berbuatdemikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecualikarena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakutidari mereka.”  ‘kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yangditakuti dari mereka’ …artinya Anda seharusnya tidak berserahkepada siapapun kecuali Anda melakukannya dengan pura-pura.Ibn Kathir memberikan komentar akan hal ini, denganmengatakan: “Taqiyya adalah ketika Anda merasa takut, dibeberapa hal atau waktu terhadap penguasa jahat, makaAnda diperkenankan untuk menunjukkan persahabatan Andadi permukaan. Tetapi jangan pernah di dalam hati.” Bukhari berkata, dengan wewenang dari Abi Darda’, bahwa iaberkata, “Kita dapat tersenyum di depan muka orang yangkita kutuk dalam hati.” Ketika memberikan komentar mengenai taqiyya, Tabari
 
berkata: “Jika seseorang dipaksa untuk menyatakan suatuketidaktaatan (menyangkal) kepada Allah, maka biarlah iamenyangkalnya dari ketakutannya.” Jadi jika Anda takut, Anda dapat berbicara denganmenyangkali Allah – itulah taqiyya.
Antoine
: Apakah ini taqiyya? Ini serupa dengan sebuah kata yangberarti takut akan Allah, jadi mengapa kata itu dapat berartitakut akan manusia?
Pdt. Zakaria
: Saya rasa, secara umum artinya takut, tetapi ada takutakan Allah dan takut akan manusia. Dalam hal ini, pengertiannyaadalah berbohong karena takut akan manusia diperbolehkan. Danbentuk berbohong lainnya juga diperbolehkan di Hadis Rasul Islam.Di Sahih El Bukhari, Hadis 2495, dikatakan: “Menuturkan UmKulthum bint Uqba, bahwa ia mendengar rasul Allah berkata, ‘Ia yang membawa perdamaian diantara orang-orang denganmengarang-ngarang informasi atau mengatakan hal-hal yangbaik, bukan seorang pembohong.’” Jika ia mendamaikan orang-orang dan berbohong untukmendamaikan mereka, maka ia tidak dianggap sebagaiseorang pembohong.
Antoine
: Ia melakukan hal yang baik jika ia dapat membuat merekamencium satu sama lain dan berdamai. Bagaimana jika mereka tidakmenyukainya?
Pdt. Zakaria
: Ini sebuah contoh. Jika seseorang mengutuk oranglainnya, ia memberitahu kepadanya bahwa ia memujinya dan iasenang kepadanya, sehingga mereka berdamai.
Antoine
: Apakah ada bentuk berbohong yang lain?
Pdt. Zakaria
: Ya, ada bermacam-macam. Di buku ‘Sharh El Bari alaSahih El Bukhari’, Hadis 2495, yang kita sebutkan, dikatakan: “Menuturkan Ya’koub Ibn Saad, dengan wewenang dari ayahnya,berkata, ‘Aku belum pernah mendengar sang Rasul mengecualikanorang dari berkata jujur, kecuali dalam tiga kasus; ketika dipertempuran, ketika seseorang berbicara kepada istrinya, dan ketikamendamaikan orang.’” Sang Rasul memperbolehkan berbohong dalam ketiga kasusini. Contohnya, jika seorang perempuan bertanya kepadasuaminya kemana ia telah pergi, ia tidak perlu mengatakanhal yang sebenarnya kepada istrinya. Ia dapat berkata ia

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->