Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ISI Komunikasi Informasi

ISI Komunikasi Informasi

Ratings: (0)|Views: 21 |Likes:
Published by Gustama Wayan
jawaban tugas inkom
jawaban tugas inkom

More info:

Published by: Gustama Wayan on Jun 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2012

pdf

text

original

 
NAMA : I WAYAN GUSTAMANIM : 1014041037SEMESTER : IVKELAS : B
TUGAS MATA KULIAH
KOMUNIKASI DAN INFORMASI
1.
Jelaskan mengapa komunikasi dipandang sebagai esensi dasar manusia!
 Jawaban :
Komunikasi dipandang sebagai esensi dasar manusia berangkat darihakekat manusia itu sendiri yang memiliki interdependensi (ketergantungan)dengan manusia lain. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidupsendiri sehingga selalu senantiasa melakukan interaksi dengan sesamanya.Hal tersebut membuat komunikasi sangat berperan sebagai manisfestasi untuk menyampaikan keinginan dan pemenuhan kebutuhan hidupnya. Dalammelakoni kehidupan ini manusia tidak akan bisa terlepas dari yang namanyakomunikasi karena tanpa komunikasi ia akan statis atau tidak dapatmemerankan esensinya sebagai manusia normal. Selain itu manusia sangatmenyukai perubahan, disadari atau tidak perubahan apapun tidak akan adatanpa adanya komunikasi oleh karenanya secara terus menerus komunikasidilakukan seiring keinginan manusia untuk berproses menuju kehidupan yanglebih baik.Komunikasi juga tidak akan bisa lepas dengan kehidupan manusia baik dalam konteks sosial, budaya maupun politik yang mana komunikasi dapatmenghubungkan dan mempererat ketiganya itu.2.Kiat-kiat apa yang dapat ditempuh untuk menanggulangi hambatan dalamkomunikasi (barriers communication) dari berbagi faktor yang ada?
 Jawaban :
Cara mengatasi hambatan dan memperbaiki komunikasi agar menjadilebih efektif 
 
adalah:
1
 
1.
Memelihara iklim komunikasi terbukaIklim komunikasi merupakan campuran dari nilai, tradisi dan kebiasaan.Komunikasi terbuka akan mendorong keterusterangan dan kejujuran sertamempermudah umpan balik.
2.
Melakukan komunikasi dengan etisSeseorang hendaknya tetap memperhatikan prinsip-prinsip kesopanandalam berkomunikasi agar orang lain tertarik pada kita untuk mendengar  pesan yang akan disampaikan.
3.
Memahami kesulitan komunikasi antarbudayaMajunya perkembangan teknologi dan informasi telah menyebabkanterjadinya interaksi antar budaya baik dalam lingkup regional, nasional,maupun internasional. Untuk itu hambatan komunikasi karena beda budaya perlu disadari dan dipelajari.
4.
Menggunakan pendekatan berkomunikasi yang berpusat pada penerimaMenggunakan pendekatan yang berpusat pada penerima berarti tetapmengingat penerima ketika sedang berkomunikasi dengan caramenunjukkan sikap empati kepada penerima pesan dengan begitu kitamengetahui perasaan orang tersebut agar tidak terjadi ketersinggungan.
5.
Menggunakan teknologi secara bijaksana dan bertanggungjawab untuk memperoleh dan membagi informasi. Teknologi dapat dipergunakan untuk menyusun, merevisi dan mendistribusikan pesan. Penggunaan teknologiyang bertanggung jawab dan bijaksana akan mendorong terciptanyakomunikasi yang efektif.
6.
Menciptakan dan memproses pesan secara efektif dan efisien. Pesan yangefektif dan efesien akan memperlancar proses komunikasi yang kitalakukan. Upaya yang dapat dilakukan dengan cara :
o
Memahami penerima pesan
o
Menyesuaikan pesan dengan penerima
o
Mengurangi jumlah pesan, tidak menggunakan kata ambigu
o
Memilih saluran atau media yang tepat
o
Meningkatkan keterampilan berkomunikasi
2
 
3.Jelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam upaya menciptakan iklimkomunikasi yang kondusif baik dalam situasi formal ataupun nonformal!
 Jawaban :
Kondusif berarti sebuah keadaan “aman terkendali“ yang bisa dikatakanselaras, nyaman, sesuai kondisi yang tercipta dengan baik. Iklim komunikasiyang kondusif diperlukan agar dalam komunikasi tidak terjadi bias pemahaman antara komunikator dengan komunikan. Adapun upaya yangdapat dilakukan untuk menciptakan iklim komunikasi yang kondusif,diantaranya :
a.
Komunikasi Saling TerbukaBaik dalam situasi formal ataupun nonformal keterbukaan dalamkomunikasi dibutuhkan agar tidak terjadinya hubungan yang semu.Keterbukaan dalam artian jujur dan memiliki komitmen yang selaras, tidak ada komunikasi yang menguntungkan satu pihak saja sehingga dengankejujuran dan komitmen bersama hubungan akan terjalin tanpa kecurigaandan nyaman.
b.
Memilih materi komunikasi dan cara menyampaikan yang tepatHal yang tidak kalah penting yaitu ketepatan apa yang mesti disampaikansesuai dengan lawan bicara, waktu dan keadaan dan sikap kita dalammenyampaikan pesan hendaknya sopan dan santun.c.Saling mendukung dan memberi kesempatanDukungan sebagai motivasi kepada rekan atau lawan bicara dibutuhkanagar interaksi bisa interaktif, kesempatan seperti waktu bicara sebagai penghargaan kepada lawan bicara untuk menumbuhkan etos salingmemiliki.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->