Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Instruksional

Sistem Instruksional

Ratings: (0)|Views: 447 |Likes:

More info:

Published by: SyiFa Fauziah Nasution on Jun 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Latar Belakang MasalahMateri bidang studi tidak mungkin dapat kita kuasai tanpa dipelajariterlebih dahulu, baik dipelajari sendiri maupun diajarkan oleh guru.Proses atau kegiatan mempelajari materi ini terjadi dalam saatterjadinya situasi belajar-mengajar atau pengajaran (instruksional). Systeminstruksional yaitu menunjukkan suatu proses belajar-mengajar atau prosespengajaran.Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam proses belajar-mengajar tersebut maka kita perlu mamahami system instruksional itu. Apa tujuan instruksional itu dan bagaimana pengembangan sertaaplikasi sisten instruksional tersebut. Maka dari itu untuk lebih jelasnya kamiakan menguraikan tentang sisten instruksional yang kami tuangkan dalammakalah ini.
1
 
BAB IIPEMBAHASAN
II.1. Pengertian Sistem InstruksionalSistem instruksional menunjukkan pengertian pengajaransebagai suatu system, yaitu suatu kesatuan yang terorganisasi yangtersiri atas sejumlah komponan yang saling berhubungan satu samalain dalam rangka mencapai yang diinginkan. Komponen tersebutantara lain, materi pelajaran, metode, alat dan evaluasi yang semuanyaini berinteraksi satu sama lain.Untuk pengembangan suatu sistem pengajaran atau sisteminstruksional maka semua komponan tersebut harus diorganisasidengan baik sebagaimana pengajaran harus kita lihat sebagaikeseluruhan atau sebagai suatu sistem. Hal ini disebabkan bagaimanapun beiknya tujuan pengajaran yang dapat kita rumuskan, bila tidakdisertai materi pelajaran yang sesuai metode dan alat yang tepat makatujuan tersebut akan sulit dicapai.
2
 
II.2. Tujuan InstruksionalTujuan itu sangat bermacam-macam. Biasanya tujuan yanglingkupnya luas rumusannya umum dan yang lebih sempit rumusannyakhusus. Jadi tujuan selalu dari yang umum ke yang khusus. A. Tujuan Instruksional Umum (TIU)Tujuan instruksional umum yaitu menggariskan hasil-hasilaneka bidang studi yang seharusnya dicapai oleh siswa danberpedoman pada perubahan tingkah laku dalam kelas.Untuk menentukan tujuan umum instruksional perlumemperhatikan hal-hal berikut :
1.
Mencakup tujuan yang diharapkan secara umum tentang apayang dapat dicapai dalam proses pengajaran.2.Tidak terlepas dari tujuan-tujuan kurikuler ataupun tujuan yangdiatasnya.3.Selaras dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip belajar.4.Cukup realistis yaitu sesuai dengan keadaan, kemampuanpeserta didik, waktu yang tersedia dan fasilitas yang ada.5.Mempunyai indikasi yang kuat, yaitu bahwa hasil belajar adalahperubahan ringkah-laku peserta didik.
3

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Asep Sunardi liked this
Aan Gazalba liked this
InHa WHina liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->