Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
10Activity
P. 1
BAB II (gedung pertunjukan dan pengembangan seni tari di luwu timur)

BAB II (gedung pertunjukan dan pengembangan seni tari di luwu timur)

Ratings: (0)|Views: 698 |Likes:
Published by Awie Awietzuke
TUGAS AKHIR
TUGAS AKHIR

More info:

Categories:Types, Maps
Published by: Awie Awietzuke on Jun 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2014

pdf

text

original

 
10
BAB IITINJAUAN UMUM TERHADAP GEDUNG PERTUNJUKAN DANPENGEMBANGAN SENI TARI
A. TINJAUAN UMUM SENI1. Pengertian Seni
Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang di pastikanmengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda.Konon kata seni berasal dari kata "sani" yang artinya "Jiwa YangLuhur/ Ketulusan jiwa". Dalam bahasa Inggris dengan istilah "ART"(artivisial) yang artinya adalah barang/atau karya dari sebuahkegiatan. Konsep seni terus berkembang sejalan denganberkembangnya kebudayaan dan kehidupan masyarakat yangdinamis. Beberapa pendapat tentang pengertian seni:a. Ensiklopedia Indonesia : Seni adalah penciptaan benda atausegala hal yang karena keindahan bentuknya, orang senangmelihat dan mendengar.b. Aristoteles : seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalamhubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telahditentukan oleh gagasan tertentu,c. Ki Hajar Dewantara : seni adalah indah, menurutnya seni adalahsegala perbuatan manusia yang timbul dan hidup perasaannyadan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaanmanusia lainnya,d. Akhdiat K. Mihardja : seni adalah kegiatan manusia yangmerefleksikan kenyataan dalam sesuatu karya, yang berkatbentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkanpengalaman tertentu dalam alam rohani sipenerimanya.
 
11
e. Erich Kahler : seni adalah suatu kegiatan manusia yangmenjelajahi, menciptakan realitas itu dengan symbol atau kiasan
tentang keutuhan “dunia kecil” yang mencerminkan “duniabesar”.
 
2. Fungsi Seni
 Seni adalah sebagian dari kebudayaan, sedangkankebudayaan meliputi seluruh manusia dalam masyarakat. Fungsiseni (Kesenian) secara umum adalah :a. Fungsi IndividualManusia memiliki eksistensi individual yang berbeda denganindividu lain dalam membentuk kepekaan rasa pengungkapandan penilaian suatu aspek.b. Fungsi SosialHasil karya seni berfungsi sosial apabila diciptakan untukkepentingan umum, dengan menampilkan beragam fenomenasosial yang sanggup menggungah kesadaran masyarakat,sehingga terjadi interaksi antara si pengamat dan pencipta karyaseni.c. Fungsi FisikSecara fisik seni membutuhkan wadah penyaluran yangmerupakan kontak antara seniman dan pengamat karya seniyang dihasilkan.
3. Klasifikasi Seni
Seni dapat dibedakan berdasarkan lima katagori, yaitu :a. Berdasarkan bentuk1) Seni Rupa : adalah seni yang keindahannya dinikmati olehindra penglihatan, mencangkup seni lukis, pahat, patung,grafis dan rias.
 
12
2) Seni Suara : adalah seni yang disampaikan dengn mediasuara (vokal dan instrument).3) Seni Sastra : adalah seni yang terbentuk dari susunan katadan kalimat yang bermakna.4) Seni Tari : adalah seni yang mengekspresikan emosinyadengan gerak yang ritmis.5) Seni Teater : adalah kombinasi dari beberapa seni, disebutdrama.b. Berdasarkan fungsi1) Seni Murni (Fine Art) : terdiri dari seni lukis, pahat, tari, senisuara dan drama.2) Seni Terapan (Apllied Art) : terdiri dari bangunan, seni kriyadan seni reklame.c. Berdasarkan tingkatan1) Seni Istana : merupakan seni klasik2) Seni Tradisional Rakayatd. Berdasarkan secara penampilan obyeknya1) Seni pertunjukan, mencakup seni tari. Drama, musik, suara,perdalangan/karawitan.2) Seni rupa mencakup seni lukis, seni patung, pahat, ukir,kriya, seni bangunan dan grafis.e. Berdasarkan bentuk dan mediumnya seni dapat diklasifikasikandalam lima kelompok :
No.CabangSeniBentukMediaInderaPenikmatMatra
1. Rupa BendaPenglihatan,peraba2 dimensiatau 3dimensi2. Sastra Tulisan penglihatan 2 dimensi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->