Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
62Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TAKIKARDI SUPRAVENTRIKULAR

TAKIKARDI SUPRAVENTRIKULAR

Ratings: (0)|Views: 3,875|Likes:
Published by aslinary

More info:

Published by: aslinary on Jun 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2015

pdf

text

original

 
Referat Kardiologi Kepada YTHDr. Aslinar Bapak/Ibu Dr.Kamis/10 Juni 2010
TAKIKARDI SUPRAVENTRIKULAR
PENDAHULUAN
Aritmia merupakan kelainan irama jantung yang sering dijumpai. Aritmiaadalah irama jantung di luar irama sinus normal. Istilah aritmia sebenarnyatidak tepat karena aritmia berarti tidak ada irama. Oleh karena itu sekaranglebih sering dipakai istilah disritmia atau irama tidak normal.
1
 Takikardi supraventrikular (TSV) adalah satu jenis takidisritmia yangditandai dengan perubahan frekuensi jantung yang mendadak bertambahcepat menjadi berkisar antara 150 sampai 280 per menit. TSV merupakan jenis disritmia yang paling sering ditemukan pada usia bayi dan anak.Prevalensi TSV kurang lebih 1 di antara 25.000 anak lebih. Serangan pertamasering terjadi sebelum usia 4 bulan dan lebih sering terjadi pada anak laki-lakidaripada perempuan sedangkan pada anak yang lebih besar prevalensi diantara kedua jenis kelamin tidak berbeda.
1,2
Pengenalan secara dini jenis takidisritmia ini sangat penting, terutamapada bayi karena sifatnya yang gawat darurat. Diagnosis awal dan tatalaksanaSVT memberikan hasil yang memuaskan. Keterlambatan dalam menegakkandiagnosis dan memberikan terapi akan memperburuk prognosis, mengingatkemungkinan terjadinya gagal jantung bila TSV berlangsung lebih dari 24-36 jam, baik dengan kelainan struktural maupun tidak.
1,2
Referat ini diharapkandapat meningkatkan pengetahuan dan tatalaksana terhadap takikardisupraventikular pada bayi dan anak.
1
 
DEFINISI
 Takikardi supraventrikular (TSV) adalah satu jenis takidisritmia yang ditandaidengan perubahan laju jantung yang mendadak bertambah cepat menjadiberkisar antara 150 kali/menit sampai 250 kali/menit. Kelainan pada TSVmencakup komponen sistem konduksi dan terjadi di bagian atas bundel HIS.Pada kebanyakan TSV mempunyai kompleks QRS normal.
1,2
Kelainan ini seringterjadi pada demam, emosi, aktivitas fisik dan gagal jantung.
3,4
EPIDEMIOLOGI
 Takikardi supraventrikular merupakan kegawatdaruratan kardiovaskular yangsering ditemukan pada bayi dan anak. Angka kejadian TSV diperkirakan 1 per250.000 sampai 1 per 250. Angka kekerapan masing-masing bentuk TSV padaanak berbeda dengan TSV pada dewasa.
1
Menurut Emily dkk
5
bahwa angkakejadian TSV pada anak berkisar 1 dari 250 anak tapi sering gejalanya samar-samar dan sering disalahartikan dengan gejala dari penyakit umum lainnyapada anak. TSV pada bayi biasanya terjadi pada hari pertama kehidupan sampaiusia 1 tahun, tapi sering terjadi sebelum umur 4 bulan. Sebagian besar TSVpada bayi dengan struktur jantung yang normal dan hanya 15% bayi TSV yangdisertai dengan penyakit jantung, karena obat-obatan atau karena demam.
6,7
ELEKTROFISIOLOGI
8
Gangguan irama jantung secara elektrofisiologi disebabkan oleh gangguanpembentukan rangsang, gangguan konduksi rangsang dan gangguanpembentukan serta penghantaran rangsang.a.Gangguan pembentukan rangsangGangguan ini dapat terjadi secara pasif atau aktif. Bila gangguanrangsang terbentuk secara aktif di luar urutan jaras hantaran normal,seringkali menimbulkan gangguan irama ektopik dan bila terbentuksecara pasif sering menimbulkan
escape rhytm
(irama pengganti).
2
 
-
Irama ektopik timbul karena pembentukan rangsang ektopik secaraaktif dan fenomena
reentry 
-
Escape beat 
(denyut pengganti) ditimbulkan bila rangsang normaltidak atau belum sampai pada waktu tertentu dari irama normal,sehingga bagian jantung yang belum atau tidak mendapat rangsangitu bekerja secara otomatis untuk mengeluarkan rangsanganinstrinsik yang memacu jantung berkontraksi.
-
Active ectopic firing
terjadi pada keadaan dimana terdapat kenaikankecepatan automasi pembentukan rangsang pada sebagian otot jantung yang melebihi keadaan normal.
-
Reentry 
terjadi bila pada sebagian otot jantung terjadi blokade
unidirectional
(blokade terhadap rangsang dalam arah
antegrad
)dimana rangsang dari arah lain masuk kembali secara
retrograd
melalui bagian yang mengalami blokade tadi setelah masarefrakternya dilampaui. Keadaan ini menimbulkan rangsang barusecara ektopik. Bila reentry terjadi secara cepat dan berulang-ulang,atau tidak teratur (pada beberapa tempat), maka dapatmenimbulkan keadaan takikardi ektopik atau fibrilasi.
b.
Gangguan konduksiKelainan irama jantung dapat disebabkan oleh hambatan pada hantaran(konduksi) aliran rangsang yang disebut blokade. Hambatan tersebutmengakibatkan tidak adanya aliran rangsang yang sampai ke bagianmiokard yang seharusnya menerima rangsang untuk dimulainyakontraksi. Blokade ini dapat terjadi pada tiap bagian sistem hantaranrangsang mulai dari nodus SA atrium, nodus AV, jaras HIS, dan cabang-cabang jaras kanan kiri sampai pada percabangan purkinye dalammiokard.c.Gangguan pembentukan dan konduksi rangsanganGangguan irama jantung dapat terjadi sebagai akibat gangguanpembentukan rangsang bersama gangguan hantaran rangsang.
3

Activity (62)

You've already reviewed this. Edit your review.
KamalAbdurrosidRosid added this note
nice
1 thousand reads
1 hundred reads
laod_ liked this
Poetra Prawira liked this
Dwi Kristiarini liked this
Dwi Kristiarini liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->