Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
lapkas glaukoma fakomorfik

lapkas glaukoma fakomorfik

Ratings: (0)|Views: 312 |Likes:
Published by Revita Thios

More info:

Published by: Revita Thios on Jun 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2014

pdf

text

original

 
Laporan Kasus
GLAUKOMA FAKOMORFIK 
Olehdr. Franky R KasihPembimbingDr. Grace Thenoch, SpM
Latar belakang
Glaukoma fakomorfik (phaco = lensa; morph= bentuk) adalah glaukoma sudut tertutupsekunder yang disebabkan oleh lensa intumesens.
1,2,3
Ini dapat terjadi pada mata yangsebelumnya memiliki sudut terbuka atau yang memiliki sudut sempit atau tertutup. Glaukomafakomorfik lebih sering terjadi di negara yang sedang berkembang. Ini disebabkan akses kefasilitas operasi mata yang masih terbatas sehingga pasien datang terlambat atau kebiasaanmenunggu katarak sampai matang untuk dilakukan operasi.
1
Glaukoma fakomorfik disebabkan oleh 2 hal, yaitu penutupan sudut oleh gaya mekanik lensa terhadap diafragma iris lensa ke anterior dan oleh blokade pupil pada lensa.
4
Matahiperopia dan lensa yang relatif besar terhadap ukuran sumbu mata akan beresiko terjadinya penutupan sudut dan menjadi faktor predisposisi. Pertambahan ukuran lensa dapat disebabkanoleh beberapa faktor termasuk penuaan, dimana lensa akan bertambah ukuran kurvaturaanteriornya, trauma pada lensa, diabetes melitus dan reaksi idiosinkrasi terhadap obat-obatan.
4,5
Fakomorfik glaukoma dapat terjadi dalam bentuk serangan akut, sub akut dan kronik glaukoma. Gejala klinis glaukoma fakomorfik terbatas pada gangguan penglihatan karenakatarak. Akan tetapi pasien lebih sering datang dalam keadaan akut dengan keluhan yangmenonjol nyeri mata dan kepala, muntah dan penurunan tajam penglihatan yang terjadi secaratiba-tiba.Pada pemeriksaan dapat ditemukan tanda tanda penurunan visus yang cukup berat, peningkatan tekanan intraokuler dapat mencapai >30 mmHg, pelebaran pembuluh darahkonjungtiva, injeksi siliar, edema kornea, pupil yang berdilatasi dan bereaksi lambat terhadapcahaya. Lensa yang intumesen dengan atau tanpa blok pupil. Pemeriksaan gonioskopimenunjukan sudut yang tertutup. Funduskopi seringkali sulit dilakukan karena adanya edemakornea dan lensa katarak. Pada keadaan fundus masih dapat dievaluasi seringkali belum
 
ditemukan neuropati optik pada serangan akut pertama kali. Seiring perjalanan glaukoma,kerusakan papil nervus optik akan semakin terlihat.Penanganan glaukoma fakomorfik dilakukan pada 2 tahap, yaitu menurunkan tekananintraokuler dan operasi katarak.
6
Penurunan tekanan intraokuler dapat dicapai denganmengatasi blok pupil, menekan produksi aqueus, dan membuka sudut yang tertutup. Hal inidapat dicapai dengan medikamentosa dan beberapa manuver atau tindakan sebelum operasikatarak.Operasi katarak sedini mungkin menurunkan morbiditas dan memungkinkan kontroltekanan yang lebih baik pada pasien glaukoma fakomorfik. Glaukoma fakomorfik meskipundapat akut dalam onset, berbahaya dalam perjalanannya, tapi dapat dikenal dengan mudahdalam klinik, dapat ditangani dan dapat dicegah.
7
Laporan kasus
Seorang wanita 60 tahun, bangsa indonesia, suku sanger datang ke poliklinik mataRSUP Prof RD Kandou tanggal 11 November 2011 dengan keluhan sakit pada mata kanan,yang dialami sejak 1 hari sebelumnya, disertai pandangan kabur, dan mual. Penderita sudah pernah mengalami hal ini sebelumnya 9 bulan yang lalu dan berobat ke poliklinik mata RSUPProf RD Kandou dan didiagnosis dengan glaukoma. Saat ini penderita menggunakan obatTimolol 0,5% 2 kali tetes, asetasolamid 2x250 mg dan tablet kalium 1x 300 mg.Tidak ada riwayat trauma pada mata, tidak ada riwayat keluarga yang menderita glaukoma.Penderita menderita hipertensi sudah sekitar 1 tahun dan menggunakan obat lisinopril 10 mg per hari.Pemeriksaan oftalmologi ditemukan VOD 6/60 PH(-), VOS 6/20 dikoreksi dengan S+1,50D diperoleh visus 6/6. Tekanan intraokuler mata kanan 49 mmhg (goldmann). Dan matakiri 16 mmhg. Pemeriksaan dengan slitlamp biomikroskopi pada mata kanan ditemukan adainjeksi konjungtiva dan siliar, edema kornea, coa dangkal dengan van herick 1, pupil middilatasi dengan diameter 7 mm, iris terlihat adanya atrofi, lensa keruh dengan ada bercak putih pada kapsul anterior (glaukomflecken). Funduskopi terlihat papil nervus optik dengan rasioC/D 0,8; adanya penggaungan, nasalisasi, dan zona beta atrofi peripapiler. Pada mata kirisegmen anterior dan posterior memberikan gambaran normal.Goniskopi mata kanan menunjukan sudut tertutup dengan tidak terlihat struktur pada semuakuadran. Gonioskopi mata kiri menunjukan sudut terbuka dengan terlihatnya trabekulum padasemua kuadran.
 
Pemeriksaan perimetri mata kanan menunjukkan defek lapang pandang yang berat (tunnelvision). Perimetri mata kiri belum menunjukan adanya defek lapang pandang. Pemeriksaan biometri menggunakan USG A scan panjang aksial mata kanan dan kiri 22,7 mmHg, denganketebalan lensa 4,8 mm mata kanan dan 4,63 mata kiri.Gambar 1. Serangan glaukoma akut Gambar 2. Lensa katarak Gambar 3. Goniskopi menunjukkan sudut tertutup.Penderita ini didiagnosis dengan Glaukoma fakomorfik okuli dekstra.Terapi yang diberikan adalah Gliserol 50% 100cc.selama tiga hari, timolol 0,5% 2x1tetes, asetazolamid 3x250 mg, tablet kalium (Aspar K) 1x1 dan diobservasi di rumah sakit.Penderita dijadwalkan untuk laser periferal iridotomi kalau kornea sudah jernih dandirencanakan ekstraksi katarak. Tekanan intraokuler pasien 33 mmHg pada hari kedua, 24mmHg pada hari kedua dan 17 mmHg pada hari keempat.Pasien kembali mengalami serangan akut 1 minggu kemudian dengan TIO 42 dan visusmenurun mencapai 1/300. Pasien kembali diberikan Gliserol 50% 100cc. Dalam beberapa haritekanan mencapai 16 mmHg. Pada tanggal 3 Desember 2011 dilakukan ekstraksi katarak 

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Mario Alfonso liked this
Evyarosna Sinaga liked this
Rodiah Sefrina liked this
Fadhil liked this
Rivan Soe liked this
Randa Septiadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->