Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
73355080 Referat Stroke

73355080 Referat Stroke

Ratings: (0)|Views: 269|Likes:
Published by Lucas Freddy

More info:

Published by: Lucas Freddy on Jun 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/15/2013

pdf

text

original

 
B. STROKE1. Definisi
Stroke adalah sindroma klinis dengan gejala berupa gangguan fungsi otak secara fokal maupun global yang dapat menimbulkan kematian atau kecacatan yangmenetap lebih dari 24 jam, tanpa penyebab lain kecuali gangguan vaskular (WHO1983). Stroke pada prinsipnya terjadi secara tiba-tiba karena gangguan pembuluhdarah otak (perdarahan atau iskemik), bila karena trauma maka tak dimasukkandalam kategori stroke, tapi bila gangguan pembuluh darah otak disebabkan karenahipertensi, maka dapat disebut stroke.
2. Jenis stroke
Berdasar penyebabnya stroke dibagi menjadi dua jenis yaitu stroke iskemik maupunstroke hemorragik.
a.stroke iskemik 
yaitu penderita dengan gangguan neurologik fokal yang mendadak karenaobstruksi atau penyempitan pembuluh darah arteri otak dan menunjukkangambaran infark pada CT-Scan kepala. Aliran darah ke otak terhenti karenaaterosklerosis (penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah) atau bekuan darah yang telah menyumbat suatu pembuluh darah ke otak. Hampir sebagian besar pasien atau sebesar 83% mengalami stroke jenis ini.Penyumbatan bisa terjadi di sepanjang jalur pembuluh darah arteri yangmenuju ke otak. Darah ke otak disuplai oleh dua arteria karotis interna dandua arteri vertebralis. Arteri-arteri ini merupakan cabang dari lengkungaorta jantung.Penyumbatan ini dapat disebabkan oleh:
Suatu ateroma (endapan lemak) bisa terbentuk di dalam pembuluh daraharteri karotis sehingga menyebabkan berkurangnya aliran darah. Keadaanini sangat serius karena setiap pembuluh darah arteri karotis dalam keadaannormal memberikan darah ke sebagian besar otak. Endapan lemak juga bisaterlepas dari dinding arteri dan mengalir di dalam darah, kemudianmenyumbat arteri yang lebih kecil.
 
Pembuluh darah arteri karotis dan arteri vertebralis beserta percabangannya bisa juga tersumbat karena adanya bekuan darah yang berasal dari tempatlain, misalnya dari jantung atau satu katupnya. Stroke semacam ini disebutemboli serebral (emboli = sumbatan, serebral = pembuluh darah otak) yang paling sering terjadi pada penderita yang baru menjalani pembedahan jantung dan penderita kelainan katup jantung atau gangguan irama jantung(terutama fibrilasi atrium).
Emboli lemak jarang menyebabkan stroke. Emboli lemak terbentuk jikalemak dari sumsum tulang yang pecah dilepaskan ke dalam aliran darah danakhirnya bergabung di dalam sebuah arteri.
 peradangan atau infeksi menyebabkan penyempitan pembuluh darah yangmenuju ke otak.
Obat-obatan (misalnya kokain dan amfetamin) juga bisa mempersempit pembuluh darah di otak dan menyebabkan stroke.
Penurunan tekanan darah yang tiba-tiba bisa menyebabkan berkurangnyaaliran darah ke otak, yang biasanya menyebabkan seseorang pingsan. Stroke bisa terjadi jika tekanan darah rendahnya sangat berat dan menahun. Hal initerjadi jika seseorang mengalami kehilangan darah yang banyak karenacedera atau pembedahan, serangan jantung atau irama jantung yangabnormal.Macam – macam stroke iskemik:i.TIAdidefinisikan sebagai episode singkat disfungsi neurologis yangdisebabkan gangguan setempat pada otak atau iskemiretinayangterjadi dalam waktu kurang dari 24 jam, tanpa adanya infark, sertameningkatkan resiko terjadinya stroke di masa depan.ii.RINDDefisit neurologis lebih dari 24 jam namun kurang dari 72 jamiii.Progressive strokeiv.Complete strokev.Silent stroke
 
b.stroke hemorragik 
Pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah yang normal dandarah merembes ke dalam suatu daerah di otak dan merusaknya contoh perdarahan intraserebral, perdarahan subarachnoid, perdarahan intrakranialet causa AVM. Hampir 70 persen kasus stroke hemorrhagik terjadi pada penderita hipertensi.
3. Faktor Resiko
suku bangsa (negro/spanyol)
 jenis kelamin (pria)
kurang olah raga.
 
usia lanjut
Obesitas
Penyakit jantung

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->