Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul PLPG Bahasa Indonesia

Modul PLPG Bahasa Indonesia

Ratings: (0)|Views: 343 |Likes:
Published by sentra71

More info:

Published by: sentra71 on Jun 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
 
1
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
PENDALAMAN MATERII. MENULIS A. Pendahuluan
Sebagaimana kita ketahui bahwa mengarang pada hakikatnya adalahmengungkapkan atau menyampaikan gagasan, informasi, atau pengalaman melaluibahasa tulis. Pengungkapan atau penyampaian gagasan ini dapat diwujudkan melaluiberbagai unsur bahasa. Gagasan dapat diungkapkan melalui kata atau kalimat. Adagagasan diungkapkan dengan paragraf. Bahkan, gagasan yang lengkap diwujudkanmelalui karangan utuh.Seperti dikemukakan di atas, gagasan dapat diungkapkan melalui bentuk paragraf atau karangan utuh. Penyampaian gagasan melalui karangan dapat dibedakan atasberbagai macam berdasarkan tujuan yang hendak dicapai penulisnya. Berdasarkantujuan yang hendak dicapai oleh penulisnya, kita mengenal karangan di antaranyaargumentasi dan persuasi. Jenis karangan argumentasi dan persuasi tentu sudah pernah Anda dengar. Paling tidak, istilah ini tidak asing bagi Anda. Agar kedua jenis karangan inidapat Anda pahami secara benar dan utuh, modul ini akan menyajikan beberapainformasi dan contoh mengenai jenis karangan ini. Informasi-informasi tersebut meliputikarakteristik, langkah-langkah penyusunan, dan contoh jenis karangan argumentasi danpersuasi. Selain itu, modul ini memuat contoh kasus pembelajaran dan latihanpenyusunan karangan argumentasi dan persuasi. Urutan materi tersebutmenggambarkan urutan kegiatan pengalaman belajar yang akan Anda ikuti.Setelah menyelesaikan modul ini, Anda diharapkan mampu mengungkapkanpikiran, informasi, dan pengalaman dalam berbagai wacana/teks tulis. Lebih khusus, Anda diharapkan menyampaikan gagasan dan hasil observasi dalam berbagai bentuk paragraf. Secara lebih rinci , Anda diharapkan mampu:1. Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk paragraf argumentasi ataugeneralisasi.2. Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukansesuatu dalam bentuk paragraf persuasif.Kenyataan Anda telah memiliki pengetahuan mengenai karangan argumentasidan persuasi, setidaknya Anda telah membaca contoh kedua jenis karangan tersebut. Apa yang tersaji dalam modul ini hanya menjadi upaya sistematis untuk melengkapipengetahuan dan keterampilan menulis dan memantapkan penguasaan pembelajaranmengarang, terutama jenis karangan argumentasi dan persuasi.
 
 
2
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
B. Kegiatan Pembelajaran1. Kegiatan Belajar 1a. Judul: Menulis Karangan Argumentasib. Indikator
Sasaran Anda mengkaji bagian modul ini adalah agar Anda memperolehpengalaman belajar tentang menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk paragraf argumentasi atau generalisasi. Secara khusus tujuan ini dijabarkan sebagaiberikut:1. Dengan memahami karakteristik dan langkah-langkah penyusunan karanganargumentasi Anda diharapkan mampu menyusun kerangka karangan ilmiah yangakan dibuat;2. Dengan menguasai pengertian dan ciri-ciri paragraf argumentasi Anda diharapkanmampu menyusun gagasan dalam bentuk paragraf argumentasi dengan cara-carayang benar.
c. Strategi Pembelajaran
Semua kemampuan yang tertera pada indikator tersebut memerlukan contohdan latihan yang mantap untuk menguasainya. Oleh karena itu, agar berhasilmenguasai kemampuan tersebut , bacalah dengan cermat uraian dan contoh, sertakerjakan latihan yang ada.
d. Uraian Materi dan Contoh1) Karakteristik karangan argumentasi
Pada kegiatan pembelajaran ini kita akan mengkaji jenis karangan argumentasi.Makna kata argumentasi ialah alasan. Jadi, argumentasi itu bermakna pemberianalasan yang kuat dan meyakinkan. Alasan itu, kita kemukakan untuk mendukung ataumemperkuat kebenaran pendapat sehingga orang lain mempercayainya,menyetujuinya, dan membenarkan pendapat, gagasan, sikap , dan keyakinan kita.Dalam konteks sidang pengadilan misalnya, terdakwa atau tergugat menyampaikanargumen-argumennya untuk menolak dakwaan atau gugatan sehingga hakimmempercayainya. Untuk memperkuat alasan yang mendasari gagasan atau pendapat ,kita menyajikan argumentasi dengan melengkapi contoh, bukti, fakta, angka, peta,grafik, organigram, dan lain-lain.Jadi, apakah yang dimaksud karangan argumentasi itu? Yang dimaksudkarangan argumentasi ialah karangan yang terdiri atas paparan alasan danpenyintesisan pendapat untuk membangun suatu kesimpulan. Karangan argumentasiditulis dengan maksud untuk memberikan alasan, untuk memperkuat atau menolak 
 
 
3
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Corak karangan ini termasuk karangan yangpaling sulit bila dibandingkan dengan corak karangan yang lain. Dalam hal ini tidak berarti bahwa karangan argumentasi lebih penting atau lebih berharga daripada jeniskarangan-karangan yang lainnya, tetapi kesulitan tersebut muncul karena perluadanya alasan dan atau bukti yang dapat meyakinkan, sehingga pembacaterpengaruh dan membenarkan gagasan, pendapat, sikap, dan keyakinan kita. Jadi,pada setiap karangan argumentasi selalu kita dapati alasan ataupun bantahan yangmemperkuat ataupun menolak sesuatu secara sedemikian rupa guna mempengaruhikeyakinan pembaca sehingga berpihak kepada atau sependapat dengan penulis.Bentuk-bentuk karangan ilmiah seperti: makalah paper (seminar, simposium,dan lokakarya), esai, skripsi, tesis, disertasi, dan naskah-naskah: tuntutan pengadilan,pembelaan, pertanggungjawaban, ataupun surat keputusan, adalah paparan yangbercorak argumentasi. Pada setiap karya ilmiah, biasanya argumen digunakan untuk memperhatikan atau meyakinkan kebenaran pendapat, ide, atau konsep mengenaisuatu masalah kepada pembaca berdasarkan data, fenomena, atau fakta yangdikemukakan.Untuk memberikan penjelasan mengenai karakteristik argumentasi ini, kitamembandingkan dengan jenis karangan yang lain yaitu karangan eksposisi. Antarakarangan argumentasi dengan karangan eksposisi memiliki persamaan danperbedaan. Persamaan dan perbedaannya dapat dilihat pada uraian berikut:Persamaan:1. Argumetasi dan eskposisi sama-sama menjelaskan pendapat dan keyakinan kita.2. Argumentasi dan eksposisi sama-sama memerlukan fakta yang diperkuat ataudiperjelas dengan angka, peta, statistic, grafik, organigram, gambar, dan lain-lain.3. Argumentasi dan eksposisi sama-sama memerlukan analisis dan sintesis padawaktu mengupas sesuatu.4. Argumentasi dan paparan sama-sama menggali sumber ide dari pengalaman,pengamatan dan penelitian, serta sikap dan keyakinan.Daya khayal sebagai sumber ide kurang digunakan dan kurang akurat.Perbedaan:1. Argumentasi bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, sehingga pembaca akhirnyamenyetujui bahwa pendapat, sikap, dan keyakinan kita benar. Tujuan eksposisihanya menjelaskan dan menerangkan sehingga pembaca memperoleh informasiyang sejelas-jelasnya.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Can Obi liked this
Opa Yat liked this
Meli Yana liked this
Vincentsia Rani liked this
Nur Aisyah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->