Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengelolaan Sistem Rm..(Psrm) 2

Pengelolaan Sistem Rm..(Psrm) 2

Ratings: (0)|Views: 861|Likes:
Published by Boti Gaul

More info:

Published by: Boti Gaul on Jun 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/31/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Dalam beberapa tahun terakhir, kita banyak dikejutkan oleh terjadinyabencana massal yang menyebabkan kematian banyak orang. Selain itu kasuskejahatan yang memakan banyak korban jiwa juga cenderung tidak berkurang dariwaktu ke waktu. Pada kasus-kasus seperti ini tidak jarang kita jumpai korban jiwayang tidak dikenal sehingga perlu diidentifikasi.
 
Identifikasi forensik merupakan upaya yang dilakukan dengan tujuanmembantu penyidik untuk menentukanidentitasseseorang. Identifikasi personalsering merupakan suatu masalah dalam kasuspidanamaupunperdata.Menentukan identitas personal dengan tepat amat penting dalam penyidikan karena adanyakekeliruan dapat berakibat fatal dalam proses peradilan.
 
Peran ilmu kedokteran forensik dalam identifikasi terutama pada jenazahtidak dikenal, jenazah yang rusak, membusuk, hangus terbakar dan kecelakaanmasal, bencana alam, huru hara yang mengakibatkan banyak korban meninggal,serta potongan tubuh manusia atau kerangka.Selain itu identifikasi forensik jugaberperan dalam berbagai kasus lain seperti penculikan anak, bayi tertukar, ataudiragukan orangtua nya.Identitas seseorang yang dipastikan bila paling sedikit duametode yang digunakan memberikan hasil positif (tidak meragukan).
 
Forensik odontologi sudah dikenal sejak tahun 1894. Pada tahun 1894,Oscar Amudo yang lahir di Matanzas Cuba mulai menerapkan gigi geligi untuk penegakan hukum. Di Norwegia (1894) ditetapkan bahwa tim odontologi forensik terdiri maupun dari anggota kepolisian, seorang dokter yang biasanya ahli patologidan seorang dokter gigi.
 
Ilmi forensik yang diperaktekkan di Indonesia dibilang sangat tertinggal jika dibandingkan praktek forensik di Negara maju. Selain ahlinya belum banyak,sarana pendukungya juga tidak difasilitasi dengan baik oleh pemerintah. Banyak 
 
2
dokter yang memandang sebelah mata terhadap ilmu forensik. Sebagian karenabagian ini lebih banyak berkecimpung dengan mayat dengan kondisi yang sudahdingin dan membusuk, sebagian lagi karena menjadi dokter spesialis forensik tidak potensial untuk mendatangkan keuntungan materi dibandingkan dengan menjadispesialis lain.
 
Pada prinsipnya identifikasi adalah prosedur penentuan identits individu,baik hidup maupun mati, yang dilakukan melalui pembandingan berbagai data dariindividu yang diperiksa dengan data dari orang yang disangka sebagai individutersebut.Kebutuhan tentang perlunya rekam medis diseluruh dunia sebagai datayang sangat diperlukan dalam proses identifikasi pada awal abad 20 semakinberkembang dengan adanya akreditasi pelayanan kesehatan yang mendorongdidirikannya asosiasi-asosiasi perekam medis di setiap Negara. Akreditasipelayanan kesehatan dilakukan berdasarkan bukti-bukti tertulis proses pelayanankesehatan dan administrasi untuk dinilai.
 
Pencatatn rekaman medik perlu disosialisasikan keseluruh masyarakatIndonesia agar setiap individu mempunyai catatan rekaman medik gigi sehinggamemudahkan bila diperlukan sebagai salah satu sarana komunikasi antar doktergigi dalam proses identifikasi.
 
Memasuki era globalisasi dari pasar bebas dengan tingkat persaingan yangtajam diperlukan standar-standar yang dapat digunakan secara nasional yangberstandar internasinonal tetapi tetap memperhatikan kebutuhan-kebutuhan ataukeadaan di Indonesia. Perkembangan yang pesat dalam ilmu pengetahuan danteknologi terutama dibidang transportasi darat, laut, dan udara. Kini pidana ataucriminal yang dahulu tradisional berkembang menjadi kejahatan transnasional(antar-negara), seperti narkoba, terorisme, cyber crime, dan lain-lain.
 
Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah merambah keberbagai sektor termasuk kesehatan. Meskipun dunia kesehatan (medis) merupakanbidang yang bersifat information-intensive, akan tetapi adopsi teknologi informasi
 
3
relatif tertinggal. Di sisi yang lain, masyarakat menyadari bahwa teknologiinformasi merupakan salah satu hal penting dalam peradaban manusia untuk mengatasi (sebagian) masalah derasnya arus informasi. Teknologi informasi (dankomunikasi) saat ini adalah bagian penting dalam manajemen informasi. . Di duniamedis, dengan perkembangan pengetahuan yang begitu cepat (kurang lebih750.000 artikel terbaru di jurnal kedokteran dipublikasikan tiap tahun), dokter akancepat tertinggal jika tidak memanfaatkan berbagai hal untuk mengudapteperkembangan terbaru.
 
Rekam medis berbasis komputer (Computer based patient record) Salahsatu tantangan besar dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi dirumah sakit adalah penerapan rekam medis medis berbasis komputer. Pengertianrekam medis berbasis komputer bervariasi, akan tetapi, secara prinsip adalahpenggunaan database untuk mencatat semua data medis, demografis serta setiapevent dalam manajemen pasien di rumah sakit maupun di klinik. Rekam medisberbasis komputer akan menghimpun berbagai data klinis pasien baik yang berasaldari hasil pemeriksaan dokter, digitasi dari alat diagnosisi (EKG, radiologi, dll),konversi hasil pemeriksaan laboratorium maupun interpretasi klinis. Rekam medisberbasis komputer yang lengkap biasanya disertai dengan fasilitas sistempendukung keputusan (SPK) yang memungkinkan pemberian alert, reminder,bantuan diagnosis maupun terapi agar dokter maupun klinisi dapat mematuhiprotokol klinik.
 
Pada dasarnya rekam medis elektronik adalah penggunaan metodeelektronik untuk pengumpulan, penyimpanan, pengolahan serta pengaksesanrekam medis pasien di rumah sakit yang telah tersimpan dalam suatu sistemmanajemen basis data multimedia yang menghimpun berbagai sumber data medis.Jenis data rekam medis dapat berupa teks (baik yang terstruktur maupun naratif),gambar digital (jika sudah menerapkan radiologi digital), suara (misalnya suara jantung), video maupun yang berupa biosignal seperti rekaman EKG. Yangmenjadi pertanyaan adalah, mengapa proses adopsi inovasi RMD di Indonesia

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->