Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
119Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH KONSEP DIRI

MAKALAH KONSEP DIRI

Ratings: (0)|Views: 20,646|Likes:
Published by D'fc Neng Tyass

More info:

Published by: D'fc Neng Tyass on Jun 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/08/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUANA. Latar BelakangSalah satu penentu dalam keberhasilan perkembangan adalah konsep diri. Konsepdiri (Sel f conept) merupakan suatu bagian yang penting dalam setiap pembicaraantentang kepribadian manusia. Konsep diri merupakan hal yang utama yang perludipahami karena menyangkut pemahaman, keyakinan serta kepercayaan seseorang
tentang dirinya akan mempengaruhi hubungan dengan orang lain. „Konsep diri” semua
ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian yang diketahui dalam orang lain, termasuk persepsi individu akan sifat dan kemampuan, interaksi dengan pengalaman dan objek serta keinginannya.Konsep diri seseorang dinyatakan melalui sikap dirinya yang merupakanaktualisasi orang tersebut. Manusia sebagai organisme yang memiliki dorongan untuk berkembang yang pada akhirnya memnyebabkan iya sadar akan keberadaan dirinya.Perkembangan yang langsung tersebut kemudian membantu pembentukan konsep diriindividu yang bersangkutan. Perasaan induvidu bahwa ia tidak mempunyai kemampuanyang iya miliki. Padahal segala keberhasilan banyak bergantung pada cara individumemandang kualitas kemampuan yang dimiliki. Pandangan dan sikap negatif terhadapkualitas kemampuan yang dimiliki mengakibatkan individu memandang seluruh tugassebagai suatu hal yang sulit untuk dilakukan, maka dari itu sengatlah penting untuk seseorang perawat memahami konsep diri. Memahami diri sendiri terlebih dahulu barubisa memahami klien.B. Tujuan Pembelajaran.Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah memahami defenisi konsep diri,mamahami faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri, memahami komponen konsepdiri, memahami perkembangan konsep diri dan makna konsep diri secara utuh dankepentingannya bagi anak-anak,remaja,dewasa.C. Manfaat.Manfaat dari pembuatan makalah ini adalah :1.
 
Mengetahui pengetian konsep diri dan praktis dalam menumbuhkan konsep diri positif bagi anak-anak.
 
 2
2.
 
Konsep Diri merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan dalamkomunikasi antar pribadi.3.
 
Konsep diri mempunyai peranan penting dalam menentukan perilaku individu
 
 3
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
Pengertian Konsep Diri
Konsep diri merupakan konsep dasar yang perlu diketahui perawat untuk mengerti perilaku dan pandangan klien terhadap dirinya, masalahnya sertalingkungannya. Dalam memberikan asuhan keperawatan, perawat harus dapat meyakinibahwa klien adalah mahluk bio-psiko-sosio-spiritual yang uth dan unik sebagai satukesatuan dalam berinteraksi terhadap lingkungannya yang diperoleh melalui pengalamanyang unik dengan dirinya sendiri dan orang lain.Konsep diri juga merupakan ide, pikiran, perasaan, kepercayaan dan pendirianyang diketahui oleh individu dalam berhubungan dengan orang lain. Konsep diriberkembang secara bertahap dimulai dari bayi dapat mengenali dan membedakan oranglain. Proses yang berkesinambungan dari perkembangan konsep diri diluspengaruhi olehpengalaman interpersonal dal kultural yang memberikan perasaan positif, memahamikompetensi pada area yang bernilai bagi individu dan dipelajari melalui akumulasikontak-kontak sosial dan pengalaman dengan orang lain. Dalam merencanakan asuhankeperawatan yang berkualitas perawat dapat menganalisis respon individu terhadapstimulus atau stesor dari berbagai komponen konsep diri yaitu citra tubuh, idea diri, hargadiri, identitas dan peran. Dalam memberikan asuhan keperawatan ada lima prinsip yangharus diperhatikan yaitu memperluas kesadaran diri, mengagali sumber-sumber diri,menetapkan tujuan yang realistik serta bertanggung jawab terhadap tindakan.
 
(Suliswati,dkk,2005)Menurut para ahli :1. Stuart & Sundeen,1998 Konsep diri merupakan suatu pikiran, keyakinan, dankepercayaan yang membuat seseorang mengetahui siapa dirinya dan memengaruhihubungannya dengan orang lain.2. Sunaryo, 2004 Konsep diri merupakan Cara individu melihat pribadinya secarautuh,menyangkut aspek fisik,emosi, intelektual,sosial dan spritual, termasuk didalamnya persepsi individu tentang sifat dan potensi yang dimilikinya, interaksinyadengan orang lain dan lingkungan, nilai-nilai yang berkaitan dengan pengalaman danobjek tertentu, serta tujuan, harapan, dan keinginan individu itu sendiri.
 
(Wahit IqbalMubarak dan Nurul Chayatin,2008)

Activity (119)

You've already reviewed this. Edit your review.
Novia Paramitha added this note
novia
1 thousand reads
1 hundred reads
Qee Queen liked this
Qee Queen liked this
Qee Queen liked this
Qee Queen liked this
Qee Queen liked this
Qee Queen liked this
Qee Queen liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->