Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kenakalan Remaja Dalam Hal Mencontek

Kenakalan Remaja Dalam Hal Mencontek

Ratings: (0)|Views: 1,393|Likes:

More info:

Published by: Gani Gendut Gelindingan on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/21/2013

pdf

text

original

 
Kenakalan Remaja Dalam Hal Mencontek
Oleh:Sardan Afghani K2309068Pendidikan Fisika FKIP UNSLirik kanan, lirik kiri, tengok depan, tengok belakang, buka catatan kecil, lemparkertas kecil saat ujian atau yang biasa kita sebut dengan
 mencontek
sudah hal yanglazim di kalangan pelajar kita. Mencontek merupakan aktivitas curang dan termasuk bentuk kenakalan yang sering terjadi ketika dalam kelas sedang berlangsung ujian,ulangan, tes dan semacamnya. Hal tersebut dilakukan karena dengan alasan inginmendapatkan hasil atau nilai yang memuaskan atau mungkin karena situasi terjepit saatujian atau test di dukung dengan belum mempersiapkan test dengan belajar. Dan bisa jadi hal tersebut dilakukan karena rasa kurang percaya diri terhadap usahanya.Mencontek biasanya mulai lazim dilakukan pelajar ketika mereka menginjak sekolah menengah bahkan sampai mahasiswa. Pada usia ini atau menginjak remajabiasanya pola pikir kreatif mulai berkembang, di sekolah juga sudah mulaimendapatkan materi yang sulit untuk dipahami sedangkan mereka mulai malas untuk mempelajarinya. Mereka berusaha untuk mencari cara bagaimana mendapatkan nilaibagus tanpa harus belajar, yaitu dengan jalan mencontek. Pemikiran kreatif merekamenjadi tergiring pada hal negatif untuk mencari cara agar bisa mencontek dan tidak ketahuan.Padahal mencontek punya dampak buruk bagi pelakunya. Dampak buruk ini adayang langsung dirasakan akibatnya, tapi ada juga dampak yang sifatnya jangka panjang.Mencontek memiliki dampak buruk diantaranya yaitu:1.
 
Malas belajar
. Orang yang suka mencontek tidak akan punya motivasi belajar yangtinggi. Mereka justru semakin malas belajar dan mengandalkan contekan ketikamenghadapi ujian. Akibatnya sangat jelas, pelajar dan mahasiswa seperti inimungkin bisa dapat nilai bagus tapi pasti tidak bisa menguasai ilmu yangseharusnya mereka tahu.2.
 
Biasa bohong
. Mencontek memerlukan kebohongan untuk mensukseskan misinya.Orang yang biasa mencontek akan biasa pula berbohong. Mereka menjadi orang
 
yang terbiasa tidak jujur kepada diri sendiri dan orang lain. Tentu kebiasaan bohongini akan sangat berbahaya karena mereka bisa menjadi orang yang tidak dipercayaperkataan dan perbuatannya.3.
 
Menghalalkan segala cara
. Apapun akan dilakukan oleh orang yang biasamencontek. Mereka akan mencari segala macam cara agar bisa mencontek dengansukses. Cara halus dan kasar pun akan mereka lakukan. Bahayanya sikapmenghalalkan segala cara ini bisa menjadi kebiasaan.4.
 
Menular
. Ada yang mengibaratkan mencontek itu dengan penyakit yang bisamenular ke semua orang. Jika melihat teman sekelasnya bisa mencontek, tetanggakiri dan kanannya pun pasti akan mengikuti. Kebiasaan buruk ini pun menular danmenyebar ke seantero kelas. Bahkan bisa juga menular ke kelas lain.5.
 
Tidak percaya diri
. Tukang nyontek itu orang yang tidak percaya diri. Semakinsering dia mencontek, semakin berkurang rasa percaya dirinya untuk bisamengerjakan sendiri. Setiap orang sebenarnya memiliki kemampuan untuk menerima pelajaran. Sayangnya sebagian orang ada yang malas menggunakankemampuannya itu.Dampak buruk mencontek lebih besar dari itu sebenarnya. Perilaku mencontek dengan segala dampak buruknya bisa menjadi kebiasaan di luar sekolah atau kampus.Mereka akan menjadi orang yang malas, suka bohong, menghalalkan segala cara, tidak percaya diri dan menjadi contoh yang buruk bagi teman-temannya.Dampak menyontek bagi masa depan :1. Menjadikan generasi penerus pemalas.2. Memunculkan sikap tidak sportif dalam kompetisi.3. Menjadi bodoh walaupun nilai bagus /meningkatkan kebodohan.4. Mnurunan kualitas sumber daya manusia.5. Terbentuk kepribadian yang tidak jujur.6. Berdosa di hadapan Tuhan YME.Kemudian dalam cara menconteknya pun semakin lama semakin beragam dancanggih. Kalau di zaman dulu contekan hanya ditulis di kertas kecil atau di buat coretandi atas meja. Sekarang contekan cukup dikirim melalui sms. Bukan hanya ulangan
 
harian, semesteran bahkan ujian nasional pun tidak luput dari upaya contek mencontek.Parahnya lagi ditingkat mahasiswa, skripsi yang dibuat pun hasil mencontek.Berikut contoh cara-cara lama dan baru dalam mencontek:
1.
 
Mencontek dengan membuat catatan kecil
 Mencontek dengan cara ini adalah mencontek yang biasa digunakan sejak dulusampai sekarang. Dalam perkembangannya kerta tidak lagi jadi alternatif mediacatatan kecil, tapi bisa lewat bagian tubuh yang sering tetutup baju. Cara inimungkin yang paling baik dari cara mencontek yang lain karena setidaknya ketikamembuat catatan kecil ini dia juga ikut belajar.
2.
 
Mencontek dengan buku pelajaran atau catatan harian

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->