Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Askep Gastritis

Askep Gastritis

Ratings: (0)|Views: 772 |Likes:
Published by Hendri Ty
ASUHAN KEPERAWATAN GASTRITIS
ASUHAN KEPERAWATAN GASTRITIS

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Hendri Ty on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2013

pdf

text

original

 
hendritriyulianto@gmail.comperawatmasadepanku@blogspot.com | 1
ASUHAN KEPERAWATAN PADA TN. EDENGAN DX MEDIS GASTRITIS DI BANGSAL MAWAR IRSUD KARANGANYAR
Pengkajian dilakukan pada hari selasa tanggal 8 Mei 2007 jam 09.30 WIB dengan metodeautoanamnesa dan alloanamnesa serta dengan melihat status klien.
A.
 
Biodata
1.
 
Indentitas KlienNama : Tn. EUmur : 42 tahunJenis kelamin : Laki-lakiAlamat : Perum, Dosen, Jumok Pekerjaan : SwastaAgama : IslamStatus : KawinPendidikan terakhir : SMA2.
 
Identitas Penanggung JawabNama : Ny. AUmur : 38 tahunJenis kelamin : PerempuanAlamat : Perum, Dosen, Jumok Pekerjaan : -Agama : IslamStatus : KawinHubungan : IstriSumber biaya : Akses3.
 
Identitas MedisTanggal masuk : 8 Mei 2007, jam 04.00 WIBRM : 076626Dokter yang merawat : Dr. Ahmad BasukiDX. medis : Gastritis
B.
 
Riwayat Penyakit
1.
 
Riwayat Penyakit SekarangKlien mengatakan sudah dua bulan merasakan seperti ini dulu sudah pernah dibawakerumah sakit umum Karanganyar opname, sembuh lalu pulang pada malam harinya.Kambuh lagi dan saya dibawa kerumah sakit umum daerah Karanganyar, perut mual,kesemutan, kembung. TTV : TD = 120/80mmHg, S = 36
0
C, RR = 20 x/mnt, N = 98
 
hendritriyulianto@gmail.comperawatmasadepanku@blogspot.com | 2x/mnt. Saat dikaji klien mengatakan perut terasa sakit, sakit seperti ditusuk-tusuk, sakitbila untuk duduk dan berkurang bila untuk tidur, nyeri sampai kesemutan, bila nyeritimbul kesemutan, skala 4 semakin terasa perut juga terasa mual-mual, badan lemes dansulit tidur, nafsu makan menurun.2.
 
Riwayat Penyakit DahuluKlien mengatakan tidak ada riwayat penyakit terdahulu3.
 
Riwayat Penyakit KeluargaKlien mengatakan tidak ada penyakit menular atau penyakit turunan
C.
 
Pengkajian Pola Kesehatan Fungsional atau Pola Gordon
1.
 
Pola Persepsi Kesehatan dan Manajemen KesehatanKlien menyatakan bahwa kesehaan itu sangat penting, jika sakitnya kambuh, klienbiasanya pergi kedokter. Bila masuk angin atau flu, klien hanya membeli obat diwarung.Bila ada waktu senggang klien menggunakannya untuk istirahat. Menurut klien sehatadalah bisa bekerja seperti biasa, sedang untuk sakit adalah klien tidak bisa bekerja klienbiasanya habis ± ½ bungkus, klien tidak minum alkohol, klien tinggal diperumahan.2.
 
Pola Nutrisi Metabolik Klien menyatakan sebelum sakit biasanya klien biasanya makan 3x sehari denganmenu nasi, lauk, sayur, setelah sakit dan dirawat dirumah sakit. Klien tidak nafsu setiapkali makan, rasanya mual dan ingin muntah. Jatah makanan klien di RS hanya habis ¼porsi, BB klien 60 kg. Klien di rumah biasanya minum ±1500 cc/hari, tapi setelah sakitdan dirawat di rumah sakit, minumnya berkurang menjadi ± 1000 cc/hari. Dengan jenisminuman air putih dan teh, klien suka makan makanan yang berlemak dan sayur-sayuranhijau. Perut klien kembung, peristaltik usus = 40x/ menit.3.
 
Pola EliminasiKlien mengatakan sebelum sakit klien biasanya BAK 3-4x/hari dengan karakteristik URM jernih, setelah dirawat dirumah sakit BAK berkurang menjadi 2- 3x/hari. Unuk kebiasaan BAB 1x sehari dengan feses lunak, setelah sakit dan dirawat dirumah sakitklien mengatakan BAB 1x sehari dengan feses agak lembek.4.
 
Pola Akitivitas dan latihana.
 
Bernafas: Klien menyatakan tidak mempunyai riwayat penyakit yang berhubungandengan pernafasanb.
 
Sirkulasi: Klien mengatakan tidak mempunyai riwayat penyakit jantung TD=120/70mmHg, RR =36,5
0
C, N=98x/ menit, R=20x/menitc.
 
Aktivitas: Kien mengatakan sehari-hari klien bekerja sebagai wiraswasta. Waktusenggang digunakan klien untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga. Selamasakit untuk ADL klien terkadang dibantu orang lain atau skala tingkat ADL 2.ROM:
 
hendritriyulianto@gmail.comperawatmasadepanku@blogspot.com | 3- Bahu 180
0C
 - Siku 150
0
C- Pergelangan tangan 70
0
C- Tangan dan jari 90
0
CKekuatan otot 5 (100%) kekuatan normal, gerakan penuh melawan gravitasi danmelawan tahanan minimal.5.
 
Pola tidur dan istirahatKlien menyatakan sebelum sakit biasanya sehari tidur ± 8 jam. Klien juga tidak pernah menggunakan obat sedatif/ obat tidur. Selama sakit klien mengatakan sudah 2 hariini tidak bisa tidur karena perut sakit, selama di RS klien mendapatkan obat tidur daridokter tetapi tetap saja tidak bisa tidur6.
 
Pola persepsi Kognitif Klien mengatakan kurang begitu tahu tentang penyakitnya hanya tahu sakit perut saja,karena sebelum mondok kali ini, klien pernah diopname. Klien menyatakan sudah 2bulan ini merasakan penyakitnya itu. Klien biasa menggunakan bahasa Jawa dalamaktifitas sehari-hari, ingatan klien baik. Kien mengatakan perut terasa sakit sepertiditusuk-tusuk, sakit bila untuk duduk untuk duduk dan berkurang bila untuk tidur, nyerisampai kesemutan, bila nyeri timbul kesemutan, skala 4.DO: Perut klien kembung, N = 90x/menit, R= 20x/menit7.
 
Pola Persepsi konsep diriKlien mengatakan bahwa sakitnya ini adalah cobaan dari Tuhan, Klien ingin segerasembuh, klien kooperatif dalam tindakan keperawatan;a.
 
Body image: Klien mengatakan menerima keadaannya saat ini.b.
 
Ideal diri : klien mengatakan harus cepat sembuh karena harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.c.
 
Harga diri: Kien tetap dihrmati meskipun klien sakitd.
 
Peran: Klien merasa seperti kepala keluarga yang baik e.
 
Identitas diri: klien sadar akan identitasnya sebagai seorang suami dan ayah bagianaknya.Postur tubuh klien tegak, tinggi cukup tidak tinggi sekali, ada respond an kontak matasaat dilakukan pengkajian.8.
 
Pola peran dan hubunganKlien mengatakan punya sebuah keluarga dengan 1 orang anak. Hubungan keluargabaik, begitu juga dengan lingkungan sekitar. Hubungan dengan perawat, dokter dan timkesehatan lainnya juga baik.9.
 
Pola seksualitas dan produksi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->