Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LANDASAN TEORI transportasi

LANDASAN TEORI transportasi

Ratings: (0)|Views: 602 |Likes:
Published by Hendi Narwandi

More info:

Published by: Hendi Narwandi on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/27/2013

pdf

text

original

 
6
BAB 2LANDASAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN
2.1 Transportasi2.1.1 Pengertian Transportasi
Menurut Wikipedia Indonesia, transportasi adalah pemindahan manusia ataubarang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana yangdigerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusiadalam melakukan aktifitas sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakankereta bawah tanah (
subway 
) dan taksi. Penduduk di negara maju jarang yang mempunyaikendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagaitransportasi mereka. Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara.Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udaramerupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.Menurut Abbas, (2003, p6), transportasi sebagai dasar untuk pembangunanekonomi dan perkembangan masyarakat serta pertumbuhan industrialisasi. Dengan adanyatransportasi menyebabkan, adanya spesialisasi atau pembagian pekerjaan menurutkeahlian sesuai dengan budaya, adat-istiadat, dan budaya suatu bangsa atau daerah.Pertumbuhan ekonomi suatu negara atau bangsa tergantung pada tersedianyapengangkutan dalam negara atau bangsa yang bersangkutan.Dalam transportasi kita melihat dua kategori yaitu :1.
 
Pemindahan bahan-bahan dan hasil-hasil produksi dengan menggunakanalat angkut.2.
 
Mengangkut penumpang dari suatu tempat ke tempat lain.
 
7
Dengan ini dapat disimpulkan bahwa definisi transportasi adalah kegiatanpemindahan barang (muatan) dan penumpang dari suatu tempat ke tempat lain. Dalamtransportasi terlihat ada dua unsur yang terpenting yaitu :a.
 
Pemindahan atau pergerakan
(movement) 
 b.
 
Secara fisik mengubah tempat dari barang (komoditi) dan penumpang ketempat lain
2.1.2 Pembagian Fungsi Transportasi
Di dalam mempelajari transportasi dapat kita golongkan atas dua bagian:1.
 
 Angkutan penumpangUntuk pengangkutan penumpang digunakan mobil atau kendaraan pribadidan alat angkut lainnya.2.
 
Selain mobil pribadi yang digunakan untuk mengangkut penumpang,digunakan pula kendaraan untuk angkutan umum seperti, bus, pesawatudara, kereta api, kapal laut, kapal penyeberangan dan pelayaran SamuderaLuar Negeri.Terutama untuk negara yang sedang membangun. Pengangkutan muatan lebihpenting dalam dunia bisnis dan perdagangan.
2.1.3 Faktor Penentu Pengembangan Transportasi
Menurut Hay dalam Nur Nasution (2004,p24-p25)terdapat beberapa faktor yangmempengaruhi perkembangan transportasi di masa akan datang seperti berikut:1.
 
Ekonomi Alasan ekonomi biasanya merupakan dasar dari dikembangkannya sistemtransportasi, dengan tujuan utama untuk mengurangi biaya produksi dan
 
8
distribusi serta untuk mencari sumber daya alam dan menjangkau pasaryang lebih luas.2.
 
Geografi Alasan dikembangkannya sistem transportasi pada awalnyaadalah untuk mengatasi keadaan alam setempat dan kemudian berkembang denganupaya untuk mendekatkan sumber daya dengan pusat produksi dan pasar3.
 
Politik  Alasan dikembangkannya suatu sistem transportasi secara politik adalahuntuk menyatukan daerah-daerah dan mendistribusikan kemakmuran keseluruh pelosok suatu negara tertentu4.
 
Pertahanan dan Keamanan Alasan dikembangkannya sistem transportasi dari segi pertahanan keamanannegara adalah untuk keperluan pembelaan diri dan menjaminterselenggaranya pergerakan dan akses yang cepat ke tempat-tempatstrategis, misalnya daerah perbatasan negara , pusat-pusat pemerintahan,atau instalasi penting lainnya5.
 
Teknologi Adanya penemuan-penemuan teknologi baru tentu akan mendorongkemajuan di keseluruhan sistem transportasi6.
 
KompetisiDengan adanya persaingan, baik antarmoda, maupun dalam bentuk lainnya,seperti pelayanan, material dan lain-lain, secara tidak langsung akanmendorong perkembangan sistem transportasi dalam rangka memberikanpilihan yang terbaik 

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Erik Keceng liked this
Admi Rizal liked this
Wiwit Trisnawati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->