Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pakan tokek

Pakan tokek

Ratings: (0)|Views: 225 |Likes:
Published by ryandisinfixtif

More info:

Published by: ryandisinfixtif on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2013

pdf

text

original

 
Pakan tokek 
Tokek adalah reptil yang juga bisa beradaptasi dari sisi makanan, bila berada di gedung tempatsarang burung maka tentu saja anak walet menjadi santapannya. Bila berada di pohon yang adasarang lebah maka madu menjadi minuman dan sekaligus makanan bermenu yang lezat. Tokek memang mudah untuk makan bila ditempatkan dikegelapan dan banyak temannya serta dalamkondisi seperti alami. Tokek memang mudah makan dan minum bila merasa nyaman dan amantempat yang ditempati. 
A. Makanan Tokek 
Makanan kesukaan tokek adalah laron, begitu sukanya tokek pada laron ini sehingga untuk memangsa laron tokek sampai rela turun ke tanah dimana banyak laron merayap. Memang laronhanya ada pada musim hujan awal saja, selebihnya laron udah amat sulit dijumpai oleh tokek.Selain laron, makanan kesukaan tokek bisa berbagai macam serangga dan bisa juga anak burungatau memangsa nyamuk dan lain sebagainya. Sebenarnya tokek bisa memangsa apa saja, misalanak katak, jengkerik, walang, kroto, ulat dan sebagainya, termasuk kecoak namun dianjurkan jangan diberi kecoak bisa menyebabkan kurang baik pada tokek maupun bila sesudah memakankecoak dan menggigit manusia maka akan berakibat buruk.Tokek makan pada waktu malam, dengan menggunakan penglihatannya dan lompatan serta lidahyang bisa menangkap mangsanya. Namun sebaliknya bila siang hari tokek bukan makan tapimenerkam sesuatu yang bergerak dan seolah menyerang dirinya.
 Bisnis Dan Budidaya Tokek 
 
 
a. Pakan yang mudah didapat
Penting untuk diperhatikan apabila memberikan makanan pada tokek yaitu, berilah makanan yangmudah didapat atau mudah dibeli, misal jengkerik. Dan juga perlu diperhatikan bahwa janganmemberi makanan yang berbeda-beda sehingga tokek malas makan dan menjadi manja dan mintayang enak-enak saja. Misal diberi ulat bambu. 
b. Banyaknya Pakan Yang Diberikan
Per hari tokek diberi makan sebanyak 3 gram jengkerik atau setara 8 ekor jengkerik. Pilih jengkerik yang masih clondo atau belum keluar sayap. 
c. Waktu Pemberian Pakan
Waktu yang tepat untuk memberi makan pada tokek yaitu pada waktu malam pk 8.00 dan pukul3.00 pagi. Saat inilah tokek perlu makanan atau sedang mencari makan. Tokek mulai aktif saatmatahari tenggelam, namun belum mencari makanan tapi mencari sesama tokek untuk  bercengkerama atau saling berkomunikasi lewat suaranya yang cukup menggema. Tokek bisadiberi makan 2 kali yaitu pk 8 malam dan 3 pagi atau diberi makan 3 kali, yaitu pk. 8 malam, pk 11malam dan pk 3 pagi.
 Bisnis Dan Budidaya Tokek 
 
d. Cara Menyiapkan Pakan
Tokek paling menyukai laron, sebab itu kita harus menyiapkan jengkerik sehingga berbentuk seperti laron, caranya ambil seekor jengkerik lalu buanglah kedua kaki belakang jengkerik, nahsekarang jengkerik seperti laron bentuknya. Untuk itu perlu diperhatikan saat membeli jengkerik,selain masih clondo atau masih kecil dan juga pilih jengkerik yang berwarna merah dan harap jangan memberi jengkerik warna hitam. Jengkerik yang sudah dibuang kakinya dan berbentuk laron bisa ditempatkan ditempat pakan didepan papan. 
B. Air Minum
Tokek pada umumnya tahan tidak minum. Namun tidak ada salahnya bila diberi persediaan air 
 
minum. Selain agar cepat gemuk juga mencegah kematian akibat mogok makan karena beradadikandang yang tidak mengenakkan itu.Untuk memberi minum sebenarnya cukup air biasa saja, biasakan tokek meminum air tanpadimasak dulu. Selain air biasa, bisa juga diberi air kelapa dan air gula arenCara memberikan minum bisa ditaruh ditempat minum atau disemprotkan didekat mulutnya. Namun yang paling benar adalah biarlah tokek meminum sendiri. 
C. Vitamin
Untuk supaya lebih segar dan semangat. Agar lebih nyaman dan tokek terlihat alami dan lincahmaka bisa diberi minyak ikan, susu cair yang masih segar, madu, udang kecil atau ebi dan bisa juga sayuran seperti jagung muda dan wortel yang diiris kecil-kecil. Selain itu bisa diberi maduyang asli dari lebah, atau susu yang asli dari sapi dan bukan sudah dijadikan bubuk atau susu kental pabrikan.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
1 thousand reads
Alvin Ghifari liked this
Hilda Nafc liked this
Wawan Ngakak liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->