Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Ratings: (0)|Views: 121 |Likes:

More info:

Published by: Muhammad Fakhri Murad on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2012

pdf

text

original

 
1 | Hak dan Kewajiban Warga Negara
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang Masalah
Berdirinya suatu Negara tidak lepas dari adanya wilayah,pemerintah, serta warga Negara. Dari masa ke masa mulai dari masakerajaan, penjajahan, hingga kemerdekaan kemudian dimulai dari era ordelama, orde baru, hingga reformasi masalah hak dan kewajiban warga Negarasangat diperhitungkan. Hal-hal yang menyangkut hak serta kewajiban wargaNegara berpengaruh pada eksistensi, persatuan, serta kedaulatan suatuNegara.Bicara mengenai kewarganegaraan tentunya tidak lepas dari asas-asas dari kewarganegaraan itu sendiri. Asas Ius Sanguine maupun Ius Soliserta asas
bipatride
dan
apatride
sempat menjadi permasalahan klasik diIndonesia. Perlunya mahasiswa mengetahui hak dan kewajiban warga Negaraserta aspek-aspek yang mendukung hak kewajiban tersebut sehinggatersusunlah makalah ini.
B.
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa yang dimaksud dengan warga Negara, penduduk dan apa kaitannyadengan Negara?2.
 
Apa dan bagaimana asas-asas kewarganegaraan di Indonesia?3.
 
Apa itu pewarganegaraan?4.
 
Bagaimana sejarah kewarganegaraan di Indonesia?5.
 
Seperti apa hak dan kewwajiban warga Negara menurut UUD 1945?6.
 
Apa yang dimaksud dengan bela Negara?
C.
 
Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui lebih jauh mengenai hak dan kewajiban warga Negara, asas-asas kewarganegaraan,pewarganegaraan, sejarah kewarganegaraan di Indonesia, hingga pada upayabela Negara, serta untuk memenuhi tugas akhir dari Mata Kuliah PendidikanKewarganegaraan.
 
2 | Hak dan Kewajiban Warga Negara
D.
 
Manfaat
Makalah ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiranmengenai hak dan kewajiban warga Negara serta pengaplikasian dari UUD1945 mengenai hak dan kewajiban warga Negara.
E.
 
Sistematika
Sistematika makalah dibagi dalam beberapa bab dan tiap babdibagi menjadi sub bab, yakni sebagai berikut:Bab I Pendahuluan, bab ini diuraikan latar belakang masalah, rumusanmasalah, tujuan, manfaat, dan sistematika penulisanBab II Landasan TeoriBab III Penutup, berisi simpulan
 
3 | Hak dan Kewajiban Warga Negara
BAB IILANDASAN TEORIA.
 
Pengertian Warga Negara dan Penduduk
Syarat-syarat utama berdirinya suatu Negara merdeka adalah harusmemiliki wilayah tertentu, ada rakyat yang mendiami secara tetap wilayahtersebut, da nada pemerintah yang berdaulat. Ketiga syarat tersebutmerupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan ketika suatu Negaradikatakan merdeka. Tidak mungkin suatu Negara berdiri tanpa ada wilayahdan rakyat yang tetap, namun bila Negara itu tidak memiliki kedaulatanpemerintah secara nasional, maka Negara itu belum dapat disebut sebagaiNegara merdeka.Di dalam sebuah Negara terdapat sebutan warga Negara,penduduk, orang asing, rakyat, dan masyarakat. Kesemua hal tersebutmemiliki objek yang sama tetapi status dan maknanya berbeda. WargaNegara adalah orang yang menetap di suatu wilayah tertentu danberhubungan dengan Negara. Dalam hubungan antara warganegara danNegara, warganegara memiliki kewajiban-kewajiban terhadap Negara dansebaliknya warganegara juga mempunyai hak-hak yang harus diberikan dandilindungi oleh Negara.
Di dalam UUD 1945 pasal 26 ayat 1,”yang menjadi
warga Negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orangbangsa lain yang disahkan oleh undang-
undang sebagai warga Negara.”.
seseorang yang memiliki status warga Negara mempunyai hubungan yangtidak terputus dengan negaranya meskipun ia bertempat tinggal di luar negeri.Orang asing merupakan orang warga Negara lain yang berdomisilidi Indonesia dengan status jelas (legal) dan/atau orang yang tinggal diIndonesia tetapi memiliki status kewarganegaraan yang tidak jelas (illegal).
Pengertian penduduk menurut UUD 1945 pasal 26 ayat 2 “Penduduk ialah
warga Negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di
Indonesia”. Dari pasal tersebut dapat di
simpulkan bahwa penduduk mencakup setiap orang yang berdomisili di Indonesia. Warga Negara

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->