Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah pancasila

makalah pancasila

Ratings: (0)|Views: 38 |Likes:
Published by Agam Widhi Susilo

More info:

Published by: Agam Widhi Susilo on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2012

pdf

text

original

 
1
BAB I
 
PENDAHULUAN1.1. Latar Belakang
 Setiap penjajahan di dunia tidak ada yang dibenarkan karena padadasarnya penjajahan adalah perampasan terhadap hak asasi manusia atasbangsa yang dijajah. Indonesia pernah dijajah oleh 4 bangsa yaitu: portugis,Belanda, Inggris dan Jepang. Seluruh rakyat Indonesia dari berbagai suku dangolongan berjuang untuk bebas dari penjajah termasuk didalamnya kaumguru. Sebagian dari mereka turut berjuang digaris depan membela merah-putih dan sebagiannya lagi bersama massa mendirikan dapur umum danpersiapan makanan untuk para pejuang.
1.2. Rumusan Masalah
 
Mengetahui sejarah singkat lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia
 
Apa saja asas-asas PGRI?
 
Tujuan dan fungsi PGRI
 
Misi dan Visi PGRI
1.3 Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas yang diberikanoleh dosen pembimbing mata kuliah Pancasila Kewarganegaraan dan untuk memahami makna dari pancasila sila ke 3 agar dapat diwujudnyatakan dalamkehidupan sehari-hari.
 
2
BAB IIPEMBAHASAN2.1 Sejarah Lahirnya PGRI
PGRI lahir pada 25 November 1945. PGRI diawali dengan namaPersatuan Guru Hindia Belanda(PGHB)TAHUN 1912, kemudian berubahmenjadi Persatuan Guru Indonesia(PGI) tahun 1932.Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang dan sekolahditutup, PGI tidak dapat lagi melakukan aktivitas. Semangat proklamasi 17Agustus 1945 menjiwai penyelenggaraan kongres guru Indonesia pada tanggal24-25 November 1945 di Surakarta melalui kongres ini segala organisasi dankelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan lingkungan pekerjaan,lingkungan daerah, politik, ras, agama dan suku dihapuskan. Pada tanggal 25November 1945 dalam kongres tersebut mereka semua menyatakan bersatudalam wadah PGRI.PGRI tetap setia dalam pengabdiannya sebagai organisasiketenegakerjaan yang bersifat unitaristik dan independen. Untuk itulah sebagaipenghormatan kepada guru, pemerintah RI dengan Keputusan Presiden No 78tahun 1994 menetapkan hari lahir PGRI tanggal 28 November sebagai hariguru nasional dan diperingati setiap tahun.
2.2 Asas-Asas PGRI
Dalam menjalankan tugasnya setelah dibentuk secara resmi tentunyaPGRI memiliki asas-asas diantaranya sebagai:
 
Pancasila dan UUD 1945PGRI adalah organisasi yang mengutamakan prinsip kejuanganyang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
 
Unitaristik PGRI tidak membedakan anggota berdasarkan pada agama, ras,suku, latar belakang pendidikan, tempat, pengabdian, jenis kelamin,keadaan ekonomi, sosial dan budaya.
 
3
 
IndependenPGRI merupakan organisasi profesi yang mandiri dengan prinsipmenjamin kerjasama atas dasar kemitra sejajaran dengan pihak manapun,saling menghormati, berdiri diatas semua golongan.
 
ProfesionalPGRI merupakan organisasi profesi, ketenagakerjaan danperjuangan yang menjunjung tinggi profesionalitas, obyektifitas, danberorientasi kepada peningkatan mutu secara berkelanjutan bagiorganisasi dan anggotanya.
 
Non partai politik PGRI bukan organisasi politik dan bukan merupakan bagian daripartai politik manapun. PGRI memberikan kebebasan kepada anggotanyadalam menyalurkan aspirasinya tanpa meninggalkan asas dan jati diriPGRI.
 
PerjuanganPGRI sebagai organisasi perjuangan mengemban amanat Pancasiladan UUD 1945, cita-cita proklamasi yang dilandasi semangat dan nilai-nilai UUD 1945 dengan penuh rasa tanggung jawab menegakkan danmelaksanakan secara aktif dan perwujudan cita-cita bangsa Indonesia.
 
KebermanfaatanPGRI adalah organisasi yang harus memberikan manfaat sebesar-sebesarnya bagi organisasi anggota, massa, dan Negara serta tidak merugikan dan menganggu hak dan kepentingan pihak lain.
 
Kebersamaan dan KekeluargaanPGRI adalah organisasi yang menumbuhkan sikap salingmenghargai, memahami, menghormati, serta tenggang rasa.
 
Kesetiakawanan SosialPGRI adalah organisasi yang menumbuhkan sikap empati, simpati,kepekaan dan solidaritas sosial terhadap anggota dan massa.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->