Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
30Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN PENDAHULUAN

LAPORAN PENDAHULUAN

Ratings: (0)|Views: 1,432 |Likes:
Published by Husna Sugiarto

More info:

Published by: Husna Sugiarto on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUANASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DENGAN HIPOSPADIA
A.
 
Definisi
Hipospadia berasal dari dua kata yaitu “hypo” yang berarti “di bawah” dan“spadon“ yang berarti keratan yang panjang.
Hipospadia adalah suatu kelainan bawaancongenital dimana meatus uretra externa terletak di permukaan ventral penis dan lebih keproksimal dari tempatnya yang normal (ujung glans penis). (Arif Mansjoer, 2000 : 374).
 
Menurut referensi lain, hipospadia adalah suatu kelainan bawaan berupa lubang uretrayang terletak di bagian bawah dekat pangkal penis. (Ngastiyah, 2005 : 288). Hipospadiaadalah kelainan
congenital
berupa muara uretra yang terletak di sebelah ventral penis dansebelah proksimal ujung penis. Letak meatus uretra bisa terletak pada glandular hinggaperineal. ( Purnomo, B, Basuki,2003).Hipospadia adalah suatu keadaan dimana lubang uretra terdapat di penis bagianbawah, bukan di ujung penis. Hipospadia merupakan kelainan kelamin bawaan sejak lahir.
 
Hipospadia sering disertai kelainan bawaan yang lain, misalnya pada skrotum dapatberupa undescensus testis, monorchidism, disgenesis testis dan hidrokele. Pada penisberupa propenil skrotum, mikrophallus dan torsi penile, sedang kelainan ginjal dan ureterberupa fused kidney, malrotasi renal, duplex dan refluk ureter.
B.
 
Etiologi
Penyebabnya sebenarnya sangat multifaktor dan sampai sekarang belum diketahuipenyebab pasti dari hipospadia. Namun, ada beberapa faktor yang oleh para ahli dianggappaling berpengaruh antara lain :
 
1. Gangguan dan ketidakseimbangan hormoneHormone yang dimaksud di sini adalah hormone androgen yang mengatur organogenesiskelamin (pria). Atau biasa juga karena reseptor hormone androgennya sendiri di dalamtubuh yang kurang atau tidak ada. Sehingga walaupun hormone androgen sendiri telahterbentuk cukup akan tetapi apabila reseptornya tidak ada tetap saja tidak akanmemberikan suatu efek yang semestinya. Atau enzim yang berperan dalam sintesishormone androgen tidak mencukupi pun akan berdampak sama.2. GenetikaTerjadi karena gagalnya sintesis androgen. Hal ini biasanya terjadi karena mutasi pada genyang mengode sintesis androgen tersebut sehingga ekspresi dari gen tersebut tidak terjadi.
 
Mekanisme genetik yang tepat mungkin rumit dan variabel. Penelitian lain adalah turunanautosomal resesif dengan manifestasi tidak lengkap. Kelainan kromosom ditemukan secarasporadis pada pasien dengan hipospadia.4. PrematuritasPeningkatan insiden hipospadia ditemukan di antara bayi yang lahir dari ibu dengan terapiestrogen selama kehamilan. Prematuritas juga lebih sering dikaitkan dengan hipospadia.
 
3. LingkunganBiasanya faktor lingkungan yang menjadi penyebab adalah polutan dan zat yang bersifatteratogenik yang dapat mengakibatkan mutasi.
C.
 
Epidemiologi
Hipospadia terjadi kurang lebih pada 1 dari 250 kelahiran bayi laki-laki di AmerikaSerikat. Pada beberapa negara insidensi hipospadia semakin meningkat. Laporan saat ini,terdapat peningkatan kejadian hipospadia pada bayi laki-laki yang lahir premature, keciluntuk usia kehamilan, dan bayi dengan berat badan lahir rendah. Hipospadia lebih seringterjadi pada kulit hitam daripada kulit putih, dan pada keturunan Yahudi dan Italia.
D.
 
Patofisiologi
Fusi dari garis tengah dari lipatan uretra tidak lengkap terjadi sehingga meatusuretra terbuka pada sisi ventral dari penis. Ada berbagai derajat kelainan letak meatus ini,dari yang ringan yaitu sedikit pergeseran pada glans, kemudian disepanjang batang penis,hingga akhirnya di perineum. Prepusium tidak ada pada sisi ventral dan menyerupai topiyang menutup sisi dorsal dari glans. Pita jaringan fibrosa yang dikenal sebagai chordee,pada sisi ventral menyebabkan kurvatura (lengkungan) ventral dari penis.Hipospadia terjadi dari pengembangan tidak lengkap uretra dalam rahim. Penyebabpasti cacat diperkirakan terkait dengan pengaruh lingkungan dan hormonal genetik (Sugar,
 
1995). Perpindahan dari meatus uretra biasanya tidak mengganggu kontinensia kemih.Namun, stenosis pembukaan dapat terjadi, yang akan menimbulkan obstruksi parsialoutflowing urin. Hal ini dapat mengakibatkan ISK atau hidronefrosis (Kumor, 1992).Selanjutnya, penempatan ventral pembukaan urethral bisa mengganggu kesuburan padapria dewasa, jika dibiarkan tidak terkoreksi (Jean Weiler Ashwill, 1997, p. 1)
E.
 
Manifestasi Klinis
1.
 
Glans penis bentuknya lebih datar dan ada lekukan yang dangkal di bagian bawahpenis yang menyerupai meatus uretra eksternus.2.
 
Preputium (kulup) tidak ada dibagian bawah penis, menumpuk di bagianpunggung penis.3.
 
Adanya chordee, yaitu jaringan fibrosa yang mengelilingi meatus danmembentang hingga ke glans penis, teraba lebih keras dari jaringan sekitar.4.
 
Kulit penis bagian bawah sangat tipis.5.
 
Tunika dartos, fasia Buch dan korpus spongiosum tidak ada.6.
 
Dapat timbul tanpa chordee, bila letak meatus pada dasar dari glans penis.7.
 
Chordee dapat timbul tanpa hipospadia sehingga penis menjadi bengkok.8.
 
Sering disertai undescended testis (testis tidak turun ke kantung skrotum).9.
 
Kadang disertai kelainan kongenital pada ginjal.10.
 
Pancaran air kencing pada saat BAK tidak lurus, biasanya kebawah, menyebar,mengalir melalui batang penis, sehingga anak akan jongkok pada saat BAK.11.
 
Pada Hipospadia grandular/ koronal anak dapat BAK dengan berdiri denganmengangkat penis keatas.12.
 
Pada Hipospadia peniscrotal/ perineal anak berkemih dengan jongkok.13.
 
Penis akan melengkung kebawah pada saat ereksi.
F.
 
Klasifikasi
Tipe hipospadia berdasarkan letak orifisium uretra eksternum/ meatus :1.
 
Tipe sederhana/ Tipe anterior (60-70%)Terletak di anterior yang terdiri dari tipe glandular dan coronal.Pada tipe ini, meatus terletak pada pangkal glands penis. Secara klinis, kelainan inibersifat asimtomatik dan tidak memerlukan suatu tindakan. Bila meatus agak sempit dapat dilakukan dilatasi atau meatotomi.2.
 
Tipe penil/ Tipe Middle (10-15%)Middle yang terdiri dari distal penile, proksimal penile, dan pene-escrotal.Pada tipe ini, meatus terletak antara glands penis dan skrotum. Biasanya disertai

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
fgunawati liked this
Berkat Ners liked this
Nela Fayza liked this
Muhamad Zamroni liked this
siska_marsiska liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->