Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
11Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Basis Kas vs Basis Akrual

Basis Kas vs Basis Akrual

Ratings: (0)|Views: 1,451|Likes:
Published by yulianti78

More info:

Published by: yulianti78 on Jun 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
Basis Kas vs Basis Akrual
 Acrual Basis merupakan salah satu konsep yang sangat penting dalam akuntansi. demikianpentingnya sehingga kita agak melupakan pembahasan mengenai Cash Basis. Padahal CashBasis tidak kalah pentingnya terutama dalam penyusunan Laporan Arus Kas.Acrual Basis mendasarkan konsepnya pada dua pilar, yaitu:Pertama, Pengakuan pendapatan,Saat pengakuan pendapatan pada accrual basis adalah pada saat perusahaan mempunyai hak untuk melakukan penagihan dari hasil kegiatan perusahaan. Dalam konsep accrual basis menjadihal yang kurang penting mengenai kapan kas benar-benar diterima. Makanya dalam accrual basiskemudian muncul adanya estimasi piutang tak tertagih, sebab penghasilan sudah diakui padahalkas belum diterima.Kedua,Pengakuan biaya,Saat pengakuan biaya dilakukan pada saat kewajiban membayar sudah terjadi. Sehingga dengankata lain, pada saat kewajiban membayar sudah terjadi, maka titik ini dapat dianggap sebagaistarting point munculnya biaya meskipun biaya tersebut belum dibayar. Dalam era bisnis dewasaini, perusahaan selalu dituntut untuk senantiasa menggunakan konsep accrual basis ini.Sedangkan Cash Basis juga mendasarkan konsepnya pada dua pilar tersebut:Pertama, Pengakuan pendapatan,Saat pengakuan pendapatan pada cash basis adalah pada saat perusahaan menerima pembayaransecara kas. Dalam konsep cash basis menjadi hal yang kurang penting mengenai kapanmunculnya hak untuk menagih. Makanya dalam cash basis kemudian muncul adanya metodepenghapusan piutang secara langsung dan tidak mengenal adanya estimasi piutang tak tertagih.Kedua, Pengakuan biaya,Saat pengakuan biaya dilakukan pada saat sudah dilakukan pembayaran secara kas. Sehinggadengan kata lain, pada saat sudah diterima pembayaran maka biaya sudah diakui pada saat itu juga. Untuk usaha-usaha tertentu masih lebih menggunakan cash basis ketimbang accrual basis,contoh : usaha relative kecil seperti toko, warung, mall (retail) dan praktek kaum spesialis seperti
 
dokter, pedagang informal, panti pijat (malah ada yang pakai credit card-tapi ingat credit carddikategorikan juga sebagai cash basis)
1.
 
PENGERTIAN LAPORAN ARUS KAS
 
Laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang berisi informasi aliran kas masukdan aliran kas keluar dari suatu perusahaan selama periode tertentu. Informasi inipenyajiannya diklasifikasikan menurut jenis kegiatan yang menyebabkan terjadinyaarus kas masuk dan kas keluar tersebut. Kegiatan perusahaan umumnya terdiri daritiga jenis yaitu, kegiatan operasional, kegiatan investasi serta kegiatan keuangan.
 
Kegiatan operasional untuk perusahaan dagang terdiri dari membeli barangdagangan, menjual barang dagangan tersebut serta kegiatan lain yang terkaitdengan pembelian dan penjualan barang. Untuk perusahaan jasa, kegiatanoperasional antara lain adalah menjual jasa kepada pelanggannya. Misalkan menjual jasa aeronautika dan non aaeronautika. Kegiatan ini akan mengakibatkan terjadinyauang masuk untuk pendapatan dan aliran uang keluar untuk biaya. Baik pendapatandan biaya yang terjadi telah dilaporkan dalam laporan laba rugi, namun besarnyapendapatan tersebut belum tentu sama dengan uang yang diterima karenaperusahaan umumnya menggunakan dasar akrual untuk mengakui pendapatan.Demikian halnya dengan biaya, biaya yang dilaporkan laba rugi belum tentu samadengan arus keluar untuk biaya tersebut.
 
Kegiatan investasi merupakan kegiatan membeli atau menjual kembali investasipada surat berharga jangka panjang dan aktiva tetap. Jika perusahaan membeliinvestasi/aktiva tetap akan mengakibatkan arus keluar dan jika menjualinvestas/aktiva tetap akan mengakibatkan adanya arus kas masuk ke perusahaan.
 
Kegiatan keuangan atau ada yang menyebutnya kegiatan pendanaan, adalahkegiatan menarik uang dari kreditor jangka panjang dan dari pemilik sertapengembalian uang kepada mereka.
 1.
 
BENTUK/METODE PENYAJIAN LAPORAN ARUS KAS
 
Terdapat dua bentuk penyajian laporan arus kas, yang pertama metode langsung danyang kedua metode tidak langsung. Perbedaan antara kedua metode terletak padapenyajian arus kas berasal dari kegiatan operasi. Dengan metode langsung, arus kasdari kegiatan operasional dirinci menjadi arus kas masuk dan arus kas keluar. Arus kasmasuk dan keluar dirinci lebih lanjut dalam beberapa jenis penerimaan atau
 
pengeluaran kas. Sementara itu dengan metode tidak langsung, arus kas dariopersional ditentukan dengan cara mengoreksi laba bersih yang dilaporkan di laporanlaba rugi dengan beberapa hal seperti biaya penyusutan, kenaikan harta lancar danhutang lancar serta laba/rugi karena pelepasan investasi. Berikut ini diberikan contohbentuk laporan arus kas dengan metode langsung dan metode tidak langsung.
 
Metode Langsung
 
PT ABC
 
LAPORAN ARUS KAS
 
UNTUK TAHUN YANG BERAKHIR 31 DESEMBER 2007
 
(dalam Rupiah)
 
Arus kas yang berasal dari kegiatan operasi :
 Kas yang diterima dari pelanggan 951.000Dikurangi :Kas untuk membeli persediaan555.200Kas untuk membayar biaya operasi259.800Kas untuk membayar biaya bunga 14.000Kas untuk membayar pajak 29.000858.000Aliran kas bersih dari kegiatan operasi 93.000
Aliran kas yang berasal dari kegiatan investasi:
 Kas masuk yang berasal dari penjualan investasi 75.000Kas keluar untuk membeli peralatan (157.000)(82.000)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->