Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kekerasan Pada Anak

Kekerasan Pada Anak

Ratings: (0)|Views: 106 |Likes:
Published by Lisna Wati

More info:

Published by: Lisna Wati on Jun 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2012

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Anak adalah tumpuan dan harapan orang tua. Anak jugalah yang akan menjadi penerusbangsa ini. Sedianya, wajib dilindungi maupun diberikan kasih sayang. Namun faktaberbicara lain. Maraknya kasus kekerasan pada anak sejak beberapa tahun ini seolahmembalikkan pendapat bahwa anak perlu dilindungi. Begitu banyak anak yang menjadikorban kekerasan keluarga, lingkungan maupun masyarakat dewasa ini.
Pasal 28b ayat 2 menyatakan bahwa “Setiap anak berhak atas kelangsungan hi
dup,
tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminas”.
Namun apakah pasal tersebut sudah dilaksanakan dengan benar? Seperti yang kita tahubahwa Indonesia masih jauh dari kondisi yang disebutkan dalam pasal tersebut.Berbagai jenis kekerasan diterima oleh anak-anak, seperti kekerasan verbal, fisik,mental maupun pelecehan seksual. Ironisnya pelaku kekerasan terhadap anak biasanya adalahorang yang memiliki hubungan dekat dengan si anak, seperti keluarga, guru maupun temansepermainannya sendiri. Tentunya ini juga memicu trauma pada anak, misalnya menolak pergi ke sekolah setelah tubuhnya dihajar ole gurunya sendiri.Kondisi ini amatlah memprihatinkan, namun bukan berarti tidak ada penyelesaiannya.Perlu koordinasi yang tepat di lingkungan sekitar anak terutama pada lingkungan keluargauntuk mendidik anak tanpa menggunakan kekerasan, menyeleksi tayangan televisi maupunmemberikan perlindungan serta kasih sayang agar anak tersebut tidak menjadi anak yangsuka melakukan kekerasan nantinya. Tentunya kita semua tidak ingin negeri ini dipimpinoleh pemimpin bangsa yang menyelesaikan kekerasan terhadap rakyatnya.
1.2 Ruang Lingkup Masalah
 
Penyebab Terjadinya Kekerasan terhadap Anak 
 
Jenis
 – 
Jenis Kekerasan yang diterima Anak 
 
Solusi Mencegah terjadinya Kekerasan pada Anak 
1.3 Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah seluruh kalangan masyarakat Indonesia khususnya
“Orang Tua” mampu mendidik anak tanpa perlu menggunakan kekerasan apapun tanpa
terkecuali. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan perhatian dan kasih sayang
 
2
kepada si “Anak” agar nant
inya dia tidak melakukan kekerasan. Uraian tersebut akan dibahaslebih lanjut pada
“BAB 2 Pembahasan”
 
 
3
BAB IIPEMBAHASAN2.1 Definisi
Kekerasan terhadap anak dalam arti kekerasan dan penelantaran adalah semua bentuk perlakuan menyakitkan secara fisik maupun emosional, pelecehan seksual, penelantaran,eksploitasi komersial atau eksploitasi lain yang mengakibatkan cidera atau kerugian nyataataupun potensial terhadap kesehatan anak, kelangsungan hidup anak, tumbuh kembang anak atau martabat anak yang dilakukan dalam konteks hubungan tanggung jawab, kepercayaan, ataukekuasaan. Sementara pengertian menurut UU Perlindungan Anak pasal 13 yang dimaksudkekerasan terhadap anak adalah diskriminasi, eksploitasi baik fisik maupun seksual,penelantaran, kekejaman, kekerasan, dan penganiayaan, ketidakadilan, dan perlakuan salahlainnya.
Kekerasan merupakan tindakan agresi dan pelanggaran (penyiksaan,pemukulan, pemerkosaan, dan lain-lain) yang menyebabkan atau dimaksudkan untuk menyebabkan penderitaan atau menyakiti orang lain, dan hingga batas tertentu tindakanmenyakiti binatang dapat dianggap sebagai kekerasan, tergantung pada situasi dan nilai-
nilai sosial yang terkait dengan kekejaman terhadap binatang. Istilah “kekerasan” juga
mengandung kecenderungan agresif untuk melakukan perilaku yang merusak. Kerusakanharta benda biasanya dianggap masalah kecil dibandingkan dengan kekerasan terhadaporang.
2.2 Penyebab Terjadinya Kekerasan terhadap Anak
Ada banyak faktor kenapa terjadi kekerasan terhadap anak :a.
 
Lemahnya pengawasan orang tua terhadap anak dalam menonton tv, bermain dll. Halini bukan berarti orang tua menjadi diktator/over protective, namun maraknyakriminalitas di negeri ini membuat perlunya meningkatkan kewaspadaan terhadaplingkungan sekitar.b.
 
Anak mengalami cacat tubuh, gangguan tingkah laku, autisme, terlalu luguc.
 
Kemiskinan keluarga (banyak anak).d.
 
Keluarga pecah (Groker Home) akibat perceraian, ketiadaan Ibu dalam jangkapanjang.e.
 
Keluarga yang belum matang secara psikologis, ketidak mampuan mendidik anak,anak yang tidak diinginkan (Unwanted Child)atau anak lahir diluar nikah.f.
 
Pengulangan sejarah kekerasan orang tua yang dulu sering memperlakukan anak-anaknya dengan pola yang sama

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->