Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
7Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Ruang Parkir Pada Rumah Sakit Harapan Bunda Di Seutui

Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Ruang Parkir Pada Rumah Sakit Harapan Bunda Di Seutui

Ratings: (0)|Views: 1,968|Likes:
Published by AlBer MEt

More info:

Published by: AlBer MEt on Jun 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/16/2013

pdf

text

original

 
 Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Ruang Parki
ANALISIS KARAKTERISTIK DANKEBUTUHAN RUANG PARKIR PADA RUMAHSAKIT HARAPAN BUNDA DI SEUTUI
Mahasiswa
Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Banda AcehEmail: cool_albar@yahoo.com
Abstrak: Peningkatan jumlah aktivitas terutama di Rumah Sakit Harapan Bunda,membutuhkan adanya fasilitas parkir yang memadai. Saat ini belum ada kajianmengenai karakteristik dan perhitungan standar kebutuhan ruang parkir padaRumah Sakit tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisiskarakteristik dan kebutuhan ruang parkir pada Rumah Sakit Harapan Bunda. Datayang diperlukan meliputi data primer yang diperoleh dari survai lapangandigunakan untuk memperoleh karakteristik parkir dan data sekunder yangdiperoleh dari manajemen pihak rumah sakit digunakan untuk menganalisisstandar kebutuhan ruang parkir.Kata kunci : Karakteristik parkir, kebutuhan ruang parkir.
 
 Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Ruang Parki
I. PENDAHULUANA. Latar Belakang
Rumah Sakit Harapan Bunda yang terletak di Stui, merupakan salah saturumah sakit yang ramai dikunjungi oleh masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya,sehingga perlu adanya standar kebutuhan parkir. Dengan masalah parkir diatasmaka perlu adanya penelitian/survei bagaimana karakteristik parkir di rumahsakit. Dengan adanya identifikasi tersebut diharapkan dalam penataan parkir masamendatang akan lebih baik, yang selanjutnya akan berguna untuk perencanaanpenempatan area parkir. Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah masalahkurangnya lahan parkir kendaraan. Areal parkir sebagai prasarana dalam sistemtransportasi harus dapat menunjang aktivitas-aktivitas yang terjadi karena masalahparkir sangat erat kaitannya dengan peraturan lalulintas.Parkir sendiri memerlukan ruang, baik itu ruang untuk bergerak maupununtuk berhenti. Dengan demikian parkir yang menempati ruas jalan akanberpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas, hal tersebut dapat dilihat denganterhambatnya pergerakan kendaraan yang menyebabkan arus lalu lintas disepanjang jalan terganggu sehingga menimbulkan kemacetan pada ruas jalantersebut.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik parkir kendaraan diRumah Sakit Harapan Bunda. Karakteristik tersebut meliputi : volume parkir,akumulasi parkir, kapasitas tempat parkir, indeks parkir.
 
 Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Ruang Parki
II. TINJAUAN PUSTAKA1. Karakteristik Parkir
Karakteristik parkir dimaksudkan sebagai sifat-sifat dasar yang memberikanpenilaian terhadap pelayanan parkir dan permasalahan parkir yang terjadi padalokasi studi. Berdasarkan karakteristik parkir, akan dapat diketahui kondisiperparkiran yang terjadi pada lokasi studi seperti mencakup volume parkir,akumulasi parkir, lama waktu parkir, angka pergantian parkir, kapasitas parkir,penyedian ruang parkir dan indeks parkir.
2. Volume Parkir
Volume parkir adalah jumlah kendaraan yang termasuk dalam beban parkir(yaitu jumlah kendaraan per perode waktu tertentu, biasanya perhari) (hobbs,1997). Rumus yang sigunakan untuk menghitung volume parkir adalah :
Volume
= Nin + X (
kendaraan
)Keterangan:Nin : Jumlah kendaraan yang masuk.X : Kendaraan yang sudah ada sebelum waktu survai.
3. Kapasitas Parkir
Kapasitas ruang parkir merupakan kemampuan maksimum ruang tersebutdalam menampung kendaraan. Rumus yang digunakan untuk menghitungkapasitas parkir adalah:KP
=
 
Keterangan:KP : Kapasitas parkir (kendaraan/jam).S : Jumlah total stall/petak resmi.D : Rata-rata lama parkir (jam/kendaraan).

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nico Ekasaputra liked this
Muhammad Shabil liked this
Vito Ramadhan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->