Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hakikat Karya Ilmiah

Hakikat Karya Ilmiah

Ratings: (0)|Views: 42 |Likes:
Published by Baharuddin Laspan

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Baharuddin Laspan on Jun 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2012

pdf

text

original

 
Hakikat Karya IlmiahKarya ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalahsecara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur, dengan menggunakan bahasa baku, sertadidukung oleh fakta, teori, dan atau bukti-bukti empirik.Tujuan penulisan karya ilmiah, antara lain untuk menyampaikan gagasan, memenuhi tugas dalamstudi, untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan, serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.Karya ilmiah dapat berfungsi sebagai rujukan, untuk meningkatkan wawasan, sertamenyebarluaskan ilmu pengetahuan. Bagi penulis, menulis karya ilmiah bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, berlatih mengintegrasikan berbagai gagasandan menyajikannya secara sistematis, memperluas wawasan, serta memberi kepuasan intelektual,di samping menyumbang terhadap perluasan cakrawala ilmu pengetahuan.Ciri- Ciri Karya Ilmiah:1. Empiris: informasi yang disampaikan bersifat faktual yang diperoleh berdasarkan hasil pengamatan, kajian pustaka, penelitian.2. Sistematis: adanya keteraturan, keterkaitan, dan ketergantungan antarbagian3. Objektif: bebas dari prasangkan perorangan/pribadi4. Analitis: berusaha membeda-bedakan pokok soalnya ke dalam bagian yang lebih rinci.5. Verifikatif: mengandung kebenaran ilmiah yang dapat diujiMacam-macam Karya Ilmiah:1. Artikel ilmiah: karya tulis yang dirancang untuk dimuat di jurnal atau buku kumpulan artikel,ditulis dengan tatacara ilmiah, dan disesuai dengan konvensi ilmiah yang berlaku. Artikel dapatdipilah menjadi dua (a) artikel hasil penelitian, dan (b) artikel nonpenelitian.2. Makalah ilmiah: karya tulis yang memuat hasil pemikiran tentang masalah, disusun secarasistematis dan runtut, dan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah dibedakan menjadi dua(a) makalah teknis, dan (b) makalah nonteknis3. Laporan Penelitian: karya tulis yang berisi paparan proses dan hasil penelitianSikap ilmiah:Secara umum dapat disimpulkan bahwa sikap adalah suatu kesiapan yang senantiasa cenderunguntuk berprilaku atau bereaksi dengan cara tertentu bilamana diperhadapkan dengan suatu masalahatau obyek.Menurut Baharuddin (1982:34) mengemukakan bahwa :”Sikap ilmiah pada dasarnya adalah sikapyang diperlihatkan oleh para Ilmuwan saat mereka melakukan kegiatan sebagai seorang ilmuwan.Dengan perkataan lain kecendrungan individu untuk bertindak atau berprilaku dalam memecahkansuatu masalah secara sistematis melalui langkah-langkah ilmiah.Beberapa sikap ilmiah dikemukakan oleh Mukayat Brotowidjoyo (1985 :31-34) yang biasadilakukan para ahli dalam menyelesaikan masalah berdasarkan metode ilmiah, antara lain :• Sikap ingin tahu : apabila menghadapi suatu masalah yang baru dikenalnya,maka ia berusahamengetahuinya, senang mengajukan pertanyaan tentang obyek dan peristiwa, kebiasaanmenggunakan alat indera sebanyak mungkin untuk menyelidiki suatu masalah, memperlihatkan
 
gairah dan kesungguhan dalam menyelesaikan eksprimen.• Sikap kritis : Tidak langsung begitu saja menerima kesimpulan tanpa ada bukti yang kuat,kebiasaan menggunakan bukti – bukti pada waktu menarik kesimpulan, Tidak merasa paling benar yang harus diikuti oleh orang lain, bersedia mengubah pendapatnya berdasarkan bukti-bukti yangkuat.• Sikap obyektif : Melihat sesuatu sebagaimana adanya obyek itu, menjauhkan bias pribadi dantidak dikuasai oleh pikirannya sendiri. Dengan kata lain mereka dapat mengatakan secara jujur danmenjauhkan kepentingan dirinya sebagai subjek.• Sikap ingin menemukan : Selalu memberikan saran-saran untuk eksprimen baru, kebiasaanmenggunakan eksprimen-eksprimen dengan cara yang baik dan konstruktif, selalu memberikankonsultasi yang baru dari pengamatan yang dilakukannya.• Sikap menghargai karya orang lain: Tidak akan mengakui dan memandang karya orang lainsebagai karyanya, menerima kebenaran ilmiah walaupun ditemukan oleh orang atau bangsa lain.• Sikap tekun : Tidak bosan mengadakan penyelidikan, bersedia mengulangi eksprimen yanghasilnya meragukan, tidak akan
 Karya ilmiah
adalah sebuah tulisan yang berisi tentang serangkaian hasil pemikiran seseorang.Karya ilmiah biasanya diuraikan dalam bentuk laporan tertulis yang isinya memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim sesuai ketentuanyang berlaku.Pernyataan ilmiah yang harus kita gunakan dalam tulisan harusmencakup beberapa hal, yaitu :1. Harus dapat kita identifikasikan orang yang membuat pernyataantersebut.2. Harus dapat kita identifikasikan media komunikasi ilmiah di mana pernyataan disampaikan apakah dalam makalah, buku, seminar,lokakarya dan sebagainya.3. Harus dapat diindentifikasikan lembaga yang menerbitkan publikasiilmiah tersebut beserta tempat domisili dan waktu penerbitan itudilakukan. Sekiranya publikasi ilmiah tersebut tidak diterbitkan makaharus disebutkan tempat, waktu dan lembaga yang melakukan kegiatantersebut.Hal-hal yang harus ada dalam karya ilmiah antara lain:1. Karya tulis ilmiah memuat gagasan ilmiah lewat pikiran dan alur pikiran.2. Keindahan karya tulis ilmiah terletak pada bangun pikir dengan unsurunsur yang menyangganya.3. Alur pikir dituangkan dalam sistematika dan notasi.4. Karya tulis ilmiah terdiri dari unsur-unsur: kata, angka, tabel, dan gambar,yang tersusun mendukung alur pikir yang teratur.5. Karya tulis ilmiah harus mampu mengekspresikan asas-asas yang terkandungdalam hakikat ilmu dengan mengindahkan kaidah-kaidah kebahasaan.6. Karya tulis ilmiah terdiri dari serangkaian narasi (penceritaan), eksposisi(paparan), deskripsi (lukisan) dan argumentasi (alasan).
 Hal-hal yang harus ada dalam karya ilmiah antara lain:
1. Karya tulis ilmiah memuat gagasan ilmiah lewat pikiran dan alur pikiran.
 
2. Keindahan karya tulis ilmiah terletak pada bangun pikir dengan unsur-unsur yangmenyangganya.3. Alur pikir dituangkan dalam sistematika dan notasi.4. Karya tulis ilmiah terdiri dari unsur-unsur: kata, angka, tabel, dan gambar,yang tersusun mendukung alur pikir yang teratur.5. Karya tulis ilmiah harus mampu mengekspresikan asas-asas yang terkandungdalam hakikat ilmu dengan mengindahkan kaidah-kaidah kebahasaan.6. Karya tulis ilmiah terdiri dari serangkaian narasi (penceritaan), eksposisi(paparan), deskripsi (lukisan) dan argumentasi (alasan).
Ciri-ciri dari karya ilmiah, diantaranya sebagai berikut:
- Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihankata/istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.- Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata gantiorang pertama atau kedua.- Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagianinti (pokok pembahasan), dan bagian penutup.- Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiahmengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuatdalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak.
Sikap Ilmiah
a. Sikap Ingin Tahu
: apabila menghadapi suatu masalah yang baru dikenalnya,maka ia beruasahamengetahuinya; senang mengajukan pertanyaan tentang obyek dan peristiea; kebiasaanmenggunakan alat indera sebanyak mungkin untuk menyelidiki suatu masalah; memperlihatkangairah dan kesungguhan dalam menyelesaikan eksprimen.
b. Sikap Kritis
: Tidak langsung begitu saja menerima kesimpulan tanpa ada bukti yang kuat,kebiasaan menggunakan bukti – bukti pada waktu menarik kesimpulan; Tidak merasa paling benar yang harus diikuti oleh orang lain; bersedia mengubah pendapatnya berdasarkan bukti-bukti yangkuat.
c. Sikap obyektif 
: Melihat sesuatu sebagaimana adanya obyek itu, menjauhkan bias pribadi dantidak dikuasai oleh pikirannya sendiri. Dengan kata lain mereka dapat mengatakan secara jujur danmenjauhkan kepentingan dirinya sebagai subjek.
d. Sikap ingin menemukan
: Selalu memberikan saran-saran untuk eksprimen baru; kebiasaanmenggunakan eksprimen-eksprimen dengan cara yang baik dan konstruktif; selalu memberikankonsultasi yang baru dari pengamatan yang dilakukannya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->