Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Kerajinan Ukiran Kayu

Sejarah Kerajinan Ukiran Kayu

Ratings: (0)|Views: 1,096 |Likes:
Published by Nuno Sarmino

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Nuno Sarmino on Jun 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

 
,Seperti halnya jenis kerajinan lain, 
 mulai ada sejalan dengan perkembangan unsur-unsur seni daerah Riau, yaitu seiring dengantersebarnya agama Islam di Indonesia. Dalam perkembangannya dari masa ke masa,kemudian mendapat pengaruh yang sangat kuat dari sisitem tempatan.
Kerajinan anyaman sesungguhnya sudah merupakan adattradisi bagi orang
 Melayu Riau
dan sudah dikenal sejakberabad yang lalu, terwariskan secaraturun temurun samapai saat ini. Di 
 dikenal beberapa kerajinan anyaman, yaituanyaman pandan, anyaman bambu, dan anyaman rotan. Kerajinan anyaman ini bermula untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, serta kelengkapan upacara-upacara adat dilingkungan masyarakat. Barang-barang anyaman ini adalah untuk dipergunakan sendiri dantidak untuk diperjual belikan.
 
 
KERAJINAN TOPENG CIREBON
Topeng CirebonTopeng Cirebon merupakan salah satu kesenian asli daerah Cirebon termasuk  wilayah disekitar Cirebon seperti Indramayu dan Jatibarang. Karena penarinya menggunakantopeng Cirebon pada saat menari, maka tarian ini disebut tari topeng cirebon. Salah satuperangkat tarian yaitu berupa topeng Cirebon ini sendiri banyak sekali jenisnya sertamengalami perkembangan. Termasuk dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingindisampaikan. Tari topeng cirebon ini bisa dilakukan perorangan atau dimainkan bersamadengan bebrapa penari.
SEJARAH KERAJINAN KERAMIK PLERED
 
Plered adalah nama daerah di kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dengan luas wilayah sekitar97.172 Ha. Sejarah Plered tidak lepas dari sejarah keramik dan perjuangannya. WilayahPlered, Cirata, Gandasoli dan Citalang termasuk kota atau desa yang tua di KabupatenPurwakarta. Sejarah Plered dan keramik sudah ada sejak jaman Neolitikum. Pada jamantersebut, sudah ada penduduk yang berdatangan ke daerah Cirata menyusuri sungai Citarum.
 
KERAJINAN BATIK INDONESIA
Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaanMajapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa. Dalam beberapa catatan,pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram,kemudian pada masa kerjaan Solo dan Yogyakarta.
 
Jadi kesenian batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerjaan Majapahit danterus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya. Adapun mulaimeluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya sukuJawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkanialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal barusetelah perang dunia kesatu habis atau sekitar tahun 1920. Adapun kaitan denganpenyebaran ajaran Islam. Banyak daerah-daerah pusat perbatikan di Jawa adalahdaerah-daerah santri dan kemudian Batik menjadi alat perjaungan ekonomi olehtokoh-tokoh pedangan Muslim melawan perekonomian Belanda.
 
Sebagaimana yang kita tahu, kerajinan merupakan salah satu dari hasil UKM yang palingdiandalkan untuk keperluan ekspor. Kebanyakan kerajinan dipengaruhi oleh herritage yangmerupakan warisan budaya dari suatu masyarakat setempat. Misalnya saja kerajinan batik.Meskipun sama-sama disebut batik, namun antara batik dari suatu daerah dengan daerah lainmemiliki corak yang berbeda-beda. Semua in tergantung warisan dari msyarakat setempatterdahulu.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
efriyadi60 liked this
Shinta Veronica liked this
Rizky Ananda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->