Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hand out

Hand out

Ratings: (0)|Views: 1,263|Likes:
Published by Fadhila El Husna

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Fadhila El Husna on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/10/2013

pdf

text

original

 
11
PENGEMBANGAN BAHAN AJARA.
 
Pengertian1.
 
Pengertian Sumber Belajar
Sumber belajar ditetapkan sebagai informasi yang disajikan dandisimpan dalam berbagai bentuk media, yang dapat membantu siswa dalambelajar sebagai perwujudan dari kurikulum. Bentuknya tidak terbatas apakahdalam bentuk cetakan, video, format perangkat lunak atau kombinasi dariberbagai format yang dapat digunakan oleh siswa ataupun guru.Sadiman mendefinisikan sumber belajar sebagai segala sesuatu yangdapat digunakan untuk belajar, yakni dapat berupa orang, benda, pesan,bahan, teknik, dan latar (Sadiman, Arief S., Pendayagunaan TeknologiInformasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran, makalah, 2004)Menurut Association for Educational Communications and Technology(AECT, 1977), sumber belajar adalah segala sesuatu atau daya yang dapatdimanfaatkan oleh guru, baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan,untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitasdan efisiensi tujuan pembelajaran.Dengan demikian maka sumber belajar juga diartikan sebagai segalatempat atau lingkungan sekitar, benda, dan orang yang mengandung informasidapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan prosesperubahan tingkah laku.Dari pengertian tersebut maka sumber belajar dapat dikategorikansebagai berikut:1.
 
Tempat atau lingkungan alam sekitar yaitu dimana saja seseorang dapatmelakukan belajar atau proses perubahan tingkah laku maka tempat itudapat dikategorikan sebagai tempat belajar yang berarti sumber belajar,misalnya perpustakaan, pasar, museum, sungai, gunung, tempatpembuangan sampah, kolam ikan dan lain sebagainya.
 
22
2.
 
Benda yaitu segala benda yang memungkinkan terjadinya perubahantingkah laku bagi peserta didik, maka benda itu dapat dikategorikansebagai sumber belajar. Misalnya situs, candi, benda peninggalan lainnya.3.
 
Orang yaitu siapa saja yang memiliki keahlian tertentu di mana pesertadidik dapat belajar sesuatu, maka yang bersangkutan dapat dikategorikansebagai sumber belajar. Misalnya guru, ahli geologi, polisi, dan ahli-ahlilainnya.4.
 
Bahan yaitu segala sesuatu yang berupa teks tertulis, cetak, rekamanelektronik, web, dll yang dapat digunakan untuk belajar.5.
 
Buku yaitu segala macam buku yang dapat dibaca secara mandiri olehpeserta didik dapat dikategorikan sebagai sumber belajar. Misalnya bukupelajaran, buku teks, kamus, ensiklopedi, fiksi dan lain sebagainya.6.
 
Peristiwa dan fakta yang sedang terjadi, misalnya peristiwa kerusuhan,peristiwa bencana, dan peristiwa lainnya yang guru dapat menjadikanperistiwa atau fakta sebagai sumber belajar.Sumber belajar akan menjadi bermakna bagi peserta didik maupun guruapabila sumber belajar diorganisir melalui satu rancangan yangmemungkinkan seseorang dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar.Jika tidak maka tempat atau lingkungan alam sekitar, benda, orang, dan ataubuku hanya sekedar tempat, benda, orang atau buku yang tidak ada artinyaapa-apa.
2.
 
Pengertian Bahan Ajar
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.Bahan ajar atau teaching-material, terdiri atas dua kata yaitu teachingatau mengajar dan material atau bahan.
 
33
Melaksanakan pembelajaran diartikan sebagai proses menciptakan danmempertahankan suatu lingkungan belajar yang efektif. Paul S. Ache lebihlanjut mengemukakan tentang material yaitu: Books can be used as referencematerial, or they can be used as paper weights, but they cannot teach. Bukudapat digunakan sebagai bahan rujukan, atau dapat digunakan sebagai bahantertulis yang berbobot.Dalam website Dikmenjur dikemukakan pengertian bahwa, bahan ajarmerupakan seperangkat materi/substansi pembelajaran (teaching material)yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensiyang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan bahan ajarmemungkinkan siswa dapat mempelajari suatu kompetensi atau KD secararuntut dan sistematis sehingga secara akumulatif mampu menguasai semuakompetensi secara utuh dan terpadu.Lebih lanjut disebutkan bahwa bahan ajar berfungsi sebagai:a.
 
Pedoman bagi Guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalamproses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yangseharusnya diajarkan kepada siswa.b.
 
Pedoman bagi Siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalamproses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yangseharusnya dipelajari/dikuasainya.c.
 
Alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.Pendapat lain mengatakan sebagai berikut:
They are
 the information,equipment and text for instructors
that are required for planning and review upon training implementation. Text and training equipment areincluded in the teaching material.( Anonim dalam Web-site)
Bahan ajarmerupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktor untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Phy liked this
Eka Yusmaita liked this
Ajir Muhajir liked this
aryan221007 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->