Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
1Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Klasifikasi Materi

Klasifikasi Materi

Ratings: (0)|Views: 61 |Likes:
Published by Fadhila El Husna

More info:

Published by: Fadhila El Husna on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/12/2013

pdf

text

original

 
Klasifikasi Materi
1.
 
Fakta
yaitu segala hal yang bewujud kenyataan dan kebenaran, meliputi nama-nama objek, peristiwa sejarah, lambang, nama tempat, nama orang, nama bagianatau komponen suatu benda, dan sebagainya2.
 
Konsep
yaitu segala yang berwujud pengertian-pengertian baru yang bisa timbulsebagai hasil pemikiran, meliputi definisi, pengertian, ciri khusus, hakikat, inti /isidan sebagainya.
 
3.
 
Prinsip
yaitu berupa hal-hal utama, pokok, dan memiliki posisi terpenting,meliputi dalil, rumus,
adagium
,
 postulat 
, paradigma, teorema, serta hubunganantarkonsep yang menggambarkan implikasi sebab akibat.4.
 
Prosedur
merupakan langkah-langkah sistematis atau berurutan dalammengerjakan suatu aktivitas dan kronologi suatu sistem
.
5.
 
Sikap atau Nilai
merupakan hasil belajar aspek sikap, misalnya nilai kejujuran,kasih sayang, tolong-menolong, semangat dan minat belajar dan bekerja, dsb.Untuk semua jenjang pendidikan, materi pembelajaran matematika meliputi(Ebbutt dan Straker, 1995):1.
 
Fakta (facts),
meliputi informasi, nama, istilah dan konvensi2.
 
Pengertian (concepts),
meliputi membangun struktur pengertian, perananstruktur pengertian, konservasi, himpunan, hubungan pola,urutan, model, operasi,dan algoritma.3.
 
Keterampilan penalaran,
meliputi memahami pengertian, berfikir logis,memahami contoh negatif, berpikir deduksi, berpikir sistematis, berpikirkonsisten, menarik kesimpulan, menentukan metode, membuat alasan, danmenentukan strategi.4.
 
Keterampilan algoritmik
, meliputi : mengikuti langkah yang dibuat orang lain,membuat langkah secara informal, menentukan langkah, menggunakan langkah,menjelaskan langkah, mendefinisikan langkah sehingga dapat dipahami oranglain, membandingkan berbagai langkah, dan menyesuaikan langkah.
 
5.
 
Keterampilan menyelesaikan masalah
matematika (problem-solving) meliputi:memahami pokok persoalan, mendiskusikan alternatif pemecahannya, memecahpersoalan utama menjadi bagian-bagian kecil, menyederhanakan persoalan,menggunakan pengalaman masa lampau dan menggunakan intuisi, untuk menemukan alternatif pemecahannya, mencoba berbagai cara, bekerja secarasistematis, mencatat apa yang terjadi, mengecek hasilnya dengan mengulangkembali langkah-langkahnya, dan mencoba memahami persoalan yang lain.6.
 
Keterampilan melakukan penyelidikan (investigation
), meliputi:mengajukan pertanyaan dan menentukan bagaimana memperolehnya, membuatdan menguji hipotesis, menentukan informasi yang cocok dan memberipenjelasan mengapa suatu informasi diperlukan dan bagaimanamendapatkannya, mengumpulkan dan menyusun serta mengolah informasi secarasistematis, mengelompokkan criteria, mengurutkan dan membandingkan;mencoba metode alternatif, mengenali pola dan hubungan; dan menyimpulkan.
 
Uraian Materi Matematika SMP Kelas VIII
Mata Pelajaran : MatematikaKelas/Semester : VIII/1Ruang Lingkup : AljabarStandar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, danpersamaan garis lurusNo. Kompetensi Dasar Uraian Materi1.1. Melakukan operasialjabar1.1.1.
 
Contoh-contoh Bentuk Aljabar12x
2
 
 – 
9x
 – 
8y + 2xy - 4x
2
+ 5y + 9 (
 Fakta
)1.1.2.
 
Konsep-konsep Dasar Bentuk Aljabar
 
VariabelVariabel adalah lambang pengganti suatubilangan yang belum diketahui nilainyadengan jelas. Variabel disebut juga peubah.Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil a, b, c, ... z. (
 Konsep
)
 
KonstantaKonstanta dalah suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel disebut konstanta. (
 Konsep
)
 
KoefisienKoefisien pada bentuk aljabar adalah faktorkonstanta dari suatu suku pada bentuk aljabar.(
 Konsep
)
 
SukuSuku adalah variabel beserta koefisiennyaatau konstanta pada bentuk aljabar yangdipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->