Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan Dan Metode

Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan Dan Metode

Ratings: (0)|Views: 547 |Likes:
Published by Fadhila El Husna

More info:

Published by: Fadhila El Husna on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2013

pdf

text

original

 
JENIS-JENIS PENELITIAN
Secara garis besar, penelitian dapat dibedakan dari beberapa aspek di antaranya yaituaspek tujuan, aspek metode, dan aspek bidang kajian.
A.
 
Berdasarkan Tujuan
Klasifikasi bentuk penelitian berdasarkan aspek tujuan yaitu:
1.
 
Penelitian Dasar
Suatu bentuk penelitian dikatakan penelitian dasar apabila para peneliti yangmelakukan penelitian mempunyai tujuan perluasan ilmu dengan tanpa memikirkan padapemanfaatan hasil penelitian tersebut untuk manusia maupun masyarakat. Penelitian inibanyak dilakukan oleh negara-negara maju yang memang tidak mempunyai masalahdengan dengan dana pendidikan maupun dana penelitian. Hasil penelitian mungkinbelum dimanfaatkan saat ini tetapi mungkin sangat berguna untuk kehidupan yang lebihbaik dalam abad teknologi dan informasi di masa yang akan datang.
2.
 
Penelitian Terapan (
 Applied Research
)
Para peneliti dalam hal ini mengadakan penelitian atas dasar permasalahan yangsignifikan dan hidup di masyarakat sekitarnya. Tujuan utama para peneliti adalahpemecahan masalah dan hasil penelitian dapat dimanfaatkan untuk kepentinganmanusia, baik secara individual maupun secara kelompok maupun keperluan industryatau pengusaha dan bukan untuk wawasan keilmuan. Hasil dari penelitian ini berupa jawaban yang nyata dan dapat dirasakan oleh masyarakat yang bersangkutan.
B.
 
Berdasarkan Metode
Klasifikasi bentuk-bentuk penelitian berdasarkan aspek metode yang digunakanyaitu:
1.
 
Penelitian deskriptif 
Penelitian deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuanmendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat
 
populasi tertentu, atau mencoba menggambarkan fenomena secara detail (Lehmann-1979). Isaac dan Michael (1980) menyatakan bahwa tujuan penelitian deskriptif adalah:
to describe systematically the facts and characteristics of a given population or area of inte
rest”.
 Pada penelitian ini, para peneliti berusaha menggambarkan kegiatan penelitianyang dilakukan pada objek tertentu secara jelas dan sistematis. Penelitian deskriptif disebut juga penelitian praeksperimen karena dalam penelitian ini mereka melakukaneksplorasi, menggambarkan, dengan tujuan untuk dapat menerangkan dan memprediksiterhadap suatu gejala yang berlaku atas dasar data yang diperoleh di lapangan.Penelitian deskriptif hanya berusaha menggambarkan secara jelas dan sekuensialterhadap pertanyaan penelitian yang telah ditentukan sebelum para peneliti terjun kelapangan dan mereka tidak menggunakan hipotesis sebagai petunjuk arah atau
guide
 dalam penelitian.Ciri-ciri penelitian deskriptif yaitu:a)
 
Memusatkan pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang ataumasalah/kejadian yang actual dan berarti.b)
 
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi atau kejadian secara tepatdan akurat.Langkah-langkah pokok penelitian deskriptif yaitu:1)
 
Tentukan masalah atau bidang yang diamati dan rumuskan sub maslaah secara jelasdan terinci2)
 
Rumuskan secara jelas tujuan yang akan dicapai3)
 
Lakukan penelaahan kepustakaan yang tepat dan benar4)
 
Rumuskan metodologi penelitian antara lain:a)
 
Prosedur pengumpulan datab)
 
Pilih/susun alat/instrumen yang tepatc)
 
Populasi dan sampeld)
 
Pembakuan instrumene)
 
Latihan pengumpul data5)
 
Turun ke lapangan dalam rangka pengumpulan data6)
 
Analisis data7)
 
Penulisan laporan
 
Penelitian deskriptif mempunyai beberapa kelemahan di antaranya sebagaiberikut.a)
 
Topik atau masalah yang dipilih tidak diformulasikan secara jelas dan spesifik sehingga mengakibatkan kerancuan dalam perumusan hipotesis dan atau instrumen.b)
 
Data yang dikumpulkan lebih yang bersifat umum sehingga kurang mendukungmasalah khusus dalam penelitian itu.c)
 
Pengambilan sampel kurang sesuai dengan yang sebenarnya karena tidak memperhatikan tingkat kesalahan yang dapat ditolerir.d)
 
Teknik analisis yang dipakai kurang dirancang secara tepat dari permulaan, kadang-kadang ditentukan setelah data dikumpulan.e)
 
Kesahihan isi intrumen yang dipakai kurang mendapat perhatian dari para peneliti.
2.
 
Penelitian sejarah (
 historical research
)
Penelitian historis merupakan salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk merekonstruksi kembali secara sistematis, akurat, dan objektif kejadian atau peristiwayang terjadi di masa lampau dengan menggunakan pendekatan normatif daninterpretatif. Melalui tipe penelitian historis , peneliti membuat rekonstruksi masalampau dengan mengumpulkan, memverifikasi, dan menganalisa dan mensintesakanfakta-fakta yang ada dengan teliti sehingga memungkinkan gambaran yang tepat padamasa lampau memberikan latar masa sekarang dan persfetif masa yang akan datang.Apabila seseorang menggunakan tipe penelitian historis berarti ia melakukanpenyelidikan, penilaian, mensintesakan bukti-bukti, dan menetapkan lokasi-lokasisecara sistematik dan objektif untuk mendapatkan atau menetapkan fakta-fakta danmengambil kesimpulan yang tepat tentang objek yang telah terjadi di masa lampau.Dengan menggunakan tipe penelitian historis dimaksudkan agar:a.
 
Seseorang menyadari apa yang terjadi di masa lampau sehingga seseorang dapatbelajar dari kegagalan dan eberhasilan masa lampaunya.b.
 
Belajar bagaimana sesuatu dikerjakan di masa lampau dan melihat kemungkinanapakah hal itu masih merupakan suatu kepedulian dan masih dapat digunakandewasa ini.c.
 
Membantu seseorang dalam membuat prediksi.d.
 
Menguji hipotesis hubungan atau kecenderungan-kecenderungan.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Maya Puspita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->