Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Populasi Dan Sampel (Autosaved)

Populasi Dan Sampel (Autosaved)

Ratings: (0)|Views: 616|Likes:
Published by Fadhila El Husna

More info:

Published by: Fadhila El Husna on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2012

pdf

text

original

 
1
POPULASI DAN SAMPELA.
 
Pengertian Populasi dan Sampel1.
 
Populasi
Populasi merupakan totalitas semua nilai-nilai yang mungkin daripadakarakteristik tertentu sejumlah objek yang ingin dipelajari sifat-sifatnya. Bailey(1978) menyatakan populasi atau
universe
adalah jumlah keseluruhan dari unitanalisis. Spiegel (1961) menyatakan populasi adalah keseluruhan unit (yangtelah ditetapkan) mengenai dan darimana informasi yang diinginkan. Sax(1978) menyatakan bahwa populasi adalah keseluruhan manusia yang terdapatdalam area yang telah ditetapkan. Tuckman mengemukakan bahwa populasiatau target populasi adalah kelompok darimana peneliti mengumpulkaninformasi dan kepada siapa kesimpulan akan digambarkan.Populasi merupakan kelompok tertentu dari sesuatu (orang, benda,peristiwa, dan sebagainya) yang dipilih oleh peneliti yang hasil studinya ataupenelitiannya dapat digeneralisasikan terhadap kelompok tersebut. MenurutArikunto (1992:102), populasi adalah keseluruhan subjek penelitian.
Subjekpenelitian
adalah tempat variabel melekat.
Variabel penelitian
adalah objek penelitian. Contohnya penelitian terhadap prestasi belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah siswa krena siswa adalah tempat melekatnya variabel, danyang menjadi variabel penelitian atau objek penelitian adalah prestasi belajar.Siswa sebagai sumber data.Secara umum, beberapa karakteristik populasi adalah:a.
 
Merupakan keseluruhan dari unit analisis sesuai dengan informasi yang akandiinginkan.b.
 
Dapat berupa manusia/individu, hewan, tumbuh-tumbuhan, benda-benda,atau objek maupun kejadian-kejadian yang terdapat dalam suatu area/daerahtertentu yang telah ditetapkan.
 
2c.
 
Merupakan batas-batas yang mempunyai sifat-sifat tertentu yangmemungkinkan peneliti menarik kesimpulan dari keadaan itu.d.
 
Memberi pedoman kepada apa atau siapa hasil penelitian itu dapatdigeneralisasikan.Populasi dapat digolongkan dalam dua jenis, yaitu:a.
 
Populasi dengan jumlah terhingga (terbatas), artinya jumlah anggotanyatertentu atau dapat dihitung, seperti jumlah, siswa, jumlah mahasiswa, luassawah, dan sebaginya. Contoh: semua mahasiswa yang terdaftar mengambilsuatu mata kuliah tertentu.b.
 
Populasi dengan jumlah tak hingga (tak terbatas), artinya jumlah anggotanyasukar sekali ditentukan batasannya atau sulit dihitung jumlahny seperti tinta,air, pasir di pantai, padi di sawah, atau beras di gudang. Populasi tak terbatasdapat diubah menjadi populasi terbatas dengan mengubah unit satuannya.Berdasarkan wilayah sumber data, penelitian dapat dikelompokkan atastiga, yaitu:1)
 
Penelitian populasiPenelitian populasi biasanya dilakukan bila populasinya terhingga dansubjeknya tidak terlalu banyak. Penelitian populasi dilakukan apabilapeneliti ingin melihat semua liku-liku yang ada di dalam populasi. Olehkarena subjeknya meliputi semua yang terdapat di dalam populasi, maka juga disebut sensus.2)
 
Penelitian sampelJika kita hanya ingin meneliti sebagian dari populasi maka penelitian itudisebut penelitian sampel. Penelitian sampel dilakukan jika subjeknya terlalubanyak. Penelitian sampel baru boleh dilaksanakan apabila keadaan subjek di dalam populasi benar-benar homogen. Apabila subjek populasi tidak homogen, maka kesimpulannya tidak boleh diberlakukan bagi seluruhpopulasi (hasilnya tidak boleh digeneralisasikan).
 
33)
 
Penelitian kasusPenelitian kasus dilakukan jika penelitian bertujuan untuk mengkaji secaramendalam terhada suatu individu, suatu unit, atau suatu kasus.
2.
 
Sampel
Sax (1979:181) mengemukakan bahwa sampel adalah suatu jumlah yangterbatas dari unsur-unsur yang terpilih dari suatu populasi. Unsur-unsur tersebuthendaklah mewakili populasi. Warwick (1975:69) mengemukakan bahwasampel adalah sebagian dari suatu hal yang luas yang khusus dipilih untuk mewakili keseluruhan. Leedy (1980:111) mengemukakan bahwa sampel dipilihdengan hati-hati sehingga dengan cara demikian peneliti akan dapat melihatkarakteristik total populasi.Sampel adalah sebagian dari anggota populasi yang diteliti. Walaupunyang diteliti adalah sampel, hasil penelitian atau kesimpulan penelitian berlakuumtuk populasi atau kesimpulan penelitian digeneralisasikan terhadap populasi.Menggeneralisasikan adalah mengangkat kesimpulan penelitian dari sampelsebagai sesuatu yang berlaku bagi populasi. Oleh karena itu sampel haruslahreppresentatif atau dapat mewakili populasi. Menurut Arikunto (1992), kitaboleh mengadakan penelitian sampel bila subjek di dalam populasi benar-benarhomogen. Apabila subjek penelitian tidak homogen maka kesimpulannya tidak boleh diberlakukan bagi populasi.Ciri-ciri sampel yang baik:a.
 
Sampel dipilih dengan cara hati-hati, dengan menggunakan cara tertentudengan benarb.
 
Sampel harus mewakili populasi sehingga gambaran yang diberikanmewakili keseluruhan karakteristik yang terdapat pada populasi.c.
 
Besarnya ukuran sampel hendaklah mempertimbangkan tingkat kesalahansampel yang dapat ditolerir dan tingkat kepercayaan yang dapat diterimasecara statistik.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->