Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Interpretasi Data Dan Penarikan Kesimpulan Penelitian

Interpretasi Data Dan Penarikan Kesimpulan Penelitian

Ratings: (0)|Views: 2,255 |Likes:
Published by Fadhila El Husna

More info:

Published by: Fadhila El Husna on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

 
INTERPRETASI DATA DANPENARIKAN KESIMPULAN PENELITIANA.
 
Interpretasi Data
Penafsiran atau interpretasi merupakan pencarian pengertian yang lebihluas tentang penemuan-penemuan. Penafsiran data tidak dapat dipisahkan darianalisis data sehingga sebenarnya penafsiran merupakan aspek tertentu darianalisa dan bukan merupakan bagian yang terpisah dari analisa. Secara umum,penafsiran adalah penjelasan yang terperinci tentang arti yang sebenarnya darimateri yang dipaparkan.Data yang telah dibuat dalam bentuk tabel, misalnya perlu diberikanpenjelasan yang terperinci dengan cara:1.
 
Mendiskusikan tabel tersebut2.
 
Memberikan penafsiran terhadap data tersebut.Mendiskusikan atau membicarakan tabel berarti memaparkan datadengan sedikt lebih tangguh dan memberikan perhatian yang lebih tanggapterhadap perbedaan-perbedaan atau hubungan-hubungan yang menyolok dariangka-angka dalam tabel. Peneliti membuat referensi terhadap nomor tabelatau grafik, dan kemudian menjuruskan perhatian kepada kolom atau item-itempenting dalam tabel atau grafik tersebut. Peneliti ingin memusatkan perhatiankepada angka atau penjumlahan tertentu dan mencoba meyakinkan pembacatentang kecenderungan kelompok atau secara umum mengadakan analisaterhadap data yang dipresentasikan. Kerja tersebut disebut diskusi.Penelitian tidak cukup hanya mendiskusikan tabel, tetapi harus bertindak lebih jauh lagi yaitu peneliti harus memberikan penafsiran atau interpretasi.Memberikan interpretasi adalah memberikan arti yang lebih luas daripenemuan penelitian. Interpretasi itu mempunyai dua aspek yaitu:a.
 
Untuk menegakkan keseimbangan suatu penelitian, dalam artimenghubungkan hasil suatu penelitian dengan penemuan penelitian lainnya.
 
b.
 
Untuk membuat atau menghasilkan suatu konsep yang bersifatmenerangkan atau menjelaskan.Penafsiran juga dapat menghubungkan suatu penemuan studi eksploratif menjadi suatu hipotesa untuk suatu percobaan yang lebih teliti lainnya.Penafsiran juga berkehendak untuk membangun suatu konsep yang bersifatmenjelaskan.Penafsiran sangat penting kedudukannya dalam proses analisa datapenelitian, sehingga kualitas analisa dari seorang peneliti sangat bergantungdari kualitas penafsiran yang diturunkan oleh peneliti terhadap data.Stranger juga mengemukakan beberapa teknik menginterpretasikan hasilanalisis data kualitatif.1.
 
Memperluas analisis dengan mengajukan pertanyaan. Hasil analisismungkin masih miskin dengan makna, dengan pengajuan beberapapertanyaan hasil tersebut bisa dilihat maknanya. Pertanyaan dapat berkenaandengan hubungan atau perbedaan antara hasil analisis, penyebab, aplikasi,dan implikasi dari hasil analisis.2.
 
Hubungan temuan dengan pengalaman pribadi. Penelitian tindakan sangaterat kaitannya dengan pribadi peneliti. Temuan hasil analisis bisadihubungkan dengan pengalaman-pengalaman pribadi peneliti yang cukupkaya.3.
 
Minta nasehat dari teman yang kritis. Bila mengalami kesulitan dalammenginterpretasikan hasil analisis, mintalah pandangan kepada teman yangseprofesi dan memiliki pandangan kritis.4.
 
Hubungkan hasil-hasil analisis dengan literatur. Faktor eksternal yangmemiliki kekuatan dalam memberikan interpretasi selain teman, atau kalaumungkin ahli adalah literatur.5.
 
Kembalikan pada teori. Cara lain untuk menginterpretasikan hasil darianalisis data adalah hubungkan atau tinjaulah dari teori yang relevan denganpermasalahan yang dihadapi (Sukmadinata, 2006:157).
a.
 
Tujuan Penafsiran Data
 
Menurut Schaltzaman dan Starauss (1973:110-111, dalam Lexy. JMoleong), tujuan yang akan dicapai dalam penafsiran data ialah salah satudiantara tiga tujuan berikut: Deskripsi semata-mata, deskripsi analitik, atauteori substansif. Pada tujuan deskripsi semata-mata, analisis menerima danmenggunakan teori rancangan organisasional dan rancangan organisasionalyang telah ada dalam suatu disiplin. Dengan hasil analisis data, analisismenafsirkan data itu dengan jalan menemukan kategori-kategori (istilahmereka ialah classes, penulis) dalam data yang berkaitan dengan yangbiasanya dimanfaatkan dalam disiplin dalam cara bercakap. Atas dasar itupenulis menyusunnya dengan jalan mengghubungkan kategori-kategorinyake dalam rangka sistam kategori yang diperoleh dari data.Pada deskripsi analitik, rancangan organisasional dikembangkan darikategori-kategori yang ditemukan dan hubungan-hubungan yang disaranatau yang muncul dari data. Dengan demikian deskripsi baru yang perludiperhatikan dapat dicapai. Dengan pengembangan lebih lanjut menurutproses analitik, teri substantif akan menjadi kenyataan. Dengan kata lain,dalam penafsiran data tujuannya belum sepenuhnya mengarah padapenyususnan teori substantif.\ Pada penyusunan teori substantif, yang kedua dari cara di atas sudahada seccara implisit. Untuk memperoleh teori baru, yaitu teori dari dasar,analisis harus menampakkan metafora atau rancanga yang telah dikerjakandalam analisis. Kemudian ia mentransformasikan metafora itu ke dalambahasa disiplinnhya.
b.
 
Proses Umum Penafsiran Data.
Analisis data, seperti yang sudah dibahas pada tahap analisis data,telah dimulai sejak di lapangan. Dengan kata lain, sejak saat itu sudah adapenghalusan data, penyusunan kategori dengan kawasannya, dan sudah adaupaya yang dimulai dalam rangka penyusunan hipotesis, yaitu teorinyasendiri. Jadi, dalam hal ini analissi data itu terjalin secara terpadu denganpenafsiran data. Data ditafsirkan menjadi kategori yang berarti sudahmenjadi bagian dari teori dan dilengkapi dengan penyusunan hipotesis

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Zulfan Hattas liked this
dwi_a_2 liked this
Irma Hermawati liked this
MustikaSari liked this
MustikaSari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->