Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lp Tumor Abdomen

Lp Tumor Abdomen

Ratings: (0)|Views: 253 |Likes:
Published by Mahyuzar Lubis

More info:

Published by: Mahyuzar Lubis on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/11/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUANPADA PASIEN DENGAN TUMOR ABDOMENA. KONSEP DASAR1. Pengertian
a.Tumor adalah : merupakan kumpulan sel abdormal yang terbentuk oleh sel-sel yangtumbuh terus mennerus, tidak terbatas, tidak terkoordinasi dengan jaringandisekitarnya serta tidak berguna bagi tubuh. (Kusuma, Budi 2001)b. Tumor adalah : benjolan yang disebabkan oleh pertumbuhan sel dengan pertumbuhanyang terbatas dan lonjong. (E. Oswari, 2000)c. Tumor adalah : massa padat besar, meninggi dan berukuran lebih dari 2 cm. ( Carwin,Elizabeth.J. 2000)d. Tumor abdomen : merupakan massa yang padat dengan ketebalan yang berbeda-beda,yang disebabkan oleh sel tubuh yang mengalami transformasi dan tumbuh secaraautonom lepas dari kendali pertumbuhan sel normal, sehingga sel tersebut berbedadari sel normal dalam bentuk dan strukturnya. Secara patologi kelainan ini mudahterkelupas dan dapat meluas ke retroperitonium, dapat terjadi obstruksi ureter atauvena kava inferior. Massa jaringan fibrosis mengelilingi dan menentukan strukturyang di bungkusnya tetapi tidak menginvasinya.
2. Etiologi
Penyebab terjadinya tumor karena terjadinya pembelahan sel yang abnormal.Pembedaan sel tumor tergantung dari besarnya penyimpangan dalam bentuk dan fungsiaotonomnya dalam pertumbuhan, kemampuanya mengadakan infiltrasi dan menyebabkanmetastasis.Ada beberapa factor yang dapat menyebabkan terjadinya tumor antara lain:1) Karsinogen2) Hormone3) Gaya hidup, kelebihan nutrisi khususnya lemak dan kebiasaan makan makanan yangkurang berserat.4) Parasit : parasit schistososma hematobin yang mengakibatkan karsinomaplanoseluler.5) Genetic
 
6) Infeksi, trauma, hipersensitivitas terhadap obet-obatan.InsidenTumor adalah penyakit kedua setelah penyakit kardiovaskuler yang menyebabkankematian utama di Amerika Serikat. Lebih dari 496.000 orang Amerika meninggal akibatproses maligna, setiap tahunnya. Memperlihatkan frekuensinya, penyebab kematianakibat tumor di Amerika Serikat meliputi kanker paru, prostate, dan area kolorektal padapria dan pada tumor paru, payudara, dan area kolorektal pada wanita.(Smelstzer, SuzanneC.2001)
3. Patofisiologi
Tumor adalah proses penyakit yang bermula ketika sel abnormal di ubah oleh mutasiganetic dari DNA seluler, sel abnormal ini membentuk kolon dan berpopliferasi secarabnormal, mengabaikan sinyal mengatur pertumbuhan dalam lingkungan sekitar seltersebut.Sel-sel neoplasma mandapat energi terutama dari anaerob karenakemampuan sel untuk oksidasi berkurang, meskipun mempunyai enzim yang lengkapuntuk oksidasi.Susunan enzim sel uniform sehingga lebih mengutamakan berkembang biak yangmembutuhkan energi unruk anabolisme daripada untuk berfungsi yang menghasilkanenergi dengan jalan katabolisme.Jaringan yang tumbuh memerlukan bahan-bahan untuk membentuk protioplasmadan energi, antara lain asam amino. Sel-sel neoplasma dapat mengalahkan sel-sel normaldalm mendapatkan bahan-bahan tersebut.(Kusuma, Budi drg. 2001).Ketika dicapai suatu tahap dimana sel mendapatkan ciri-ciri invasi, dan terjadiperubahan pada jaringan sekitarnya. Sel-sel tersebut menginfiltrasi jaringan sekitar danmemperoleh akses ke limfe dan pembuluh-pembuluh darah, melalui pembuluh darahtersebut sel-sel dapat terbawa ke area lain dalam tubuh untuk membentuk metastase(penyebaran tumor) pada bagian tubuh yang lain.Meskipun penyakit ini dapat diuraikan secara umum seperti yang telah digunakan,namun tumor bukan suatu penyakit tunggal dengan penyebab tunggal : tetapi lebihkepada suatu kelompok penyakit yang jelas denagn penyebab, metastase, pengobatan danprognosa yang berbeda.(Smelstzer, Suzanne C.2001).
 
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->