Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Berfikir Kritis Dalam Dunia Keperawatan

Berfikir Kritis Dalam Dunia Keperawatan

Ratings: (0)|Views: 456|Likes:
Published by Gayuh Pratama

More info:

Published by: Gayuh Pratama on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/10/2012

pdf

text

original

 
Gana engga D.P 201010420311079BERFIKIR KRITIS DALAM DUNIA KEPERAWATAN
Pengertian Berpikir Kritis
 Berfikir kritis adalah suatu proses dimana seseorang atau individu dituntutuntuk menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi untuk membuat sebuahpenilaian atau keputusan berdasarkan kemampuan,menerapkan ilmu pengetahuan danpengalaman. ( Pery & Potter,2005).
Teknik Berpikir kritis
 Berpikir memiliki berbagai macam teknik, antara lain; berpikir austik, berpikirrealistic, berpikir kreatif dan berpikir evaluative.1.
 
Berpikir AustikPada saat melamun seseorang menghayal dan sering berfantasi memikirkansesuatu yang terkadang tidak sesuai dengan keadaan. Setiap orang pernah terlibatdengan cara ini, namun harus selalu terkendali. Oleh karena itu, berpikir austik seringdiidentikkan dengan melamun. Misalnya, seseorang yang berhayal ingin mempunyaipesawat terbang.2.
 
Berpikir RealisticBerpikir realistic dilakukan oleh seseorang saat menyesuaikan diri dengansituasi yang nyata. Pada berpikir realistic, seseorang melihat situasi nyata yang ada,kemudian langsung menarik suatu kesimpulan, selanjutnya direalisasikan padapenaglaman nyata. Hal ini disebut berpikir realistic induktif. Misalnya, pada kondisibangun kesiangan saat masuk kuliah pagi, seseorang akan memikirkan alternativeuntuk tidak bangun kesiangan. Selanjutnya, jika seseorang berpikir dengan melihatpengalaman sebelumnya, kemudian menarik suatu kesimpulan dari situasi yang ada,disebut berpikir realistis deduktif.3.
 
Berpikir Kreatif Berpikir kreatif dilakukan untuk menemukan sesuatu yang baru. Berpikir kreatif memerlukan stimulus atau rangsangan dari lingkungan yang dapat memicu seseorang
 
berkreativitas. Seseorang baru dikatakan berpikir kreatif jika ada perubahan ataumenciptakan sesuatu yang baru. Berpikir kreatif dilakukan berdasarkan manfaat atautujuan yang pasti, menyelesaikan dengan baik suatu masalah, dan menghasilkan ideyang baru atau menata kembali ide lama dalam bentuk baru.4.
 
Berpikir Evaluatif Pada saat seseorang berpikir evaluative, berarti ia mempelajari dan menilaibaik buruknya suatu keadaan, tepat tidaknya suatu gagasan , serta perlu tidaknyaperubahan suatu gagasan. Misalnya, ketika seseorang merencanakan membeli jasbaru, keuntungan dan kerugiannya, serta apakahtepat jika membeli jika kondisi tidakmemungkinkan.
Konsep dasar
berpikir Kritis
 Karakteristik berpikir kritis adalah :1.
 
KonseptualisasiKonseptualisasi artinya proses intelektual membentuk suatu konsep. Sedangkankonsep adalah fenomena atau pandangan mental tentang realitas, pikiran-pikirantentang kejadian, objek, atribut, dan sejenisnya. Dengan demikian konseptualisasimerupakan pikiran abstrak yang digeneralisasi secara otomatis menjadi simbol-simboldan disimpan dalam otak.2.
 
Rasional dan beralasan.Artinya argumen yang diberikan selalu berdasarkan analisis dan mempunyai dasar kuatdari fakta fenomena nyata.3.
 
ReflektifArtinya bahwa seorang pemikir kritis tidak menggunakan asumsi atau persepsi dalamberpikir atau mengambil keputusan tetapi akan menyediakan waktu untukmengumpulkan data dan menganalisisnya berdasarkan disiplin ilmu, fakta dan kejadian.4.
 
Bagian dari suatu sikap.Yaitu pemahaman dari suatu sikap yang harus diambil pemikir kritis akan selalumenguji apakah sesuatu yang dihadapi itu lebih baik atau lebih buruk dibanding yanglain.5.
 
Kemandirian berpikir
 
Seorang pemikir kritis selalu berpikir dalam dirinya tidak pasif menerima pemikiran dankeyakinan orang lain menganalisis semua isu, memutuskan secara benar dan dapatdipercaya.6.
 
Berpikir adil dan terbukaYaitu mencoba untuk berubah dari pemikiran yang salah dan kurang menguntungkanmenjadi benar dan lebih baik.7.
 
Pengambilan keputusan berdasarkan keyakinan.Berpikir kritis digunakan untuk mengevaluasi suatu argumentasi dan kesimpulan,mencipta suatu pemikiran baru dan alternatif solusi tindakan yang akan diambil.
Unsur-unsur berfikir kritis
1)
 
RelevanceRelevansi (keterkaitan) dari pernyataan yang dikemukakan.2)
 
ImportancePenting tidaknya isu atau pokok-pokok pikiran yang dikemukakan.3)
 
NoveltyKebaruan dari isi pikiran, baik dalam membawa ide-ide atau informasi baru maupundalam sikap menerima adanya ide-ide baru orang lain.4)
 
Outside MaterialMenggunakan pengalamannya sendiri atau bahan-bahan yang diterimanya dariperkuliahan (refrence).5)
 
Ambiguity clarifiedMencari penjelasan atau informasi lebih lanjut jika dirasakan ada ketidak jelasan.6)
 
Linking ideasSenantiasa menghubungkan fakta, idea tau pandangan serta mencari data baru dariinformasi yang berhasil dikumpulkan.7)
 
JustificationMember bukti-bukti, contoh, atau justifikasi terhadap suatu solusi atau kesimpulanyang diambilnya. Termasuk di dalalmnya senantiasa member penjelasan mengenaikeuntungan (kelebihan) dan kerugian (kekurangan) dari suatu situasi atau solusi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->