Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Peninggalan Hindu

Sejarah Peninggalan Hindu

Ratings: (0)|Views: 671|Likes:
Published by Rahmat Piardi

More info:

Published by: Rahmat Piardi on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/27/2012

pdf

text

original

 
Sejarah Peninggalan Hindu Budha di Indonesia
1. Candi Borobudur
 Ciri-Ciri nya :Candi Borobudur berbentuk punden berundak, yang terdiri dari enam tingkat berbentuk bujursangkar, tiga tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya.Selain itu tersebar di semua tingkat-tingkatannya beberapa stupa.Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, JawaTengah. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km disebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayanasekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.
2. Candi Mendut
 Ciri-Ciri nya :Hiasan yang terdapat pada candi Mendut berupa hiasan yang berselang-seling. Dihiasi denganukiran makhluk-makhluk kahyangan berupa bidadara dan bidadari, dua ekor kera dan seekorgaruda.
 
Candi Mendut adalah sebuah candi berlatar belakang agama Buddha. Candi ini terletak di desaMendut, kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa kilometer daricandi Borobudur.Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalamprasasti Karangtengah yang bertarikh 824 Masehi, disebutkan bahwa raja Indra telahmembangun bangunan suci bernama veluvana yang artinya adalah hutan bambu. Oleh seorangahli arkeologi Belanda bernama J.G. de Casparis, kata ini dihubungkan dengan Candi Mendut.
3. Candi Ngawen
 Ciri-Ciri nya :Candi ini terdiri dari 5 buah candi kecil, dua di antaranya mempunyai bentuk yang berbedadengan dihiasi oleh patung singa pada keempat sudutnya. Sebuah patung Buddha dengan posisiduduk Ratnasambawa yang sudah tidak ada kepalanya nampak berada pada salah satu candilainnya. Beberapa relief pada sisi candi masih nampak cukup jelas, di antaranya adalah ukiranKinnara, Kinnari, dan kala-makara.Candi Ngawen adalah candi Buddha yang berada kira-kira 5 km sebelum candi Mendut dari arahYogyakarta, yaitu di desa Ngawen, kecamatan Muntilan, Magelang. Menurut perkiraan, candi inidibangun oleh wangsa Syailendra pada abad ke-8 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.Keberadaan candi Ngawen ini kemungkinan besar adalah yang tersebut dalam prasasti KarangTengah pada tahun 824 M.
4. Candi Lumbung
 
 
 Candi Lumbung adalah candi Buddha yang berada di dalam kompleks Taman Wisata CandiPrambanan, yaitu di sebelah candi Bubrah. Menurut perkiraan, candi ini dibangun pada abad ke-9 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini merupakan kumpulan dari satu candi utama(bertema bangunan candi Buddha)Ciri-cirinya :Dikelilingi oleh 16 buah candi kecil yang keadaannya masih relatif cukup bagus.
5. Candi Banyunibo
 Candi Banyunibo yang berarti air jatuh-menetes (dalam bahasa Jawa) adalah candi Buddha yangberada tidak jauh dari Candi Ratu Boko, yaitu di bagian sebelah timur dari kota Yogyakarta kearah kota Wonosari. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-9 pada saat zaman KerajaanMataram Kuno. Pada bagian atas candi ini terdapat sebuah stupa yang merupakan ciri khasagama Buddha.Ciri-cirinya:Keadaan dari candi ini terlihat masih cukup kokoh dan utuh dengan ukiran relief kala-makaradan bentuk relief lainnya yang masih nampak sangat jelas. Candi yang mempunyai bagian

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->