Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asuhan keperawatan

Asuhan keperawatan

Ratings: (0)|Views: 87 |Likes:
Published by Rusman Serzan

More info:

Published by: Rusman Serzan on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
Asuhan keperawatan; Laryngitis
Umumnya merupakan kelanjutan dari rinofaringitis akut atau manifestasi dan radangsaluran napas atas. Pada anak dapat menimbulkan sumbatan jalan napas dengancepat karena tima glotisnya relatif lebih sempit.
 
Laryngitis adalah infalamasi laring akibat terlalu banyak menggunakan suara,pemajanan terhadap debu, bahan kimiawi asap dan polutan lainnya atau bagian darisaluran nafas atas.
 
Laryngitis merupakan peradangan pada laring yang dapat menyebabkan suaraparau.pada peradangan ini seluruh mukosa laring hiperemis dan menebal dan kadang-kadang pada pemeriksaan patologik terdapat metaplasi skuamosa
 
Klasifikasi laryngitis
 
Laryngitis di bagi atas 2 bagian yaitu:
 
-Laryngitis akut: pada orang dewasa hanya penyakit ringan saja,tetapi pada anakberbeda karena disertai batuk keras,suara serak sampai afoni,sesak napas dan stridor.
 
Hal ini disebabkan :
-rima glotis relative lebih kecil dibandingkan dengan orang dewasa
 
-mengandung lebih banyak pembuluh darah/getah bening
 
-ikatan mukosa dengan jaringan dibawahnya masih lebih longgar
 
Laryngitis kronis: Faktor eksogen (rangsangan fisik oleh penyalahgunaansuara,kimia,infeksi kronis salurannapas atas dan bawah, asap rokok). Factor endogen(bentuk tubuh dan kelainan metabolic)
 
ETIOLOGI
 
Bakteri (local) atau virus (sistemik). Biasanya merupakan perluasan radang salurannapas atas oleh bakteri Haemophilus influenzae. Stafilokok, streptokok, danpneumokok.
FAKTOR FREDISPOSISI
 
 
 
Perubahan cuaca/suhu, gizi kurang malnutrisi, imunisasi tidak lengkap, dan pemakaiansuara berlebihan.
 
MANIFESTASI KLINIS
 
Demam, malaise, gelaja rinigaringitis, suara parau sampai afoni, nyeri ketikamenelan atau berbivara, rasa kering ditenggorokan, batuk kering yang kelamaandisertau dahak kental, gejala sumbatan laring sampai sianosis.
 
Pada pemeriksaan, tampak mukosa laring hiperemis, membengkak, terutama diatas dan bahwa pita suara. Biasanya tidak terbatas di laring, juga ada tanda radangakut dihitung sinus peranasak, atau paru
 
Pada bayi dengan kelainan congenital laring disebabkan gejala sumbatan jalannapas,suara tangis melemah sampai tidak ada sekali serta kadang-kadang ada jugadispagia.
 
PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK
 
Pemeriksaan dengan laringoskopi direk atau indirek dapat membantu menegakkandiagnosis
 
Defenisi
 
Laringoskopi adalah suatu tindakan medis yang dilakukan untuk melihat daerah larinks(pita suara).
 
DeskripsiTujuan dan keuntungan pemeriksaan ini adalah melihat langsung larinks untukmendeteksi adanya tumor, benda asing, kerusakkan saraf atau struktur lain ataukelainan-kelainan lain. Ada dua cara pemeriksaan ini agar dapat memeriksa larinkssecara langsung. Pertama, dengan menggunakan selang yang lentur (fleksibel) dengansuatu alat serat optik yang disusupkan melalui hidung dan dimasukkan terus hinggamasuk ke dalam tenggorokan. Metode lainnya adalah menggunakan selang kaku yangdimasukkan langsung dari mulut hingga ke dalam larinks. Kedua metode ini, padaendoskopnya terdapat sebuah lampu dan lensa. Selang endoskopik ini juga dilengkapidengan alat penyedot lendir atau kotoran. Disamping itu juga dapat berfungsi sebagai
 
biopsi untuk mengambil contoh jaringan. Salah satu jenis pemeriksaan lainnya adalahbronkoskopi. Prosedur pemeriksaan bronkoskopi lebih dalam lagi, dimana selangdimasukkan lebih jauh dari larinks hingga mencapai trakea dan bronchus.Persiapan
 
Prosedur tindakan laringoskopi dilakukan di rumah sakit, dilakukan denganmenggunakan bius lokal (cairan obat bius yang disemprotkan) untuk mengurangi rasatidak nyaman dan refleks muntah pada saat selang dimasukkan ke dalam larinks.Pasien diharuskan tidak makan (puasa) beberapa jam sebelum tindakan.
 
Perawatan Setelah Tindakan
 
Jika tenggorokan mengalami luka lecet yang perih, maka rasa nyeri dapat diatasidengan cairan penyejuk ataupun obat isap.
 
Resiko
 
Tindakan pemeriksaan laringoskopi tidak menyebabkan masalah yang serius, walaupunpasien mengalami luka lecet perih pada tenggorokan atau batuk dengan sedikit darahakibat luka lecet dari daerah yang mengalami iritasi tersebut.
 
Hasil Normal
 
Hasil pemeriksaan dikatakan normal jika tidak ada tanda-tanda penyakit ataupunkerusakkan jaringan.Hasil Abnormal
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->