Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Stock Opname

Stock Opname

Ratings: (0)|Views: 479|Likes:
Published by Galih Pratama

More info:

Published by: Galih Pratama on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

 
Stock Opname
Proses Stock Opname dilakukan sebagai mekanisme kontrol terhadap arus masuk dan keluar barang, dimana dalam prosesini akan dilakukan perhitungan stok secara fisik untuk dicocokkan dengan stok yang tercatat di dalam sistem. Jika terjadiperbedaan stok, baik itu selisih lebih ataupun selisih kurang, maka harus dilakukan penyesuaian stock menggunakanmodulAdjustment Stock , dimana jika terdapat kelebihan stok dipergunakanReceipt Unplanned, sedangkan jika terjadi kekuarangan stock dipergunakanIssue Unplanned. Anda dapat melakukan stock opname satu per satu barangmenggunakan modul adjustment stock (issue receipt) atau menggunakan bantuan spread sheet (akan dibahas dalam studikasus).Dan berikut ini merupakan tahapan-tahapan Stock Opname yang umumnya dilakukan pada sistem RetailSoft :Tentukanlah kategori produk yang akan dilakukan stock opnameCetak Form Stock Opname (teks, excel atau HTML)Lakukanlah perhitungan Fisik Stok pada suatu lokasi tertentuInput Hasil Stock Opname ke dalam Sistem (manual ? satu per satu atau melalui form excel)Cetak hasil Stock Opname (jika dibutuhkan).
Persiapan Stock Opname
Setelah Anda menetapkan jadwal dan kategori barang yang akan diperiksa posisi stok akhirnya secara fisik (stock opname), maka langkah berikutnya adalah mencetak kartu stok yang menyimpan informasi tentang posisi stok akhirberdasarkan catatan sistem, melalui modul report ?stock card? yang terdapat dalam menu REPORT->Stock Card.Jika Report di atas dipilih, Anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut :Keterangan :
01.Lokasi:
Form Stock Opname akan dicetak berdasarkan lokasi ?default? dimana Store tersebut berada,sehingga tidaklah mungkin Anda memilih lokasi yang salah.
02.All Location:
Centang disini untuk menampilkan data stock opname untuk seluruh lokasi.
03.Kategori:
Pilihlah kategori yang sesuai dengan jadwal stock opname yang dilakukan atau biarkan sajapilihan ini (tidak perlu dirubah) jika Anda menginginkan stock opname dilakukan untuk seluruhkategori.
04.Stock Opname :
Berilah tanda centang pada check box ?Stock Opname? jika Anda akan mencetak form stock opname.
05.Group by SKU:
Centang disini untuk menampilkan seluruh data stock yang di-group per SKU.
06.Sort By:
Anda dapat mencetak data untuk form stock opname berdasarkan urutan tertentu : Item Name,Item Code, Description dan Quantity.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->