Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perbandingan Transmisi Daya Ac Dan Dc

Perbandingan Transmisi Daya Ac Dan Dc

Ratings: (0)|Views: 1,084 |Likes:
Published by michsan_9

More info:

Published by: michsan_9 on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/09/2013

pdf

text

original

 
PERBANDINGAN TRANSMISI DAYA AC DAN DC1.
 
PENDAHULUANPertumbuhan industri dan jumlah penduduk di Indonesiamenyebabkan kebutuhan daya listrik meningkat. Kebutuhan daya listriktersebut dipenuhi dengan menambah pusat pembangkit listrik danmeningkatkan kapasitas transmisi daya listrik. Peningkatan kapasitastransmisi daya listrik dengan cara membangun saluran transmisi baru,tentunya membutuhkan biaya investasi yang tinggi dan menimbulkanmasalah sosial yang sulit ditangani. Pertumbuhan beban industri yangdidominasi beban induktif membutuhkan suplai daya reaktif yang cukupbesar. Kebutuhan daya reaktif ini tentunya akan menurunkan
available power 
yang dapat ditransmisikan ke beban. Oleh karena itu perludilakukan pengaturan aliran daya aktif dan reaktif pada saluran transmisisehingga dicapai proses penyaluran daya yang efisien.
 
Berdasarkan pemasangannya,
saluran transmisi 
dibagi menjadi duakategori, yaitu:1.
 
saluran udara (overhead lines)
; saluran transmisi yang menyalurkanenergi listrik melalui kawat-kawat yang digantung pada isolator antarmenara atau tiang transmisi. Keuntungan dari saluran transmisi udaraadalah lebih murah, mudah dalam perawatan, mudah dalam mengetahuiletak gangguan, mudah dalam perbaikan, dan lainnya. Namun jugamemiliki kerugian, antara lain: karena berada di ruang terbuka, makacuaca sangat berpengaruh terhadap keandalannya, dengan kata lainmudah terjadi gangguan, seperti gangguan hubung singkat, gangguantegangan lebih karena tersambar petir, dan gangguan-gangguan lainnya.Dari segi estetika/keindahan juga kurang, sehingga saluran transmisibukan pilihan yang ideal untuk suatu saluran transmisi didalam kota2.
 
saluran kabel tanah (underground cable)
; saluran transmisi yangmenyalurkan energi listrik melalui kabel yang dipendam didalam tanah.Kategori saluran transmisi seperti ini adalah yang favorite untukpemasangan di dalam kota, karena berada didalam tanah, maka tidakmengganggu keindahan kota dan juga tidak mudah terjadi gangguanakibat kondisi cuaca atau kondisi alam. Namun juga memilik kekurangan.Seperti: mahalnya biaya investasi dan sulitnya menentukan titik gangguandan perbaikannya.
 
 
 
Kategori saluran transmisi berdasarkan arus listrik :Dalam dunia kelistrikan, dikenal dua kategori arus listrik, yaituarus bolak-balik (Alternating Current/AC) dan arus searah (DirectCurrent/DC). Oleh karena itu , berdasarkan jenis arus listrik yang mengalirdi saluran transmisi, maka saluran transmisi terdiri dari :1.
 
saluran transmisi AC 
; didalam system AC, penaikan dan penurunantegangannya sangat mudah dilakukan dengan bantuan transformator dan juga memiliki 2 sistem, sistem fasa tunggal dan sistem fasa tiga sehinggasaluran transmisi AC memilikikeuntungan lainnya, antara lain :a. daya yang disalurkan lebih besarb. nilai sesaat (instantaneous value)nya konstan, danc. mempunyai medan magnet putarselain keuntungan-keuntungan yang disebutkan diatas, saluran transmisiAC juga memilik kerugian, yaitu: tidak stabil, isolasi yang rumit dan mahal(mahal disini dalam artian untuk menyediakan suatu isolasi yang memangaman dan kuat).2.
 
saluran transmisi DC 
; dalam saluran transmisi DC, daya guna atauefesiensinya tinggi karena mempunyai factor daya = 1, tidak memilikimasalah terhadapstabilitas terhadap system, sehingga dimungkinkan untuk penyaluran jarak jauh dan memiliki isolasi yang lebih sederhana.Berhubungan dengan keuntungan dan kerugiannya, dewasa inisaluran transmisi di dunia sebagian besar menggunakan saluran transmisiAC. Saluran transmisi DC baru dapat dianggap ekonomis jika jarak saluranudaranya antara 400km sampai 600km, atau untuk saluran bawah tanahdengan panjang 50km. hal itu disebabkan karena biaya peralatanpengubah dari AC ke DC dan sebaliknya (converter & inverter) masihsangat mahal, sehingga dari segi ekonomisnya saluran AC akan tetapmenjadi primadona dari saluran transmisi.Keuntungan-keuntungan Utama Transmisi DC :1.
 
Jika biaya yang besar untuk stasiun-stasiun converter tidakdiperhitungkan, saluran-saluran udara dan kabel dc lebih murah dari pada
 
saluran-saluran udara dan kabel-kabel ac. Jarak impas keduanya adalahsekitar 500 mil untuk saluran udara, (15 - 30 ) mil untuk kabel bawah laut,(30 - 60) mil untuk kabel bawah tanah.2.
 
Kondisi rugi corona dan radio interferensi lebih baik pada saluran dcdibandingkan saluran ac.3.
 
Faktor daya saluran dc selalu sama dengan satu (1), dan karenanya tidakdibutuhkan konpensasi daya reaktif.4.
 
Karena tidak dibutuhkan operasi sinkron, maka panjang saluran tidakdibatasi oleh stabilitas, demikian juga daya dapat dikirim dengan kabelsampai pada jarak yang sangat jauh.5.
 
Rugi saluran dc lebih kecil daripada saluran ac untuk saluran yangsebanding.Kerugian-kerugian Utama Transmisi DC1.
 
Converter menimbulkan arus dan tegangan harmonisa pada kedua sisi acdan dc, karena itu dibutuhkan filter.2.
 
Converter menkomsumsi daya reaktif 3.
 
Stasiun-stasiun converter masih relatif mahal4.
 
Circuit Breaker (CB) dc mempunyai kerugian-kerugian dibanding CB ac,sebab arus dc tidak menurun ke titik 0 dua kali setiap siklus seperti padaarus ac.5.
 
Tidak mudah menyadap daya pada titik sepanjang saluran dc, sehinggabiasanya merupakan sistem poit to point yang menghubungkan suatustasiun pembangkit besar ke suatu pusat konsumen daya yang besar,atau interkoneksi dua sistem ac yang terpisah.
FACTS sebagai Teknologi Transmisi Listrik Masa Depan
Pengoperasian sistim jaringan transmisi daya listrik kini telah memasuki erabaru. Dalam tahapan baru ini, transmisi daya listrik tidak hanya akan menjadilebih terjamin dan lebih terkendali dalam pengaturannya, tetapi juga akanmenjadi jauh lebih efisien dalam pemanfaatannya. Peningkatan pesat ke arahpemanfaatan sistim jaringan transmisi listrik secara optimal ini dimungkinkandengan keberadaan dan semakin dewasanya aplikasi teknologi dibidangelektronika daya pada khususnya dan teknologi semikonduktor pada umumnya.Teknologi kendali terbaru untuk transmisi daya listrik ini populer dengan sebutanFACTS singkatan dari Flexible AC Transmission System dan pertama kalidikembangkan oleh Electric Power Research Institute (EPRI) di Palo Alto negarabagian California di Amerika Serikat. Pada awal pengembangannya, teknologi

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fadli liked this
Jumadril Jn liked this
Aji Safari liked this
dhinatasurya liked this
Mufie_Muf_8099 liked this
IKetut Riyandi liked this
Andika Handy liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->