Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Air+Pengisi+Ketel+Uap+Dan+Pengolahannya

Air+Pengisi+Ketel+Uap+Dan+Pengolahannya

Ratings: (0)|Views: 216|Likes:
Published by 032589

More info:

Published by: 032589 on Jun 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/05/2012

pdf

text

original

 
DISUSUN OLEH:IR. SOERIPTO M.
KEPALA PUSAT HIPERKES DEPARTEMEN TENAGA KERJAJL. JEND. A. YANI NO 69-70JAKARTA
1
 
AIR PENGISI KETEL UAP DAN PENGOLAHANNYA(Ir. Soeripto M.)I. SUSUNAN AIR PENGISIKotoran di dalam air pengisi
1. Air alam yang digunakan untuk pengisian ketel uap umumnya mengandung bahan-bahan padat dan gas-gas terlarut yang dapat membantu:1)Terjadinya pembentukan kerak di dalam ketel2)Terjadinya pembentukan buih dan percikan3)Menyebabkan korosi4)Caustic embrittlementUntuk menghilangkan gangguan-gangguan ini, penting untuk menyelidikisetiap air yang akan digunakan sebagai pengisi ketel dan menentukan setiapsifat dari air dan menentukan cara terbaik untuk pengolahannya.Air laut dan air sumber yang lain, oleh karena kandungan bahan padatsangat tinggi, maka kurang baik untuk digunakan sebagai air pengisi ketel.Demikian pula air hujan menjadi kotor pada waktu jatuh melalui atmosphere,dan selalu mengandung gas-gas terlarut termasuk oxygen dan carbon dioxide.Carbon dioxide membentuk suatu asam lemah yang dapat menambah daya larut bahan lain di dalam air. Jadi dengan adanya asam carbonat ini dapat melarutkansejumlah bahan dalam jumlah agak banyak seperti calcium dan magnesiumyang ada di dalam tanah.
A.Jenis kotoran
Tabel I adalah sebagaian dari daftar kotoran yang ada di dalam air pengisiketel uap pengaruhnya terhadap ketel uap dan cara-cara pengolahan yang umumnyadigunakan. Keadaan bahan-bahan yang larut seperti dalam daftar table I untuk menunjukkan jumlah bahan yang mungkin ada di dalam air, dimana bahan-bahantersebut dapat diharapkan untuk mengendap pada saat ketel uap sedang dalamkeadaan bekerja. Kenaikan temperature makin menaikkan daya larut dari beberapa bahan padat dan endapan lainnya.2
 
Tanpa mengingat apakah kelarutan bahan itu naik atau turun dengantemperature, kadar bahan padat di dalam air ketel naik oleh karena penguapan yangterus menerus. Yang paling penting adalah kemungkinan akibat yang dapatditimbulkan oleh bahan-bahan tersebut terhadap ketel uap. Kotoran-kotoran secarakasar dapat diklasifir sebagai berikut:1.Gas-gas yang terlarut: dibedakan atas gas-gas inert dan gas-gas yangmenyebabkan korosive. Gas-gas inert adalah nitrogen dan hydrocarbon. Gas-gas yang menyebabkan korosive adalah: oxygen, carbon dioxide dan hydrogensulfide.2.Bahan-bahan padat yang terlarut dibedakan sebagai berikut:a.Bahan-bahan padat yang hanya larut sedikit, kebanyakan garam-garamsenyawa calcium dan magnesium. Juga minyak dan silica. b.Bahan-bahan padat yang mudah larut termasuk semua garam dapur (NaCl), natrium sulfat, natrium carbonat, natrium nitrat dan natriumsilicat. Juga natrium hydroxide, natrium phosphate, asam-asam dansenyawa-senyawa organik tertentu.3.Bahan-bahan padat yang mengendap termasuk tanah liat dan lumpur-lumpur, benda-benda organik dan anorganik: pada umumnya terdapat pada sungai-sungai dan air yang mengalir; dan semua bahan yang tidak terlarut.4.Larutan-larutan yang tak terlarut, seperti minyak gemuk, sabun dan lainsebagainya, mempunyai suatu pengaruh yang merusakkan pada air ketel uap.
C. Specifikasi air ketel dan air pengisi
Air pengisi:
Oxygen terlarut: lebih baik 0 dan tidak lebih dari 0,05 cc/L untuk ketel uap;dimana digunakan economizer dengan pipa-pipa baja.
PH tidak kurang dari 7; kebasan yang berlebihan dari yang dibutuhkanuntuk pengolahan atau perlindungan terhadap pipa-pipa pengisi atau asamnitrat, harus dibuat seminimum mungkin.
Kesadahan: lebih baik bila 0, tidak lebih dari 26 ppm yang dinyatakandalam calcium carbonat.3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->