Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Latihan Vokal

Latihan Vokal

Ratings: (0)|Views: 943|Likes:
Published by numam_1

More info:

Published by: numam_1 on Jun 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/21/2013

pdf

text

original

 
Vocal
Meningkatkan Range Vokal (Bag. 2)
Hamming
oleh : agus mupla
Selain Solfegio, salah satu bentuk latihan yang sangat membantu untuk meningkatkanrange vokal adalah melalui latihan Hamming. Latihan ini menekankan pada pembiasaanuntuk menggunakan teknik vokal kepala.Caranya, tentukan salah satu lagu favoritmu, pilih lagu yang berjarak nada tinggi atauyang memiliki tingkat kesulitan tinggi, nyanyikan……… tapi tidak menggunakan liriksebagaimana biasanya….. melainkan ganti liriknya menggunakan huruf / bunyi “N” atau “M”. Jadi, seperti sedang bersenandung. Bernyanyi …….. nnnnnnnnn…. Atau…..mmmmm.Nah, pada saat nada tinggi, coba pake vokal kepala (head voice), hal ini bisa membantumeningkatkan jangkauan nada. Selamat berlatih….
Vokalisi
oleh : agus mupla
Seorang atlet harus melakukan pemanasan (warming up) terlebih dulu sebelum mulaiberolah raga, agar terhindar dari cedera atau keseleo urat. Demikian juga denganseorang vokalis. Untuk menjaga performa saat bernyanyi di panggung atau memeliharakualitas vokal, seorang penyanyi harus melakukan pemanasan yang sering disebutdengan vokalisi (vocalizing).Vokalisi cukup beragam, yang termudah dan tersimpel adalah dengan melafalkan huruf-huruf vocal a i u e o, baik dengan nada maupun tanpa nada. Vokalisi sederhana inicukup efektif untuk melenturkan bibir, rahang, dan rongga mulut. Selain mudah, vokalisia i u e o ini juga bisa dilakukan dengan hanya hitungan detik atau menit.
 
Setelah itu, vokalisi dapat ditingkatkan dengan meniti tangga nada dari terendah atausedang ke nada tinggi. Bisa dengan lagu atau melalui solmisasi atau solfegio. Alangkahbaiknya jika latihan vokalisi ini tidak hanya dilakukan pada saat hendak tampil dipanggung saja, tapi dilakukan secara rutin.
 
 
Melatih Pernafasan
oleh : agus mupla
Nafas yang prima sangat penting artinya bagi seorang penyanyi. Penguasaan teknikpernafasan mutlak harus dimiliki, jika si penyanyi ingin sukses di dunianya. Namun,bagaimana caranya memiliki nafas yang prima?Nafas, biasanya menjadi kendala jika tidak dijaga dan dilatih. Berikut ini penulismencoba berbagi salah satu tips untuk menjaga dan memanjangkan pernafasan melaluisebuah latihan sederhana.Sebelum berlatih, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Salah satu teknik pernafasandalam olah vocal yang efektif adalah teknik pernafasan perut. Bukan pernafasan dada.Cara gampang untuk membedakan Nafas Perut dan Nafas Dada adalah: dalam nafasperut, ketika menarik nafas, perut mengembung, sedangkan dalam nafas dada, ketikanafas ditarik, yang mengembung adalah dada. Gampang kan?Oke kita mulai berlatih:Siapkan posisi tubuh, bisa berdiri atau duduk bersila. Tegakkan punggung/badan.1. Tarik nafas (dengan nafas perut), hitung hingga 10 detik. Pada hitungan ke-10(detik), perut full mengembung.2. Hitungan 10 detik berikutnya, tahan nafas. Dalam posisi perut full mengembung,tahan hingga perut terasa keras. Boleh dicek dengan menepuk-nepuk perut yangmengeras.3. Hitungan 10 detik berikutnya, keluarkan nafas pelan-pelan melalui mulut. Aturpengeluaran nafas se-efisien mungkin sampai hitungan ke-10 (detik). Agar pengeluarannafas bisa sehemat mungkin, mulut dibuka sedikit saja sambil membunyikan ”ceessssss” 4. Berikutnya, ulangi latihan ”tarik-tahan-keluar” tersebut dengan penambahan durasiwaktu secara bertahap. Misalnya, dengan penambahan per 5 detik, menjadi 15, 20, 25,dst. hingga batas waktu terlama.5. Jika dalam satu durasi waktu masih dirasa berat…coba diulang beberapa kali.Selamat berlatih…semoga sukses…Jika dalam latihan menemukan masalah atau nafas belum juga panjang dan stabil…bisadikonsultasikan di forum. Oke..?
 
 
Meningkatkan Range Vokal (Bag. 1)
Solfegio
oleh agus mupla
Range vokal setiap orang berbeda-beda. Standar normal umumnya orang memiliki duaoktav. Semakin panjang rang vokal seseorang, semakin memungkinkan dia untukmembawakan berbagai jenis lagu dengan baik. Dengan catatan, dia memilikikemampuan/teknik vokal yang baik pula tentunya.Seseorang yang bertipikal vokal bass, bariton, alto, dan mezo sopran, biasanya memilikirang vokal yang pendek. Lain halnya seseorang yang bertipikal vokal tenor atau sopran,biasanya ia memiliki range vokal panjang. Namun, terkadang ada juga, meski iabertipikal bass, tapi memiliki range vokal panjang. Sebaliknya, orang yang bertipikaltenor tapi range-nya pendek.Pemahaman terhadap tipikal vokal sangat penting. Terutama untuk menentukan nadadasar ketika hendak bernyanyi. Bagi Anda yang bertipikal vokal rendah, jangan khawatirkehilangan kesempatan bernyanyi. Tak masalah. Anda bisa menyesuaikan nada dasar dimana Anda mulai bernyanyi yang sesuai dengan jenis suara Anda. Misalnya denganmenurunkan nada dasar dari penyanyi aslinya. Ilmu vokal bukanlah ilmu eksak.Pada dasarnya range vokal seseorang bisa ditingkatkan. Ada beberapa jenis latihan yangdapat membantu meningkatkan range vokal. Salah satu di antaranya adalah denganteknik ”vokal kepala” atau ”suara langit-langit”.Output vokal seseorang secara natural terbagi dua, yakni vokal kepala dan vokal dada.Vokal kepala adalah vokal yang dihasilkan dari langit-langit atas rongga mulut.Sementara vokal dada adalah vokal yang dihasilkan dari rongga dada.Untuk menemukan vokal kepala. Mulailah dengan latihan berikut:Tentukan nada terendah yang mampu Anda bawakan dengan baik, nyanyikan solmisasi(do re mi fa sol la si do) dari suara terendah tersebut hingga nada tertinggi yang Andakuasai. Pada saat vokal Anda tidak mampu mengeluarkan nada tertinggi dengan baikatau sampai Anda membutuhkan untuk mengubah nada Anda ke dalam vokal kepala.Mulailah lakukan dengan menggunakan vokal kepala. Caranya ”lemparkansuara didalam rongga mulut Anda ke atas langit-langit. Rasakan suara Anda menjadi lebihringan dan jaga agar tetap bright (jelas). Pada tahap awal, jika Anda menggunakan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->