Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Arsip

Makalah Arsip

Ratings: (0)|Views: 2,526 |Likes:
Published by Rhednu Juwitasari

More info:

Published by: Rhednu Juwitasari on Jun 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.
 
LATAR BELAKANG
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dewasa ini membawapengaruh terhadap kegiatan yang dilakukan oleh setiap organisasi baik pemerintah maupunswasta. Kedudukan dan peranan kantor berkembang dengan pesat dan sangat menentukankeberhasilan suatu organisasi dalam rangka mencapai tujuannya. Kantor-kantor sekarang initidak lagi hanya berfungsi sebagai tempat kegiatan ketatausahaan saja, melainkan dipandangsebagai tempat pusat informasi, pusat pemikiran, dan pusat komunikasi.Secara umum kantor dapat diartikan sebagai tempat dimana dilakukan bermacam-macampelaksanaan kegiatan organisasi, akan tetapi dengan perkembangan yang pesat kantor berperansebagai pusat kegiatan penyediaan informasi guna menunjang kemudahan pelaksanaan kegiatandi segala bidang.Saatini banyak kantor-kantor pemerintah maupun swasta yang mulai seriusmelakoni kegiatan pengarsipan sebagai bagian penting dalam kegiatan organisasi mereka. Arsipmempunyai arti yang sangat penting, antara lain dalam proses penyajian informasi bagi pimpinanyaitu untuk membuat keputusan dan memusnahkan kebijakan- kebijakan.Pada dasarnya suatu organisasi menginginkan akan adanya arsip yang tertata rapi dantertib guna memudahkan menyimpan dan menemukan kembali warkat yang dibutuhkan sewaktu-waktu dengan mudah, cepat dan tepat. Oleh karena itu petugas arsip harus benar-benar mampumengurus dan memelihara arsip untuk kepentingan organisasi secara menyeluruh dengan sistempenataan arsip yang baik.
2.
 
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang diambil adalahbagaimana peran penataan kearsipan sebagai sumber informasi bagi pimpinan dalampengambilan keputusan?
 
2
Peristiwa dalamLingkunganKebutuhan KeseluruhanInformasi Pimpinan
Kebutuhan InformasiTerpilih Pimpinan
Umpan Balik dan PenilaianKeperluan InformasiRancanganSistemOperasi Komputer(Bank Data)RancanganProramKeutusan PiminanPencatatan Data
3.
 
TUJUAN
 Melihat dari rumusan masalah di atas, maka tujuan dari makalah ini adalah mengetahuibagaimana peran penataan kearsipan sebagai sumber informasi bagi pimpinan dalampengambilan keputusan.
4.
 
KERANGKA BERFIKIR
 
Hubungan Arsip dan Proses PengambilanKeputusan
Lingkungan Organisasi
 
3
BAB IIPEMBAHASAN1.
 
PARADIGMA PENATAAN KEARSIPAN
Dalam konsep proses manajemen sasaran yang dituju adalah tercapainya tujuansecara efisien. Tujuan dapat dicapai apabila proses kegiatannya dilaksanakan sesuai denganperencanaan yang telah ditetapkan, serta terdokumentasikan dalam suatu sistem kearsipanyang baik. Hal ini disebabkan karena arsip dapat dijadikan bahan informasi bagi pimpinandalam pengambilan keputusan, termasuk untuk melihat sampai sejauhmana proses kegiatandapat mempermudah bagi pencapaian tujuan.Saat ini banyak kantor-kantor pemerintah maupun swasta yang mulai serius melakonikegiatan pengarsipan sebagai bagian penting dalam kegiatan organisasi mereka. Arsipmempunyai arti yang sangat penting, antara lain untuk melihat kembali rencana programkegiatan yang akan datang sehingga dapat dicapai oleh organisasi secara maksimal.Arsip merupakan pusat ingatan dari setiap organisasi. Apabila arsip yang dimilikioleh organisasi kurang baik pengolahannya, maka akibatnya akan mempengaruhi pencapaiantujuan organisasi.yang akan menghambat dalam pencapaian tujuan. Informasi yangterkandung dalam arsip dapat mencegah duplikasi pekerjaan dan membantu mencapaiefisiensi kerja. Suatu organisasi atau kantor yang tidak memiliki sistem kearsipan yangefisien akan sulit menemukan informasi yang disimpan dan akhirnya dapat menghambatproses selanjutnya.
2.
 
PERANAN ARSIP
Arsip mempunyai peran penting dalam proses penyajian informasi bagi pimpinanyaitu untuk membuat keputusan dan memusnahkan kebijakan-kebijakan sebagaimanadikemukakan oleh A.W. Widjaya (1986:102), bahwa:
 Arsip adalah kumpulan warkat yang disimpan secara sistematis. Maka peranan arsipadalah sumber dokumentasi, arsip dapat digunakan oleh pimpinan organisasi untuk mengambil keputusan secara tepat mengenai sesuatu masalah yang sedang dihadapi.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Lulu Ufie liked this
arysuroso liked this
Naldi Yusri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->