Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Faktor Pedukung Dan Penghambat Perban Sosial

Faktor Pedukung Dan Penghambat Perban Sosial

Ratings: (0)|Views: 353|Likes:
Published by Alyssa Zerlina

More info:

Published by: Alyssa Zerlina on Jun 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/31/2012

pdf

text

original

 
FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PERUBAHAN SOSIALBAB I
 
PENDAHULUAN
 
Latar Belakang
 Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikanakan mengalami apa yag dinamakan dengan perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan sutu perbandingan denganmenelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian dibandingkan dengan keadaanmasyarakat pada masa lampau. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat, padaintinya merupakan suatu proses yang terjadi terus menerus, ini arinya bahwa masyarakat padakenyataannya akan mengalami perubahan-perubahan. Tetapi perubahan yang terjadi pada suatumasyarakat dengan masyarakat yang lain tidaklah sama.Perubahan sosial adalah segala perubahan yang terjadi dalam lembaga kemasyarakatan dalamsuatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosialnya. Tekanan pada definisi tersebut adalahpada lembaga masyarakat sebagai himpunan kelompok manusia dimana perubahanmemengaruhi struktur masyarakat lainnya. Perubahan sosial terjadi karena adanya perubahandalam unsur-unsur yang mempertahankan keseimbangan masyarakat seperti misalnya perubahandalam unsur geografis, biologis, ekonomis, dan kebudayaan.Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan budaya. Perubahan dalam kebudayaanmencakup semua bagian, yaitu meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, danlainnya. Akan tetapi, perubahan tersebut tidak memengaruhi organisasi sosial masyarakatnya.Ruang lingkup perubahan kebudayaan lebih luas dibandingkan perubahan sosial. Namundemikian, dalam prakteknya di lapangan kedua jenis perubahan tersebut sangat sulit untuk dipisahkan.Dalam setiap prakteknya di lapangan, perubahan sosial dapat terjadi sangat lambat maupunsangat cepat. Hal ini tergantung pada faktor-faktor yang menunjang perubahan sosial dalammasyarakat tersebut. Pada konsep-konsep yang ada, faktor-faktor ini dibagi menjadi 2, yaknifaktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor-faktor ini lah yang menentukan bagaimana lajuperubahan sosial dalam masyarakat. Untuk pembahasan lebih lanjut, kedua faktor ini akanpenulis jelaskan pada bab Tinjauan Pustaka.
Perumusan Masalah
 Beberapa rumusan masalah yang dapat dikaji dari uraian-uraian di atas, antara lain:1.
 
Perubahan sosial pada masyarakat dipengaruhi oleh pelbagai faktor berdasarkan arahtimbulnya pengaruh, sebutkan dan jelaskan?
 
2.
 
Sebutkan pengertian faktor pendukung dan penghambat dalam perubahansosial/masyarakat?3.
 
Sebutkan hal-hal apa sajakah yang termasuk dalam faktor pendukung dan penghambat?
Tujuan
 Makalah ini bertujuan untuk:1.
 
Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menimbulkan terjadinya perubahan sosialberdasarkan arah timbulnya pengaruh.2.
 
Untuk mengetahui pengertian faktor pendukung dan penghambat dalam perubahan sosialmasyarakat.3.
 
Untuk memaparkan faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam faktor pendukung danpenghambat.
BAB II
 
TINJAUAN PUSTAKA
 
Perubahan Sosial
 Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mencakupperubahan dalam aspek-aspek struktur dari suatu masyarakat, atau karena terjadinya perubahandari faktor lingkungan, dikarenakan berubahnya sistem komposisi penduduk, keadaan geografis,serta berubahnya sistem hubungan sosial, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.Perubahan ini menyangkut pada seluruh segmen yang terjadi di masyarakat pada waktu tertentu.Perubahan sosial dalam masyarakat bukan merupakan sebuah hasil atau produk tetapi merupakansebuah proses. Perubahan sosial merupakan sebuah keputusan bersama yang diambil olehanggota masyarakat. Konsep dinamika kelompok menjadi sebuah bahasan yang menarik untuk memahami perubahan sosial.Berdasarkan besar kecilnya pengaruh yang terjadi pada masyarakat, perubahan sosial dibagimenjadi 2, yakni perubahan sosial yang besar dan perubahan sosial yang kecil. Perubahan sosialyang besar pada umumnya adalah perubahan yang akan membawa pengaruh yang besar padamasyarakat. Misalnya, terjadinya proses industrialisasi pada masyarakat yang masih agraris. Disini lembaga-lembaga kemasyarakatan akan terkena pengaruhnya, yakni hubungan kerja, sistempemilikan tanah, klasifikasi masyarakat, dan lainnya. Sedangkan perubahan sosial yang keciladalah perubahan-perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak membawaakibat yang langsung pada masyarakat. Misalnya, perubahan bentuk potongan rambut padaseseorang, tidak akan membawa pengaruh yang langsung pada masyarakat secara keseluruhan.Hal ini dikarenakan tidak akan menyebabkan terjadinya perubahan pada lembaga-lembagakemasyarakatan.
Arah Timbulnya Faktor Perubahan Sosial
 
 
Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalamsuatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masadalam setiap masyarakat.Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.Dalam kehidupan nyata, perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat, pasti akan terjadi. Setiapsegmen masyarakat hendaknya fleksibel terhadap perubahan yang akan terjadi baik cepatmaupun lambat. Dengan keunggulan seperti itu, masyarakat akan mengurangi tingkat pengaruhnegatif dari perubahan ini. Arah timbulnya pengaruh pun dapat berasal dari dalam maupun luar.Berikut adalah penjelasan faktor-faktor perubahan sosial berdasarkan arah timbulnya pengaruh.
a. Internal Factor
 Internal factor 
(faktor dalam) adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu yangmenyebabkan timbulnya perubahan pada masyarakat itu sendiri baik secara individu, kelompok ataupun organisasi. Berikut ini sebab-sebab perubahan sosial yang bersumber dari dalammasyarakat (sebab intern).1) Dinamika penduduk, yaitu pertambahan dan penurunan jumlah penduduk.Pertambahan penduduk yang sangat cepat akan mengakibatkan perubahan dalam strukturmasyarakat, khususnya dalam lembaga kemasyarakatannya. Salah satu contohnya disini adalahorang akan mengenal hak milik atas tanah, mengenal system bagi hasil, dan yang lainnya,dimana sebelumnya tidak pernah mengenal. Sedangkan berkurangnya jumlah penduduk akanberakibat terjadinya kekosongan baik dalam pembagian kerja, maupun stratifikasi social, haltersebut akan mempengaruhi lembaga-lembaga kemasyarakatan yang ada.2) Adanya penemuan-penemuan baru yang berkembang di masyarakat, baik penemuanyang bersifat baru (
discovery
) ataupun penemuan baru yang bersifat menyempurnakan daribentuk penemuan lama (
invention
). Suatu proses social dan kebudayaan yang besar, tetapi terjadidalam jangka waktu yang tidak terlalu lama disebut dengan inovasi. Proses tersebut meliputisuatu penemuan baru, jalannya unsur kebudayaanbaru yang tersebar ke lain-lain bagianmasyarakat, dan cara-cara unsure kebudayaan baru tadi diterima, dipelajari dan akhirnya dipakaidalam masyarakat yang bersangkutan. Penemuan baru sebagai akibat terjadinya perubahan-perubahan dapat dibedakan dalam pengertian
discovery
dan
invention
.
Discovery
adalahpenemuan unsur kebudayaan yang baru, baik berupa alat ataupun yang berupa gagasan yangdiciptakan oleh seorang individu atau serangkaian ciptaan para individu. Discovery sendiri akanberubah menjadi invention, jika masyarakat sudah mengakui, menerima serta menerapkanpenemuan baru tersebut.3) Munculnya berbagai bentuk pertentangan (
conflict 
) dalam masyarakat. Pertentanganini bisa terjadi antara individu dengan kelompok atau antara kelompok dengan kelompok.Mmisalnya saja pertentangan antara generasi muda dengan generasi tua. Generasi muda padaumumnya lebih senang menerima unsur-unsur kebudayaan asing, dan sebaliknya generasi tuatidak menyenangi hal tersebut. Keadaan seperti ini pasti akan mengakibatkan perubahan dalammasyarakat.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->