Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kepercayaan Terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru dalam Evaluasi Kinerja Individu

Kepercayaan Terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru dalam Evaluasi Kinerja Individu

Ratings: (0)|Views: 224 |Likes:
Published by keysa.girl

More info:

Categories:Types, Research
Published by: keysa.girl on Jun 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANI.1. Latar Belakang Masalah
Sistem teknologi informasi telah berkembang dengan pesat.Perkembangan sistem informasi tersebut perlu didukung banyak faktor yangdiharapkan dapat memberikan kesuksesan dari sistem informasi itu sendiriyang bisa dilihat melalui kepuasan pemakai sistem informasi. Perkembanganteknologi informasi saat ini banyak memberikan kemudahan pada berbagaiaspek kegiatan bisnis. Teknologi informasi telah membawa perubahan yangsangat mendasar bagi pemakai. Teknologi informasi menjadi suatu hal yangsangat penting dalam menentukan daya saing dan kemampuan untumeningkatkan kinerja di masa datang.Teknologi informasi merupakan bagian dari sistem informasi danteknologi informasi merujuk pada teknologi yang digunakan dalammenyampaikan maupun mengolah informasi (Aji, 2005 dalam Zulaikha danLestari, 2007). Suatu sistem informasi akan sukses apabila didukung oleh beberapa faktor pendukungnya, diantaranya partisipasi pemakai (Chandrarindan Indriantoro,1997; Setianingsih dan Indriantoro, 1998; Restuningdiah danIndriantoro, 2000; Suryaningrum, 2003; dan Lau, 2003 dalam Jumaili , 2005).Kepercayaan terhadap teknologi sistem informasi baru dalammengevaluasi kinerja individu diperlukan oleh manajemen untuk memastikan bahwa sistem baru yang berbasis komputer dapat digunakan untuk 1
 
mengendalikan kinerja bawahan. Keberhasilan sistem informasi suatu perusahaan tergantung bagaimana sistem itu dijalankan, kemudahan sistem itu bagi para pemakainya, dan pemanfaatan teknologi yang digunakan (Goodhue,1995 dalam Jumaili, 2005) .Evaluasi pemakai atas kecocokan tugas teknologi menjadi penting berkaitan dengan pencapaian kinerja individual yang tinggi. Goodhue danThompson (1995) menemukan kecocokan tugas teknologi akan mengarahkanindividu untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Penerapan teknologi dalamsistem informasi perusahaan hendaknya mempertimbangkan pemakai sistemteknologi yang diterapkan dapat dimanfaatkan sesuai dengan tugas dankemampuan pemakai. Tidak jarang ditemukan bahwa teknologi yangditerapkan dalam sistem informasi sering tidak tepat atau tidak dimanfaatkansecara maksimal oleh individu pemakai sistem informasi sehingga sisteminformasi kurang memberikan manfaat dalam meningkatkan kinerja individual(Irwansyah, 2003 dalam Jumaili).
Penelitian yang dilakukan Goodhue (1995) dalam Jumaili (2005) menyatakan bahwa jika evaluasi pemakai atasteknologi cocok dengan kemampuan dan tuntutan dalam tugaspemakai, maka akan memberikan dorongan pemakaimemanfaatkan teknologi. Oleh sebab itu evaluasi pemakaiakan digunakan sebagai alat ukur keberhasilan pelaksanaandan kualitas jasa sistem informasi yang dihubungkan dengankecocokan tugas tugas dengan teknologi.
2
 
Penelitian Goodhue (1995) dalam Jumaili (2005)menguji komponen dari tugas, teknologi dan individual sertainteraksi ketiga hal tersebut ke dampak evaluasi pemakaitanpa mengukur hubungan evaluasi pemakai terhadap kinerja.Irwansyah (2003) dalam Jumaili (2005) melakukan penelitianyang serupa dengan Goodhue yang memasukkan variabelkinerja individual dengan hasil evaluasi pemakai mempunyaihubungan yang positif signifikan terhadap peningkatan kinerjaindividual.Dalam penelitian ini, peneliti melanjutkan penelitiansebelumnya oleh Jumaili (2005) yang meneliti dengan melihattingkat kepercayaan terhadap teknologi informasi baru dalammengevaluasi kinerja individual menggunakan variabelteknologi, kinerja individual dan tingkat kepercayaan. Bedadengan penelitian sebelumnya adalah dalam penelitian inimenambahkan variabel pengaruh kondisi-kondisi yangmemfasilitasi pemakai. Atas dasar latar belakang di atas makapenulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul“Kepercayaan Terhadap Teknologi Sistem Informasi Barudalam Evaluasi Kinerja Individu”.
I.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, rumusanmasalahnya adalah apakah ada hubungan teknologi sistem
3

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Richi Dwi Rahayu liked this
Ruth Oktavia liked this
Melody Fisher liked this
Rey Lion liked this
Hari Waskito liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->