Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Iklan Dan Masyarakat

Iklan Dan Masyarakat

Ratings: (0)|Views: 292 |Likes:
Published by Robby Arrohman

More info:

Published by: Robby Arrohman on Jun 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2014

pdf

text

original

 
Tugas Iklan dan Masyarakat
Penyimpangan Etika Kebudayaan dan KasusPelanggaran Etika Pariwara Indonesia
Disusun Oleh:Alferda Jaya Saputra153090412Ilmu KomunikasiFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN”
YOGYAKARTA2012
 
Apakah iklan keluar dari tradisi atau etika kebudayaan ?
Iya, menurut saya iklan yang selama ini masyarakat ketahui khususnya dalammasalah ini di Indonesia sudah banyak menyimpang dari tradisi (etika) kebudayaanIndonesia yang kita percayai. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa etikakebudayaan yang ada di Indonesia ini cukup kental. Kebudayaan Indonesia yangidentik dengan kebudayaan timur selama ini selalu menjaga nilai moral dan normayang terkandung dalam masyarakat Indonesia. Iklan yang ditayangkan di berbagaitelevisi dinilai oleh berbagai pihak melanggar tata susila, adat istiadat dan budayabangsa yang ada. Benang kusut seputar dampak iklan pada masyarakat dankebudayaan di Indonesia, didasarkan pada kenyataan bahwa iklan memiliki pengaruhpada perilaku individu, sosial bahkan kesenjangan sosial.Kekhawatiran umum terutama bersendi pada pendapat bahwa motivasimemperoleh keuntungan merupakan motif utama dari aktivitas periklanan yangdengan sendirinya akan menyebabkan manipulasi-manipulasi informasi danmenimbulkan kultur konsumtif. Dimana para pelaku iklan memberikan apa yangdiinginkan masyarakat, bukan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan katalain, tampilan iklan yang ditayangkan tidak sekedar untuk menarik perhatianmasyarakat akan tetapi lebih menggiring masyarakat untuk memiliki produk-produk yang ditawarkan dalam iklan tersebut.Menurut para psikolog sosial dan peneliti komunikasi massa, secara kejiwaaniklan dapat memotivasi perilaku dan mengubah apa yang sebelumnya hanya sekedarkeinginan menjadi sebuah kebutuhan. Bahkan lebih jauh lagi, iklan dapatmenciptakan keinginan-keinginan baru dengan terus menerus mengarahkan hirarkikebutuhan konsumen. Beberapa contoh kasus iklan yang menyimpang dari etikakebudayaan yang ada di Indonesia antara lain adalah :1.
 
Iklan parfum Axe dimana dalam iklan tersebut menggambarkan wanita yangseronok menghampiri seorang lelaki yang berada dalam kamar mandi.
 
Dimana hal tersebut membuat orang terjerumus dalam fantasi negatif yangtidak sesuai dengan norma di negara kita.2.
 
Iklan mie sedaap dimana dalam iklan tersebut menggambarkan adeganseorang ayah yang menyuruh anaknya untuk berbohong kepada tamu yangdatang. Hal tersbut tidak baik untuk anak-anak karena mengajarkan anak untuk berbohong.3.
 
Iklan kondom sutera dan kondom Artika, karena dianggap menyodorkantampilan visual yang menjerumuskan orang untuk berfantasi seks.4.
 
Iklan Hers Protex Higienis yang menampilkan sosok perempuan public figureberpakaian ketat dengan rok berpotongan dada rendah, sehingga diasumsikanmengganggu nilai susila.Itu beberapa contoh iklan yang menyimpang dari etika kebudayaan diIndonesia. Kesimpulannya, masih banyak iklan yang ditayangkan yang menyimpangdari etika kebudayaan yang ada di Indonesia sehingga kita perlu lebih mengambilsikap dalam memahami arti dan tujuan dari iklan tersebut.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
iecha_iecha liked this
sdenira liked this
Apfit Ekhsani liked this
Rizal Ziya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->