Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Terapi Wicara pada Anak dengan Gangguan Dengar

Terapi Wicara pada Anak dengan Gangguan Dengar

Ratings: (0)|Views: 1,803|Likes:
Published by Nurul Falah Kaloko

More info:

Published by: Nurul Falah Kaloko on Jun 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
 
1
BAB IPENDAHULUAN
Bahasa adalah salah satu ciri khas manusiawi yang membedakannya dengan makhluk yang lain. Selain itu, bahasa mempunyai fungsi sosial, baik sebagai alat komunikasi maupunsebagai suatu cara mengidentifikasi kelompok sosial. Bahasa selain berfungsi sebagai alatkomunikasi untuk melangsungkan kegiatan sosial di masyarakat yang bertujuan menyampaikanpesan dari apa yang disampaikan, juga merupakan sesuatu masalah yang kompleks dan rumit jika dikaji lebih jauh.
1,2
Kemampuan bicara dan bahasa adalah infestasi terbesar anak di masa depan untuk mencapai berbagai prestasi. Keterlambatan bicara sering dialami anak dengan berbagaipenyebab. Orangtua harus mewaspadai gangguan bicara bila disebabkan karena gangguan yangberat.
2
 
Namun sebaliknya jangan meremehkan gangguan keterlambatan bicara yang ringan. Padagangguan keterlambatan bicara yang ringanpun akan membuat kualitas kemampuan anak dalamberkomunikasi di masa depan tidak optimal. Deteksi dini keterlambatan bicara pada anak sangatpenting untuk bisa segera dilakukan intervensi dan stimulasi lebih dini.
3
Gangguan pendengaran pada anak perlu dideteksi seawal mungkin mengingat pentingnyaperanan fungsi pendengaran dalam proses perkembangan bicara. Fungsi pendengaran danperkembangan bicara & bahasa sudah termasuk dalam program evaluasi perkembangan anak secara umum yang dilakukan oleh profesi di bidang kesehatan mulai dari tingkatan Posyandu.Gangguan berbicara bisa dibedakan pada tuna rungu (karena gangguan pendengaran) danpada non tuna rungu (karena sebab lain seperti autis). Anak autis misalnya, walaupun adagangguan bicara tetapi proses pemasukan kosa kata melalui telinga terus berlangsung sejak masih bayi. Kemungkinan besar ia mengerti apa yang didengarnya, hanya saja perlu bantuanuntuk bisa berbicara dengan baik. Dalam hal ini, prinsip terapi adalah melatih si anak berkonsentrasi, memperkenalkan prinsip-prinsip berkomunikasi (misal lewat permainansgantiangiliran) dan melatih berbicara (termasuk pengucapannya).Pada anak tungu rungu,
output 
bermasalah justru karena gangguan pada
input 
, sepanjangtidak mengalami gangguan lain selain pendengaran. Memanfaatkan sisa pendengaran yang ada
 
 
2
dengan Alat Bantu Dengar, gangguan pada
input 
ini dapat dikurangi semaksimal mungkinsehingga si anak bisa mendengar lebih baik (walau tidak sempurna).Terapi wicara dilakukan untuk memperbaiki gangguan berbahasa pada pasien agarmenjadi produktif agar memperbaiki kualitas hidupnya. Terapi wicara diberikan kepada merekayang mengalami gangguan komunikasi termasuk didalamnya adalah gangguan berbahasa, bicara,dan gangguan menelan. Terapi wicara wicara jg digunakan untuk membangun kembali kognisidan produktifitas pasien.
4
 
 
3
BAB IITINJAUAN KEPUSTAKAAN2.1 Definisi
Terapi Wicara adalah ilmu yang mempelajari perilaku komunikasi yang normal danabnormal, yang digunakan untuk memberikan terapi (proses penyembuhan) pada klien yangmengalami gangguan perilaku komunikasi yg meliputi kemampuan bahasa, bicara, suara, iramakelancaran. Sehingga mereka mampu berinteraksi dengan lingkungan secara wajar, tidak mengalami gangguan psiko-sosial serta mampu meningkatkan hidup dengan optimal.
1
Berbicara dan berbahasa adalah kemampuan fundamental bagi manusia, baik untuk pergaulan sosial maupun kehidupan intelektual pribadi. Gangguan bicara dan berbahsaamerupakan sumber disabilitas yang besar. Paul Broca menyatakan bahwa terapi afasia yangdilakukan dengan cermat dapat memberikan kemajuan dalam kemampuan berbahasa. Ia merawatseorang pasien afasia untuk beberapa bulan. Setiap kali ia mengunjungi pasien tadi, iaberbincang-bincang dan ia berhasil mengembangkan jumlah kosa kata pasien secara bermakna.
2
2.2 Proses Fisiologi Berbicara
Menurut beberapa ahli komunikasi, bicara adalah kemampuan anak untuk berkomunikasidengan bahasa oral (mulut) yang membutuhkan kombinasi yang serasi dari sistemneuromuskular untuk mengeluarkan fonasi dan artikulasi suara. Proses bicara melibatkanbeberapa sistem dan fungsi tubuh, melibatkan sistem pernapasan, pusat khusus pengatur bicara diotak dalam korteks serebri, pusat respirasi di dalam batang otak dan struktur artikulasi, resonansidari mulut serta rongga hidung.
2
Terdapat 2 hal proses terjadinya bicara, yaitu proses sensoris dan motoris. Aspek sensorismeliputi pendengaran, penglihatan, dan rasa raba berfungsi untuk memahami apa yang didengar,dilihat dan dirasa. Aspek motorik yaitu mengatur laring, alat-alat untuk artikulasi, tindakanartikulasi dan laring yang bertanggung jawab untuk pengeluaran suara.
2,3

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Alfi Wakhianto liked this
posniroha liked this
Hafaum Ufa Hafa liked this
Nisa liked this
ilma_ilem liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->