Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
38Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
permainan bola kecil

permainan bola kecil

Ratings: (0)|Views: 3,778 |Likes:
Published by Raiya Kamila
modul
modul

More info:

Published by: Raiya Kamila on Jun 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2013

pdf

text

original

 
 1
 
PENDAHULUAN
Permainan merupakan salah satu bagian yang diberikan dalam kegiatanpembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga dengan tujuan untuk meningkatkan derajat sehat, kebugaran, dan keterampilan. Sebagai pelaksanaanpendidikan jasmani dan olahraga, pokok bahasan permainan menjadi salah satumateri yang paling disukai peserta didik karena suasana yang dibangun sangatmenarik dan menantang. Sehingga peserta didik sering kali meminta permainanuntuk mengisi pembelajaran pendidikan jasmani. Permainan yang harus dipahamidan dikuasai oleh guru pendidikan jasmani dan olahraga mencakup permainanbola besar seperti sepak bola, bola voli, bola tangan, dan bola basket. Sedangkanpermainan bola kecil mencakup bola bakar dan bola kasti serta permainantradsional.Secara umum modul 1 ini ingin menjelaskan berbagai hal berkaitandengan: konsep dasar permainan, permainan bola besar, permainan bola kecil, danpermainan tradisional.Setelah dengan seksama mempelajari modul ini, secara khusus Andadiharapkan dapat:1.
 
Menjelaskan mengenai konsep dasar permainan dalam pelaksanaanpembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga2.
 
Menjelaskan cara bermain bola besar yang terdiri dari bola basket, bola voli,bola sepak, bola tangan.3.
 
Menjelaskan cara bermain bola kecil yang terdiri dari permainan kasti danroundes.4.
 
Menjelaskan cara melakukan permainan olahraga tradisional yang biasadilakukan anak-anak.Untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut, modul inidiorganisasikan menjadi empat Kegiatan Belajar (KB), sebagai berikut:
PERMAINAN
 Bahan Belajar Mandiri Bahan Belajar Mandiri Bahan Belajar Mandiri Bahan Belajar Mandiri
 
 2KB 1: Permainan moderenKB 2: Permainan tradisional.Untuk membantu Anda dalam mempelajari BBM ini, ada baiknyadiperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini:1.
 
Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan ini sampai Anda memahamisecara tuntas tentang apa, untuk apa, dan bagaimana mempelajari behanbelajar ini.2.
 
Baca sepintas bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci dari kata-katayang dianggap baru. Carilah dan baca pengertian kata-kata kunci tersebutdalam kamus yang Anda miliki.3.
 
tangkaplan pengertian demi pengertian melalui pemahaman sendiri dan tukarpikiran dengan mahasiswa lain atau dengan tutor Anda.4.
 
Untuk memperluas wawasan, baca dan pelajari sumberu-sumber lain yangrelevan. Anda dapat menemukan bacaan dari berbagai sumber, termasuk dariinternet.5.
 
Mantapkan pemahaman Anda dengan mengerjakan latihan dan melaluikegiatan diskusi dalam kegiatan tutorial dengan mahasiswa lainnya atautempat sejawat.6.
 
Jangan dilewatkan untuk mencoba menjawab soal-soal yang dituliskan padasetiap akhir kegiatan belajar. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Andasudah memahami dengan benar kandungan bahan belajar ini.
 
 3
Kegiatan Belajar 1Kegiatan Belajar 1Kegiatan Belajar 1Kegiatan Belajar 1
PERMPERMPERMPERMAINANAINANAINANAINAN MODERENMODERENMODERENMODEREN
PENGANTAR
Permainan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupanmanusia. Setiap orang sangat menyukai permainan karena dapat membuat orangmenjadi senang dan puas. Biasanya permainan dilakukan dengan aturan mainyang menjadi pengikat agar permainan menjadi hidup dan tertata apik. Olehkarena itu, setiap orang yang bermain diharuskan taat pada aturan main yangberlaku. Keragaman jenis permainan telah menjadi daya tarik tersendiri yangmemungkinkan setiap orang dapat memilihnya sesuai kesukaannya. Untuk lebihmemahami secara jelas mengenai permainan ini, maka diuraikan konsep dasarbermain.
A.
 
Konsep Dasar Permainan Moderen
Permainan dalam konteks pendidikan dapat dimanfaatkan sebagaipembekalan pentingnya aktivitas fisik untuk meningkatkan kondisi sehat,kebugaran fisik, hubungan sosial, pengendalian emosi, dan moral. Untuk itu, guruperlu memahami konsep dasar dan strategi pembelajarannya. Permainan ataubermain merupakan fenomena masyarakat, dari mulai kanak-kanak hingga orangtua. Bagi anak-anak bermain menjadi suatu kebutuhan utama dan terkadangmereka lupa waktu. Dalam bermain dilakukannya secara sungguh-sungguh dantidak ada paksaan. Oleh karena itu, maka permainan perlu ditentukan aturannyaagar berjalan tertib dan teratur.Mengapa permainan harus dipahami oleh para guru pendidikan jasmani?Jawabannya, karena permainan telah lama disenangi dan mempengaruhikepribadian serta kehidupan manusia. Dalam konteks pendidikan, permainan telahmampu membuat peserta didik lebih cepat, cermat, dan cerdas dalam bertindak dan berpikir dan yang lebih esensial tentunya adalah kepuasan dan kesenanganyang menjadi pendorong peserta didik untuk mau belajar sungguh dalam suasanamenyenangkan tersebut.

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Isra Avenged liked this
putu_adit8210 liked this
Tha Sii Sintha liked this
Shetea Siti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->