Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Take Home Test DasLinTan,ARIANI 095009090

Take Home Test DasLinTan,ARIANI 095009090

Ratings: (0)|Views: 55 |Likes:
Published by ariani_rezpector

More info:

Published by: ariani_rezpector on Jun 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2013

pdf

text

original

 
Nama : Ariani AdiprajaNPM : 095009090Prodi : AgribisnisKelas : BTake Home Test 
MATA KULIAH DASAR PERLINDUNGAN TANAMANProgram Studi Agribisnis1.
 
Mengapa mata kuliah Dasar Perlindungan Tanaman diperlukan dalam kurikulum Agribisnis?Jawab
: Mata kuliah Dasar Perlindungan Tanaman diperlukan dalam kurikulumAgribisnis.
Karena perlindungan tanaman mempunyai peranan yang sangat penting dalammempertahankan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas dari produk-produk pertanian. Yang merupakantujuan sistem Agribisnis untuk mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin dari usahasistem agribisnis.Selain itu, ada beberapa peran penting lainnnya diantaranya sebagai berikut :1.Mendorong peningkatan kuantitas dan mutu produk Dapat dikendalikan kerusakan dan kehilangan hasil akibat dari seranagan hama tersebut. Sehinggadengan dikendalikannya hama-hama yang merusak tanaman itu maka kuantitas hasil pertanian akanmeningkat. Selain itu, adanya gejala penyakit pada tanaman akibat serangan patogen seperti jamur,bakteri, dan virus, juga dapat mengurangi kualitas dari produk pertanian. Hal ini karena buah dansayuran terkena serangan patogen sehingga menjadi busuk dan kualitasnya menurun akibatnyakonsumen tidak mau membeli.2.Mempertahankan produktivitas pertanian pada taraf tinggiKegiatan perlindungan tanaman dengan mengendalikan OPT, secara umum akan mempertahankanproduktifitas. Karena intensitas serangan hama dan penyakit dapat berkurang sehingga kuantitasproduksi dapat ditingkatkan.3.Meningkatkan kontinuitas produk, antara lain menjamin keberhasilan penanaman
 
Dengan perlindungan tanaman maka keberhasilan penanaman komoditas pertanian dapat dijaminkeberhasilannya. Hal ini karena hama dan penyakit yang menyerang biji dapat dikurangi dandikendalikan sehingga biji akan berdomansi dan berkecambah akibatnya tanaman akan tumbuhdengan baik.4.Mengurangi biaya produksi dan meningkatkan efisiensi produksi sehingga harga lebih dapatbersaingPengendalian terhadap serangan hama dan patogen pada komoditas pertanian dapat mengurangibiaya produksi dan meningkatkan efisiensi produksi. Dengan memperkirakan serangan OPT akanmengefektifkan penggunaan pestisida sehingga biaya produksi akan berkurang. Jika serangan OPTdapat dikendalikan maka fokus dan konsentrasi terhadap budidaya tanaman akan meningkatsehingga kuantitas produksi dan kualitasnya dapat diperkirakan.5.Meningkatkan keamanan produk dan menurunkan kandungan residu cemaran berbahaya (pestisidadan logam berat) pada produk pangan sehingga tidak berbahaya bagi konsumen6.Meningkatkan kepercayaan pasar domestik dan global terhadap produk pertanian IndonesiaJika produk pertanian kita tidak terserang oleh hama maupun penyakit atau dengan kata alin terbebasdan OPT maka produk kita akan dipercaya oleh luar negeri sehingga mereka akan mengimporproduk kita secara berkelanjutan.Mendorong peningkatan kualitas manajemen usaha, kemandirian dan volume usahaPembagian kerja atau manajemen kerja dapat dilakukan dengan dengan baik sehingga terciptamanajemen usaha yang berkualitas.1.Memberdayakan dan memandirikan petani sebagai pengelola usaha tani yang profesional danberorientasi pasar serta selera konsumen.2.Meningkatkan kemampuan kelompok tani menjadi unit pembelajaran, unit produksi dan unitpemasaran.3.Meningkatkan kesadaran dan komitmen petani terhadap pelestarian lingkungan hidup lokal,nasional, dan global.4.Meningkatkan kemampuan petani dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi khas lokasi,memanfaatkan sumberdaya lokal, berwawasan lingkungan dan berdaya saing.
 
Maka, Mata kuliah Dasar Perlindungan Tanaman Diperlukan dalam kurikulum Agribisnis. Untuk menambah pengetahuan mahasiswa dalam melakukan usaha agribisnis di lapangan/masyareakatsehingga dapat memaksimalkan usaha agribisnis.
2. Bagaimana posisi karantina antara dalam proses perlindungan tanaman? Apa kriteriasuatu lokasi dijadikan karantina antara? Sertakan pula jenis OPTK yang termasuk dalam keputusan mentri pertanian Nomor 627 tahun 2003?

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->