Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
33Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Tiroid

Makalah Tiroid

Ratings: (0)|Views: 1,813 |Likes:
tiroid
tiroid

More info:

Published by: Jelytha Intanica Limbong on Jun 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/02/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar belakang
Banyak orang yang tak menyadari datangnya gangguan tiroid. Inilah yangmembuat jumlah penderita tiroid terus meningkat. Tanpa penanganan yang tepat,tiroid bisa berakibat fatal terhadap kesehatan.Bentuk organ tubuh yang satu inimemang kecil.Menyerupai kupu-kupu, kelenjar tiroid terletak di pangkal leher,tepatnya berada di depan saluran udara atau tenggorokan dan di bawah jakun.Meski bentuknya kecil dan cenderung tidak diperhatikan, namun kelenjar tiroidmerupakan salah satu dari kelenjar endokrin yang berpengaruh besar pada tubuhmanusia.
Apalagi bila “si kecil” ini meradang, tubuh pun ikut meringis kesakitan.
Ironisnya, banyak orang yang tidak menyadari saat tiroid mengalami gangguan.Sebagian dari mereka baru mendatangi dokter ketika gangguan tiroid sudah cukupparah. Gangguan tiroid hampir 50% tidak disadari oleh si penderita. Padahal.tiroid fungsinya sangat luas sehingga apabila terjadi gangguan, maka akanberdampak besar pada kesehatan.
 
Tak heran bila jumlah penderita tiroid pun terusmembengkak saat ini diperkirakan sekitar 300 juta orang di dunia alami gangguanfungsi kelenjar tiroid. Data dari RSCM menunjukkan, dalam satu bulan kuranglebih terdapat 288 sampai 300 pasien kunjungan dengan penyakit tiroid.Semakin bertambahnya jumlah penderita gangguan tiroid ini dikarenakanbanyak orang yang tidak menyadari gejala dan dampak gangguan tiroid. Penyebablain juga dikarenakan tiroid memiliki gejala yang serupa dengan penyakit lainyang mengakibatkan keterlambatan diagnosis yang menjadikan tertundanyapenanganan.
 
2
B.
 
Tujuan
1. Tujuan UmumTujuan umum dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui danmemahami tentang penyakit tiroid, beserta obat-obatan yang dipakai dalampengobatan penyakit tiroid dan proses keperawatan penyakit tiroid itu sendiri.2. Tujuan KhususTujuan khusus dari penulisan makalah ini adalah :1.
 
Untuk mengetahui dan memahami pengertian serta jenis-jenis penyakittiroid.2.
 
Untuk mengetahui jenis-jenis obat pada penyakit tiroid.3.
 
Untuk mengetahui hubungan antara penyakit tiroid dengan obat yangdigunakan.4.
 
Untuk mengetahui proses keperawatan untuk penyakit tiroid.
C.
 
Metode Penulisan
Metode penulisan makalah ini menggunakan metode deskritif dengan cara:
 
Studi literaturPenulis membaca referensi-referensi yang berhubungan denganmateri yang ada.
D.
 
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan makalah ini adalah :BAB I : Pendahuluan, yang menguraikan tentang latar belakang, tujuanumum, Tujuan khusus, metode penulisan, serta sistematika penulisan.BAB II : Tinjauan Pustaka, menguraikan tentang jenis-jenis penyakit tiroid,obat-Obatan untuk penyakit tiroid, hubungan antara penyakit tiroid dan obatserta proses keperawatannya.
 
3
BAB III :Penutup, menguraikan tentang kesimpulan yang diperolehPenulisan makalah ini serta saran-saran yang positif yang dapatMembangun kiat belajar sebagai mahasiswa.

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
fateee liked this
fateee liked this
stephaniedian liked this
stephaniedian liked this
stephaniedian liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->