Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
38Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Larutan Baku

Larutan Baku

Ratings: (0)|Views: 1,007 |Likes:
Published by Denny Deny

More info:

Published by: Denny Deny on Jun 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANI.1 Latar Belakang
Farmasi meliputi pengetahuan di bidang kesehatan yangmerupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia yangmempunyai tanggung jawab efektifitas dan keamanan pengguna obat.Jadi, sebagai mahasiswa farmasi kita harus biasa memadukan danmempelajari ilmu kimia yang sering dijumpai di berbagai jenis larutan.Larutan-larutan tersebut merupakan campuran dari dua bahan atau zatyang berbeda baik dari bahan cair maupun padat.Larutan terdiri dari zat terlarut dan zat pelarut. zat terlarutmerupakan zat atau komponen yang berwujud gas, cair, maupun padatyang jumlahnya lebih kecil dan membentuk larutan baku yang homogensedangkan pelarut adalah zat atau komponen atau yang pada umumnyaberwujud cair yang jumlahnya lebih banyak dari pada zat terlarut.Berdasarkan volume satuan larutan yang konsentrasi telah diketahui yangbereaksi secara kuantitatif dengan larutan suatu zat yang diselidiki. Olehkarena itu sebelum membuat larytan baku diharapakan mahasiswa tahuterlebih dahulu alat-alat yang digunakan dalam membuat larutan baku,sehungga memperlancar proses praktikum.Diharapkan dengan diadakannya percobaan praktikum inimahasiswa farmasi dapat lebih terampil dalam pembuatan larutan baku.
 
Selain itu diharapkan dapat mengetahui, mengerti, dan mamahami pokokpembahasan tentang percobaan ini.
 
I.2 Maksud dan TujuanI.2.1 Maksud percobaan
a. Dapat mengenal macam-macam larutan baku.b. Dapat membuat larutan baku dengan konsentrasi tertentu.
I.2.2 Tujuan percobaan
a. Dapat membuat larutan baku dari bahan padat dengan konsentrasitertentub. Dapat membuat larutan baku dari bahan cair dengan konsentrasitertentu.
I.3 Prinsip Percobaan
Pada percobaan ini dilakukan pembuatan larutan baku Natriumhidroksida dan Asam klorida. Dimana menggunakan larutan Kaliumbiftalat sebagai katalisator pada pembuatan larutan baku Natriumhidroksida dan menggunakan indikator Phenolftalein, sedangkan padalarutan baku Asam klorida menggunakan katalisator Natrium karbonat danindikator Phenolftalein.
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAII.1 Teori Umum
Larutan adalah campuran yang serba sama dari dua zat atau lebih.Di dalam larutan ada yang bertindak sebagai zat pelarut dan zat terlarut.Pelarut adalah zat atau komponen, yang umumnya bersifat cair yang jumlahnya lebih banyak, sedangkan zat terlarut adalah komponen baikgas, cair, maupun padat yang jumlahnya lebih sedikit danperbandingannya dinyatakan dalam konsentrasi.Larutan merupakan sediaan cair yang mengandung bahan kimiaterlarut. Larutan yang telah di ketahui konsentrasinya dengan pasti disebutlarutan baku. Larutan baku terbagi atas dua yaitu larutan baku primer danlarutan baku sekunder. ( 1 dan 2 )
II.2 Uraian Bahan
1. Natrium Hidroksida ( FI ed.III,412 )- Nama resmi : NATRII HYDROXYDUM- Sinonim : Natrium hidroksida- RM/BM : NaOH / 40- Pemerian : Bentuk batang, butiran, massa hablur keping, kering, keras, rapuh danmenunjukkan susunan hablur : putih, mudah

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ernida Amda liked this
Ayu Lestari liked this
Shes She liked this
Karla Fransiska liked this
Rina Nur Azizah liked this
Jim Colins liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->