Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
menulis

menulis

Ratings: (0)|Views: 263|Likes:
Published by Satriyo Widodo
semoga bermanfaat
semoga bermanfaat

More info:

Published by: Satriyo Widodo on Jun 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2012

pdf

text

original

 
TEORI PEMBELAJARAN BAHASA
BAB 1IHWAL TEORI PEMBELAJARAN BAHASA1.1Rasional
Ciri – ciri dunia modern ialah muncul dan berkembangnya teori – teori dalam semua bidang sebagai hasil pemikiran dan penelitian. Dahulu nenek moyang manusia tidak pernahatau jarang berteori dalam menghadapi atau mengerjakan sesuatu. Mereka biasanyalangsung praktik dengan metode coba dan gagal, lalu perbaiki.akan tetapi kita hidup dalamdunia modern, karena itu berteori dalam hal pembelajaran bahasa bukanlah sesuatu yangmengada – ada. Walaupun berbahasa itu merupakan fitrah manusia, dalam dunia modernini kemampuan berbahasa seseorang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbahasa,yang pada tujuan akhirnya akan meningkatkan taraf hidup bagi manusianya sendiri. Untuk mendapat model pembelajaran bahasa yang baik itu perlu dicari rujukan teorinya . dengan berbagai teori pembelajaran proses belajar mengajar bahasa yang baik dan tepat itu perludiciptakan.
1.2pengertian dan ragam teori pembelajaran bahasa
teori pembelajaran bahasa atau teori belajar bahasa adalah teori mengenai bagaimanamanusia mempelajari bahasa , dari tidak bisa berkomunikasi antar sesama manusia denganmedium bahasa menjadi bias berkomunikasi dengan baik. Kegiatan ini dilakukan manusiamulai lahir sampai dewasa.Selanjutnya para ahli memiliki kesimpulan dengan berbagai penelitian yangada,diantaranya :1.hanya manusia yang berbahasa atau berkomunikasi dengan menggunakan bahasa.
 
2.Manusia tidak dilahirkan langsung berbahasa. Manusia hanya diberi kemampuan untu berbahasa, dan mereka mengembangkan kemampuan mereka.3.Bahasa adalah media utama manusia untuk berkomunikasi antara manusia yang satudengan manusia yang lainya.
4.
Teori artinya himpunan konsep,pengertian,hasil pemikiran dan penelitian untuk menjelaskan sesuatu secara ilmiah dan diperoleh secara umum dan khusus. Batasan lainmengatakan,
teori adalah suatu himpunan pengertian atau konsep yang saling berkaitan yang menyajikan pandangan sistematis tentang gejala-dengan menetapkanhubungan yang ada diantara variable – variable dengan tujuan untuk menjelaskan serta meramalkan gejala – gejala tersebut. (kerlinger, 1973:9)
Ragam pembelajaran bahasa dibagi menjadi dua yaitu :
1.Pembelajaran Bahasa Pertama
Pembelajaran bahasa pertama adalah pembelajaran yang berhubungan dengan bahasayang mula-mula diperoleh sejak kecil/bayi biasa disebut sebagai bahasa ibu. Dalammelaksanakan pemerolehan bahasa pertama ada beberapa strategi pelaksanaan yangdigunakan diantaranya, strategi peniruan (imitasi), strategi produktivitas, strategiumpan balik, dan strategi prinsip operasi.
2.Pembelajaran Bahasa Kedua
Pembelajaran bahasa kedua adalah pembelajaran yang behubungan dengan bahasaselanjutnya setelah bahasa pertama, biasanya terjadi pada remaja dan orang dewasadimana mereka mengembangkan bahasa mereka dengan berbagai cara yang ada danmengembangkanya.Beberapa kegunaan teori termasuk teori pembelajaran bahasa :
 
1.Teori yang benar akan lebih menyempurnakan suatu praktik 2.Teori memperjelas sesuatu, membuat orang mengerti sesuatu, dan member tahu bagaimana mengerjakan sesuatu.3.Teori mampu merangsang pengetahuan baru dengan jalan memberikan bimbinganke arah penelitian selanjutnya,misalnya dengan membuat penelitian denganmemanfaatkan berbagai teori yang diperoleh sehingga membuat hasil penelitianmenjadi lebih maksimal.Beberapa teori yang sering dipakai dalam mempelajari bahasa ,telah mengemukakan beberapa teori pembelajaran yaitu :
1.Teori behavioristik 
Teori ini dimotori oleh B.F. Skinner dengan bukunya Verbal Behavior (1957).Teori ini didasarkan pada teori belajar stimulus – respon . skinner berpendapat bahwa :a.Teori belajar behavioristik ini bersifat empiris, didasarkan pada data yang dapatdiamati.
b.
Kaum behavioristik menganggap proses belajar pada manusi sama dengan proses belajar pada binatang dan manusi tidak memiliki potensi bawaan untuk  belajar bahasa.
c.
Belajar bagi kaum behavioristik adalah proses pembentukan hubunganassosiatif antara stimulus dan respon yang berulang – ulang sehingga terbentuk kebiasaan.d.Pengkondisian selalu disertai ganjaran sebagai penguatan assosiasi antarastimulus dan respone.Bahasa adalah prilaku manusia yang komplek diantara diantara perilaku yanglain.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->