Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teknik Biola

Teknik Biola

Ratings: (0)|Views: 448 |Likes:
Published by ekoeuy

More info:

Published by: ekoeuy on Jun 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2013

pdf

text

original

 
Saturday, March 20, 2010
TanggaNada minor merupakan tangganada Minor diatonik atau biasa di sebut dengan minor diatonis iniberbeda jauh dengan tangga nada Mayor.Perhatikan gambar berikut :contoh gambar di atas adalah tangga nada A minor diatonis yang mana unsur solmisasi terdiri dari :La : Nada "a"si : Nada "b"do : Nada "cis" menjadi "c" ( terkena tanda Pugar pada gambar )re : Nada "d"mi : Nada "e"fa : Nada "fis" Menjadi "f" ( terkena tanda Pugar pada gambar )sol : Nada :"gis" Menjadi "g" ( terkena tanda Pugar pada gambar )la : Nada "a" Oktaf berikutnyadan begitu pula turun dengan kebalikannyaGambar penjarian tangga nada tersebut pada BiolaDimulai dari jari "0" pada snar "A" atau senar los/tidak di tekan. Kemudian di terus dengan jari "1" danseterus nya hingga letak jari seperti pada gambar di atas
Posted by Ritter blog at 4:18 AM0 comments
 
Thursday, March 18, 2010
Perhatikan gambar di atas. Dalam contoh gambar tersebut, tangga nada yang digunakan adalah tangganada A mayor 1 oktaf. Yang mana bila dimainkan di biola dimulai dari dawai yang ke-2 dari bawah (senar A ). Pada gambar tersebut di atas, terdapat angka menunjukan jari yang di gunakan pada biola.Solmisasi yang digunakan adalah : Do, Re, Mi, Fa, Sol, la, si, Do dan kembali turun dengan kebalikannya.Tangganada tersebut memiliki nuansa musik tegar, gembira dll. 3 suara atau arpegio dari tangga nadaMayor tersebut adalah Do, Mi, dan SolContoh tangga nada di atas bisa dilakukan hingga 1 oktaf lebih pada instrumen biola atau instrumenbernada lainya.Dan gambar di bawah ini adalah letak jari pada instrumen biola untuk memainkan not seperti gambar diatas.
 
Posted by Ritter blog at 5:28 AM0 comments
Friday, March 12, 2010
tanggan nada merupakan dasar belajar alat musik apa saja. Tidak hanya biola, tetapi piano daninstrumen musik lainnya juga menggunakannya. Dan tangganada itu menunjang sekali dalamperkembangan permainan musik seseorang.Banyak pemain musik yang merasakan bosan pada teknik tangga nada. sesungguhnya Tangga nadasangat penting. Improfisasi jenis musik, seperti jazz, pop, kroncong, atau jenis musik di daerah tertentumempunyai jenis tangga nada yang menunjukan karakter musik itu sendiri. Penggunaan 3 suara arpegioyang menjadi unsur sebuah akord juga sangat bermanfaat dalam melakukan improfisasi.Dalam bahasan saya saat ini adalah mengenali Tangga nada mayor dan minor di dalam teori musikdasar. Tanga nada ini bisa digunakan didalam isntrumen musik apa saja. Nuansa yang ditimbulkanmemiliki karakter masing-masing berbeda dari setiap Tangga nadanya. Tangga nada minor memilikinuansa yang cenderung sedih. Sedangkan Tangganada Mayor memiliki nuansa Tegas dan gembira.Untuk detail tangganada Mayor dan minor ada pada posting berikutnya.
Tuesday, February 17, 2009
biola memiliki teknik yang sejuta banyaknya. Sangat banyak.....Perlu bertahun-tahun untuk bisa menguasai berjuta-juta teknik tersebut. Memang terlihat amatmenakutkan. Tetapi itu semua adalah tantangan seorang pemain biola. Ingat bila kita belajar bioladengan pendamping yang benar maka kita akan mendapat teknik yang benar dalam memainkan biola.Teknik dasar sangat penting dalam belajar musik. Ibarat rumah adalah pondasinya. Bila rumah memilikipondasi yang kokoh,, maka rumah itu akan dibangun seberapa tinggi juga ga ada masalah.. Bahkanakan terlihat bagus dan megah..Begitupula dengan bermain musik.. Jika kita sudah memiliki teknik dasar biola yang bagus dan benar,,Maka bila kita ingin meningkatkan skil kita,, sangat mudah dan cepat. Tinggal cari teknik yang ingin kitapelajari dan latih.. Maka 2 bulan bahkan kurang,, kita sudah bisa menguasai teknik itu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->