Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Wiring Kereta API

Sistem Wiring Kereta API

Ratings: (0)|Views: 146 |Likes:
Published by Fajar Rosalina

More info:

Published by: Fajar Rosalina on Jun 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2013

pdf

text

original

 
18
BAB IIISISTEM
WIRING
KERETA API3.1
 
Gambaran umum sistem kelistrikan pada kereta
Kelistrikan dalam kereta meliputi lampu penerangan ,lampu informasi lampusinyal, fandelier,exhaust fan, audio video,pintu otomatis dan air conditioner untuk kereta kelas eksekutif (K1).Lampu yang dipakai untuk mendukung kenyamanan penumpang terdiri daridua macam yaitu lampu tabung/flourescent dengan komponen pendukungnya danlampu pijar dengan komponen pendukungnya.
3.2
 
Kabel dan Jenis Kabel pada Instalasi Kereta Api
 1.
 
Kabel yang digunakan dalam instalasi pada kereta api banyak ragamnya seiringdengan perkembangan bahan isolasinya.jenis kabelnya memiliki singkatan yangterdiri dari sejumlah huruf dan kadang juga menggunakan kode angka.2.
 
Karena jenis kabel sangat banyak,sehingga tidak mudah untuk mengenalikonstruksi suatu kabel hanya dari nama singkatannya sekalipun nama singkatandisusun mennurut suatu sistem tertentu.3.
 
Kabel yang di produksi di Indonesia menggunakan bahan isolasi termo plastik.Untuk kabel arus kuat umumnya digunakan PVC. Tegangan nominalnya masih
 
19terbatas sampai 6/10 KV. Kabel dengan bahan isolasi kertas dan berselubunglogam (timbel) saat ini masih belum atau tidak di buat di dalam negeri.
3.3
 
Bahan Penghantar Yang Umumnya Digunakan
 1.
 
TembagaJenis penghantar untuk kabel listrik digunakan tembaga atau aluminium.Tembaga yang digunakan untuk penghantar kabel,umumnya terbuat dari tembagaelektrolisis dengan kemurnian 99,9%. Daya hantar tembaga sangat dipengaruhi olehketidakmurniannya. Misalnya campuran besi sebanyak 0,02% akan meningkatkantahanan jenis tembaga sekitar 10%. Kekerasan dan kelunakan tembaga jugamempengaruhi daya hantar listriknya. Jadi pada kenaikan suhu 10 derajat celciusakan meningkatkan tahanan jenisnya sekitar 4%.2.
 
AluminiumBahan aluminium untuk kabel berisolasi harus mempunyai kemurniansekurang-kurangnya 99,9%. Alumunium ini jauh lebih ringan daripada tembaga.Berat jenis aluminium dan tembaga pada 20 derajat celcius adalah 2,7 dan 8,9. Untuk penyambungan penghantar aluminium memerlukan teknik khusus, sehinggamenimbulkan masalah pada proses pemasanganya,karena aluminium tidak mudah disolder atau di las seperti pada bahan tembaga.
 
20
3.4
 
Proses
Wiring
Pada Kereta
Wiring
atau pengkabelan adalah komponen utama dalam sistem kelistrikan.Pada PT. INKA Sub
Wiring
terdapat pada bagian Pemasangan Komponen Listrik/ PMKL pada
 Departement Finishing
.Gambar 3.1 Diagram Proses pengerjaan
Wiring
Pada Bagian PMKL

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->