Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penciptaan Hawa

Penciptaan Hawa

Ratings: (0)|Views: 595|Likes:
Published by Alex Kosongtujuh

More info:

Published by: Alex Kosongtujuh on Jun 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/18/2013

pdf

text

original

 
Bab IPENDAHULUANa.Latar Belakang Masalah
Dimanapun kita berada sebagai umat beragama khususnya umat islam tetapmengakui manusia pertama adalah nabi Adam as. dan ini tidak bisa dipungkiri olehumat islam kecuali hatinya telah tertutup dan jauh tertinggal dari hukum-hukum danajaran-ajaran dalam islam yang senantiasa berpegang kepada Alquran dan Hadist.Tetapi permasalahan yang timbul dan menjadi kontroversi bagi sebagianulama adalah tentang penciptaan
 Hawa.
sebagaimana dalam al-Quran Allah berfirman :Hai sekalian manusia,bertakwalah kepada TuhanMu yang telahmenciptakan kamu dari
diri yang satu
dan daripadanya Allah menciptakan istrinyadan dari pada keduanya Allah memeperkembangbiakkan laki-laki dan perempuanyang banyak .
1
 Kita sering mendengar cerita bahwa Hawa diciptakan dari pada tulang rusuk Adam. Sehingga terdapat ungkapan yang mengatakan wanita dijadikan dari padatulang rusuk supaya yang dekat dengan hati dan supaya sering didampingi sertadiingati dan bermacam-macam lagi. Begitu juga, hampir semua kitab-kitab tafsir menyebutkan kisah penciptaan Hawa dan menjadi asas kepada ulama tafsir ketikamenjelaskan maksud ayat pertama surah al-Nisa’, dalam ayat ini ulama mufasirin berbeda pendapatHai sekalian manusia,bertakwalah kepada TuhanMu yang telahmenciptakan kamu dari diri yang satu dan daripadanya Allah menciptakan istrinyadan dari pada keduanya Allah memeprkembangbiakkan laki-laki dan perempuanyang banyak. Dan Bertakwalah kepada Allah dengan mempergunakan namaNyakamu saling meminta satu sama lain dan peliharalah hubungan silatuhrahim,sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.
2
1Q.S Aurat an-Nisa : 12Ibid
1
 
Dari ayat ini menurut mufassirin ialah dari bagian tubuh ( tulang rusuk) Adama.s berdasarkan hadist riwayah Bukhari Muslim. Disamping itu ada pula yangmenafsirkan yaitu dari unsur yang serupa yakni tanah yang sama dengan tanahuntuk meciptakan adam.Dalam kenyataannya tidak ada satupun ayat al-Quran dan Hadis Rasulullahs.a.w. yang jelas menyebutkan hakikat kejadian Hawa. Al-Quran tidamenyebutkan Hawa dicipta dari pada Adam tetapi manusia itu dicipta dari pada jiwa yang satu.
b.Rumusan Masalah
dari permasalahan diatas penulis akan merumuskan pertanyaan dibawah ini;1.Apakah Hawa diciptakan dari tanah seperti Nabi Adam atau dari tulangrusuknya (adam)?2.apakah ada dalil selain al-quran yang lebih detail tentang penciptaanhawa?
BAB IIPEMBAHASAN
1. Hawa bukan diciptakan dari tulang rusuk Adam
 
Untuk mengetahui perihal penciptaan perempuan (Hawa), maka kita haruskembali membuka sejarah penciptaan manusia pertama, yaitu Adam dan Hawa,karena semua silsilah keturunan manusia berakhir pada keduanya. Oleh sebab itu,apakah dalam proses penciptaan keduanya terjadi perbedaan atau tidak? Karenamengenai hal ini terdapat beberapa pendapat yang saling kontradiksi, begitupulaterdapat beberapa hadis yang saling menyalahkan, satu mengatakan perempuandiciptakan dari tulang rusuk nabi Adam, tapi lainnya mengatakan “tidak”.Sebenarnya apakah betul perempuan diciptakan dari tulang rusuk nabi Adam,ataukah sama seperti halnya nabi Adam diciptakan dari tanah juga? kalau memanghal tersebut benar, apakah menunjukkan derajat perempuan lebih rendah dari lelaki?Untuk memahami prihal tersebut sebaiknya kita merujuk ke beberapa ayatsebagai berikut: “Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Tuhan-mu yang telahmenciptakan kamu dari jiwa yang satu (nafs wahidah), dan dari padanya Allahmenciptakan istrinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak…”(Qs Al-Nisaa’:1). “Dia menciptakan kamu dari seorang jiwa (nafs wahidah) kemudian Dia jadikan daripadanya istrinya…”(QS,az-Zumar:6).Dan, “Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (nafs wahidah)dan daripadanya Dia menciptakan istrinya…”(QS,Al-A’raf:189).Audiensi dalam surat an-Nisa’ adalah suluruh manusia, dan kita ketahui pula bahwa manusia mencakup lelaki dan perempuan. Artinya, Tuhanmemerintahkan kepada seluruh manusia baik lelaki dan perempuan untuk bertaqwa.Taqwa itu sendiri merupakan urusan dan hidangan ruhani. Dari sisi lain, ruh adalahsesuatu nonmateri, dan di dalam kenonmaterian tidak ada istilah lelaki-perempuan.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->