Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pengembangan Profesi Konselor Kelompok 11

Makalah Pengembangan Profesi Konselor Kelompok 11

Ratings: (0)|Views: 1,277|Likes:
Published by didikcahyo21

More info:

Published by: didikcahyo21 on Jul 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/13/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan terhadap pengetahuankhusus yang akan mendukung profesi yang akan digelutinya tersebut. Dalammelaksanakan tugas-tugas profesi itu, dituntut adanya penguasaan terhadap pengetahuan atau teori dan praktis yang sesuai. Untuk dapat mencapaikesesuaian tersebut terkadang diperlukan kesesuaian antara perkembangan jamandan kebutuhan yang ada di masyarakat. Berdasarkan pada hal tersebut, makasuatu profesi perlu melakukan pengembangan terhadap profesi tersebut.Pengembangan itu tentunya bertujuan agar profesi tersebut menjadi lebih baik lagi. Bimbingan Konseling sebagai suatu profesi juga perlu melakukan pengembangan. Salah satu hal yang dapat menunjukan pentingnya dilakukan pengembangan terhadap profesi Bimbingan Konseling adalah semakin kompleksnyamasalah-masalah yang dihadapi oleh individu dalam kehidupannya serta adanya perbedaan kepribadian pada individu tersebut, berdasarkan pada hal tersebutdiperlukan suatu metode-metode baru yang tepat untuk mengentaskan masalah yangsemakin kompleks tersebut.Selain pengembangan untuk pelaksanaan tugaskonselor, pengembangan profesi juga perlu untuk masa depan profesi tersebutmelihat sekarang ini banyak sekali adanya miskonsepsi tentang profesiBimbingan Konseling itu sendiri terutama terhadap Guru BK yang terdapat disekolah-sekolah, tugas-tugas yang seharusnya tidak dikerjakan oleh Guru BK  justru dikerjakan oleh Guru BK, ini tentunya bertentangan dengan tugasmereka. Hal-hal tersebut adalah sebagian kecil dari masalah yang dihadapi,melihat pada hal tersebutlah diperlukan suatu pengembangan terhadap profesiBimbinganKonseling itu sendiri. Pengembangan ini selain untuk dapatmengatasi berbagai masalah yang dihadapi atau mungkin akan dihadapi, pengembangan ini juga untuk menjaga eksistensi profesi Bimbingan Konselingitu sendiri.
1
 
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas dapat ditarik beberapa rumusan masalah,diantaranya:
1.
Bagaimanakah kriteria profesi menurut Liebermen?
2.
Bagaimanakah kriteria profesi menurut Abraham Flexner?
1.3 Tujuan
1
Mengetahui kriteria profesi menurut Liebermen.
2
Mengetahui kriteria profesi menurut Abraham Flexner.
2
 
BAB 2PEMBAHASAN2.1 Liebermen
Lieberman (1956), mengemukakan bahwa karakteristik profesi kalaudicermati secara seksama ternyata terdapat titik-titik persamaanya. Diantara pokok-pokok persamaannya itu iyalah sebagai berikut:
1.
 A unique, definite, and essential service
Profesi itu merupakan suatu jenis pelayanan atau pekerjaan yang unik (khas), dalam arti berbeda dari jenis pekerjaan atau pelayanan apapun yanglainnya. Disamping itu, profesi juga bersifat definitif dalam arti jelas batas- batas kawasan cakupan bidang garapannya (meskipun mungkin sampai batas dan derajat tertentu ada kontingensinya dengan bidang lainnya).Selanjutnya, profesi juga merupakan suatu pekerjaan atau pelayanan yangsangat penting, dalam arti hal itu amat dibutuhkan oleh pihak penerima jasasementara pihaknya sendiri tidak memiliki pengetahuan, ketrampilan dankemampuan untuk melakukannya sendiri.
2.
 An emphasis upon intellektual technique in performing its service
Pelayanan itu amat menuntut kemampuan kinerja intellektual, yang berlainan dengan keterampilan atau pekerjaan manual semata-mata. Benar,kemampuan profesi juga terkadang mempergunakan peralatan manualdalam praktek pelayanannya, seperti seorang dokter bedah misalnyamenggunakan pisau operasi, namun proses penggunaannya dibimbing olehsuatu teori dan wawasan intelektual.
3.
 A long period of specialized training 
Perolehan penguasaan dan pengetahuan intelektual (wawasan atau visidan kemampuan atau kompetensi serta kemahiran atau
 skills
) serta sikap profesional tersebut, seseorang akan memerlukan waktu yang sangat lama.Untuk mencapai kualifikasi keprofesian sempurna lazimnya tidak kurangdari lima tahun lamanya, ditambah dengan pengalaman praktek terbimbinghingga tercapainya suatu tingkat kemandirian secara penuh dalam
3

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Yanto Joko liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->