Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pertempuran Surabaya

Pertempuran Surabaya

Ratings: (0)|Views: 274 |Likes:
Published by Adril Tabrani

More info:

Published by: Adril Tabrani on Jul 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2013

pdf

text

original

 
Sejarah modern:
 
PERTEMPURAN SURABAYA
Pada akhir Perang Dunia II banyak orang Indonesia yang percaya bahwakemerdekaan sudah dekat. Sedikit menyadari bahwa akan lima tahun berperangsebelum negara menjadi republik merdeka sepenuhnya. Daerah di sekitar kota Jawatimur Surabaya menjadi tempat beberapa pertempuran paling berat, danPertempuran Surabaya, dengan biaya hidup ribuan orang Indonesia, menjadi simbolperlawanan terhadap pengenaan kembali kekuasaan kolonial Belanda.Masa depan Presiden Soekarno memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17Agustus 1945, dan di 19 September, interniran Belanda, dengan dukungan Jepang,menduduki Oranje Hotel di Surabaya, dan mengibarkan bendera Belanda. Sementaraini berlangsung, anak muda Indonesia sedang sibuk mengganti bendera Jepang disemua kantor dengan orang Indonesia.
Oranje Hotel, Surabaya, 19 September, 1945
 
Oranje Hotel, Surabaya, 19September, 1945
 
Ketika mereka mendengar apa yang telah dilakukan Belanda, orang Indonesiabergegas ke hotel, dan tangan ke tangan Pertempuran dimulai dengan Belanda, yangbertekad untuk mempertahankan bendera mereka. Tak lama kemudian tembakanterdengar, dan beberapa orang jatuh - baik Belanda dan Indonesia - seperti beberapapemuda Indonesia climed tiang bendera dan merobek garis biru dari benderaBelanda.Pada awal Oktober, pertempuran sengit pecah antara Indonesia dan Jepang, yangmenolak untuk menyerahkan senjata mereka. Indonesia berhasil merebut banyakbangunan di seluruh Surabaya, dan disita ratusan mobil dan truk untuk memfasilitasigerakan mereka di seluruh kota.
 
Kemudian, pada tanggal 25 Oktober, sekitar 6.000 pasukan Inggris Brigade 49 Divisike-23 di bawah komando Brigadir Mallaby, masuk Surabaya. Mereka telahdiperintahkan untuk mengatur pemulihan Sekutu tawanan-of-perang, dan orang-orang Indonesia senang hati bekerja sama. Namun, Inggris juga berusaha merebutkembali surabaya bagi Belanda, dan diduduki bangunan utama dan stasiun keretaapi, dan menjatuhkan selebaran di atas kota memberitahu penduduk bahwa siapapun terlihat membawa senjata akan ditembak.Inggris telah meremehkan tingkat resistensi Indonesia, dan memang angka-angkayang terlibat. Mereka menemukan diri mereka melawan kekuatan 20.000 tentarayang baru terbentuk Tentara Keamanan Rakyat (Tentara Keamanan Rakyat), danlebih dari 100.000 pejuang tidak teratur, semua didedikasikan untuk penyebabkemerdekaan Indonesia. Pertempuran sengit pecah di 28 Oktober, dan segera orangIndonesia telah mengepung delapan pos-pos komando Inggris tersebar di seluruhkota.Dihadapkan dengan kekalahan tertentu, Inggris meminta Jakarta untuk campurtangan, dan hari berikutnya Jenderal Hawthorne, Presiden Sukarno, dan VP Hattaterbang untuk merundingkan gencatan senjata. Sebuah gencatan senjata dicapaipada 30 Oktober, dan pesta dari Jakarta kiri. Evakuasi Inggris ke pelabuhan itu diatur,tetapi dalam kegembiraan dan kebingungan, pertempuran meletus selama BrigadirMallaby terbunuh.Inggris kemudian memutuskan untuk mengambil Surabaya dengan kekerasan, dandiam-diam mendarat 24.000 pasukan Divisi ke-5, bersama dengan 24 Sherman tankdan jumlah yang sama pesawat bersenjata, yang didukung oleh sejumlah kapalperang.Pada tanggal 9 November, Inggris memberikan ultimatum Indonesia, memerintahkanpara pemimpin mereka untuk menyerah. Ketika mereka menolak, bom itu dijatuhkandi Surabaya pada 10 November, pertempuran yang menggembar-gemborkan adalahtiga minggu terakhir, pada akhir yang 200.000 penduduk kota itu telah melarikan diri,terutama orang tua, perempuan dan anak-anak. Indonesia lebih dari 16.000 tentaratelah tewas, dan 2.000 nyawa Inggris.Meskipun perlawanan Indonesia telah dikalahkan, Pertempuran Surabaya mewakilikemenangan strategis yang penting bagi Indonesia. Itu juga merupakan titik balikpenting bagi Belanda, yang sampai saat itu percaya bahwa perlawanan tidak memilikidukungan rakyat. Pertempuran Surabaya terkejut mereka menjadi sadar bahwamereka tidak lagi kekuasaan kolonial.
 
PERTEMPURAN SURABAYA (PERISTIWA 10 NOVEMBER)Pertempuran Surabaya
merupakan peristiwasejarah perangantara pihak tentara Indonesiadan pasukanBelanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal10 November  1945di kotaSurabaya, Jawa Timur.
Pertempuran Surabaya Bagian dariPerang Kemerdekaan Indonesia Tentara Britania menembaki sniper  dalam pertempuran di Surabaya.
Tanggal
Lokasi
Hasil
Inggris menguasai SurabayaPihak yang terlibatIndonesia Britania Raya Belanda  Komandan Bung Tomo Brigjen A. W. S. Mallaby Mayjen E. C. Mansergh 
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Tiga tahun kemudian, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu setelah dijatuhkannya bomatom (oleh Amerika Serikat) diHiroshimadan  Nagasaki. Peristiwa itu terjadi pada bulanAgustus  1945. Mengisi kekosongan tersebut, Indonesia kemudian memproklamirkan kemerdekaannya pada17 Agustus 1945.
Masuknya Tentara Inggris & Belanda
Rakyat dan para pejuang Indonesia berupaya melucuti senjata para tentara Jepang. Maka timbullah pertempuran-pertempuran yang memakan korban di banyak daerah. Ketika gerakan untuk melucuti pasukan Jepang sedang berkobar, tanggal 15 September 1945, tentara Inggris mendarat diJakarta,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->